Sejarah Penyelenggaraan Piala Dunia Hingga Saat ini

Piala Dunia 2018 di Rusia memang tinggal tersisa tiga bulan lagi, namun diketahui ada beberapa fakta yang menarik tentang turnamen bergengsi lintas negara disepanjang perjalanan semenjak kompetisi berlangsung. Kali ini kami akan membahas tentang fakta yang menarik tentang sejarah penyelanggaraan ajang bergengsi Piala Dunia hingga kini, yang ternyata tak mulus pada awalnya.

Logo Piala Dunia Hingga Kini

Logo Piala Dunia hingga kini

Memang Awal Piala Dunia sempat terjadi keributan tentang penyelenggara Piala Dunia dimana Amerika Selatan dan Eropa merupakan dua kekuatan sepak bola, namun perlu tiga minggu menggunakan kapal laut kesalah satu benua tersebut. Piala Dunia pertama di Uruguay, dikeluhkan oleh kubu Eorpa, sementara Piala Dunia kedua (Italia) dan ketiga (Brasil), dikeluhkan oleh peserta dari timnas dari Amerika Selatan. Bahkan sempat di boykot.

Namun untuk menghindari hal itu terjadi lagi, sejak Piala Dunia 1958, FIFA, muali memberikan pola alternatif antara benua Amerika dan Eropa yang belanjut hingga Piala Dunia 1998. Pasalnya pada Piala Dunia 2002, Jepang dan Koream bergabung dan menjadi penyelenggara pertama di Asia, bahkan menjadi satu satunya turnamen dengan penyelenggara ganda.

Afrika selatan kemudian menyusul menjadi negara pertama dari benua Afrika yang mengadakan Piala Dunia, di tahun 2010 kemarin. Dan setelah itu Piala Dunia kembali lagi ke Amerika Selatan, dimana Brasil menjadi penyelenggaranya, pertama sejak Piala Dunia 1978, di Argentina.

Negara penyelenggara sekarang dipilih dalam pemungutan suara oleh Dewan FIFA. Hal ini dilakukan dengan sistem tertentu yang dinamakan Sistem Ballot. Asosiasi sepak bola nasional di sebuah negara yang ingin menyelenggarakan acara tersebut, menerima “Perjanjian Penyelenggara” dari FIFA, yang menjelaskan langkah-langkah dan persyaratan yang diharapkan dari penawaran yang kuat. Asosiasi penawaran juga menerima formulir, pengajuannya merupakan konfirmasi resmi pencalonan.

Kemudian sekelompok inspektur FIFA yang ditunjuk, mengunjungi negara tersebut untuk mengidentifikasi negara mana saja yang tersebut memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi tuan rumah acara tersebut, dan sebuah laporan mengenai negara tersebut dihasilkan.

Penyelenggara, logo, pemenang dan bentuk bola dari Piala Dunia 1930-2014

Penyelenggara, logo, pemenang dan bentuk bola dari Piala Dunia 1930-2014

Keputusan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia biasanya dibuat enam atau tujuh tahun sebelum turnamen. Namun, ada beberapa kesempatan di mana tuan rumah turnamen beberapa masa depan diumumkan pada saat bersamaan, seperti halnya Piala Dunia 2018 dan 2022, yang diberikan kepada Rusia dan Qatar. Hal ini membuat Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah turnamen Piala Dunia.

Demikianlah sekilas info tentang penyelengaraan Piala Dunia hingga saat ini termasuk Piala Dunia 2018 mendatang, yang tersisa tiga bulan lagi, namununtuk tahu lebih banyak tentang seluk beluk Piala Dunia 2018 Rusia dan juga klub liga lainnya, simak terus GN-mode.com secara rutin.

About The Author