Rumor : Olivier Giroud Akan Meninggalkan Chelsea?

Masa depan Olivier Giroud sempat menjadi pertanyaan publik belum lama ini, pasalnya pemain yang baru direkrut dari Arsenal Januari kemarin hanya bermain setelah menghangatkan bangku cadangan terlebih dahulu. Bahkan, Ia bermain tidak sampai 35 menit saat ia berada dibawah asuhan pelatih barunya, Maurizio Sarri. Meskipun demikian, ia  menolak kabar bahwa ia akan hengkang dari Chelsea dalam waktu dekat untuk mencari menit bermain lebih dan terus berusaha untuk mendapatkan tempat di tim utama.

Profile Olivier Giroud

Giroud mengasah kemampuan sepak bolanya di akademi Froges  dan Grenoble dan pada tahun 2005 Ia dipromosikan ke tim utama, yang bermain di Ligue 2. Ia pun sempat dipinjamkan menuju FC Istres pada musim panas 2007 dan menghasilkan 14 gol dari 34 pertandingan yang melibatkannya di semua kompetisi. Dan akhirnya ia rivalnya di Ligue 2 yaitu Tours, tertarik untuk menggunakan jasanya dan merekrutnya.

Perlahan namun pasti ia menjadi pemain penting bagi Tours. Bahkan pada akhir Januari 2010, Montpellier yang bermain di Ligue 1 telah mengamankan tanda tangannya dengan nilai 2 juta euro, namun klubnya meminta syarat lebih dengan meminjamkannya hingga akhir kampanye saat itu. Dan akhirnya ia mencetak 36 gol dari 67 pertandingan bersama Tours.

Bersama klub barunya ia dengan mudah menjadi pemain inti, dimana ia mencetak 14 gol dari 43 pertandingan yang melibatkannya. Ia pun mampu berhasil meningkatkan performanya di musim keduanya sehingga ia bisa mencetak 25 gol dari 42 pertandingan di semua kompetisi, dan membawa Montpellier meraih gelar juara Ligue 1. Hal ini membuat Arsene Wenger tertarik dan akhirnya merekrutnya di musim panas 2011 lalu dengan tebusan 12, 4 juta euro.

Olivier Giroud saat membela Arsenal mencetak gol menghadapi Manchester United

Olivier Giroud saat membela Arsenal mencetak gol menghadapi Manchester United

Walaupun performanya tak stabil, Ia selalu mencetak gol lebih dari 15 gol per musimnya.  Ia pun membantu klubnya meraih tiga gelar juara FA Cup dan FA Community Shield dan berhasil mencetak 105 gol dalam 253 pertandingan yang melibatkannya. Namun pada Januari 2018 kemarin, Chelsea yang membutuhkan striker baru, akhirnya merekrutnya dengan biaya 17 juta euro. Ia pun berhasil menyumbangkan lima gol dari 18 pertandingan yang melibatkannya di tengah musim perdananya.

Olivier Giroud dan Maurizio Sarri

Di musim ini, Chelsea diasuh oleh pelatih baru yaitu Maurizio Sarri, yang menggantikan Antonio Conte karena tak memiliki musim yang tak menguntungkan di kampanye keduanya.  Tentu hal ini membuat semua pemain merasakan dampaknya terutama dalam perubahan strategi tim. Salah satunya adalah dengan membuatnya sebagai pemain cadangan, yang dimainkan tidak sampai 35 menit dalam sebuah pertandingan, di luar pertandingan perdana mereka menghadapi Huddersfield yang tak menurunkannya sama sekali kelapangan.

Maurizio Sarri baru menurunkan Olivier Giroud setelah menghangatkan bangku cadangan di Chelsea

Maurizio Sarri baru menurunkan Olivier Giroud setelah menghangatkan bangku cadangan di Chelsea

Banyak yang beranggapan bahwa masa depannya di Stamford Bridge sangat rapuh bahkan ada yang mengatakan bahwa dirinya sedang mencari klub baru untuk mengamankan karirnya yang tersendat bersama Sarri. Namun ia membantah kabar tersebut dan kepada program “Telefoot” di Canal +, ia mengatakan,

“Saya masih memiliki satu tahun kontrak, ditambah kemungkinan satu tahun lagi. Dewan klub telah positif dalam hal memberi saya itu. Saya belum tahu, kita akan lihat bagaimana keadaannya di bulan April atau Mei, tetapi saya tidak akan mengecualikan kemungkinan apa pun. Kita lihat saja nanti.”.

Maurizio Sarri dan Antonio Conte

Banyak pihak yang berspekulasi bahwa jarangnya ia menjadi starter dikarenakan strategi Sarri dan Conte sangat berbeda. Namun ia menolak anggapan itu dan mengatakan, “Ini mirip dengan apa yang kami miliki dengan Conte. Kami melakukan banyak pekerjaan taktis, dia sangat teliti dan tepat dalam visinya tentang sepakbola.“.

“Saya kembali klub terlambat [karena liburannya diperpanjang setelah membela timnasnya di Piala Dunia 2018 kemarin], dan tentu saja saya butuh sedikit waktu untuk bersiap. Itu hanya kasus saya. Saya punya sedikit ‘gas’ [karena tak mengikuti strategi awal dengan Sarri]. Saya mencoba untuk membawa lebih banyak peran ke tim, dan dalam beberapa pertandingan terakhir saya telah menentukannya. “.

Pemain berusia 31 tahun itu menambahkan, “Tahun lalu, saya memenangkan tempat saya. Tidak ada alasan yang tidak bisa terjadi tahun ini. Yang paling penting adalah menjadi penentu ketika saya diberi kesempatan, dan saya berharap memiliki lebih banyak waktu bermain setelah jeda internasional. ”.

Olivier Giroud dan timnas Prancis

Memang saat menjalani pertandingan di Piala Dunia 2018 kemarin, ia memenangkan kompetisi tersebut dan sedang menikmati statusnya sebagai pemenang bersama rekannya di klub, Ngolo Kante. Namun hal itu telah berlalu dan ia berharap mampu membawa semangat itu untuk Chelsea.

Olivier Giroud Ngolo Kante -pemain Chelsea yang memenangkan Piala Dunia 2018

Olivier Giroud Ngolo Kante -pemain Chelsea yang memenangkan Piala Dunia 2018

Ia mengatakan, “Dengan N’Golo Kante, kami disebut ‘Pemenang Piala Dunia’ di klub. Ada banyak kenangan indah musim panas ini, banyak momen yang luar biasa. Itu adalah waktu yang luar biasa. Ini suatu kebanggaan besar. Untuk memenangkan Piala Dunia, itu hal yang paling indah, tetapi sepak bola selalu mulai kembali dari awal. Kita harus terus, maju dan ambisius untuk apa yang harus diikuti [menuju kejayaan]. ”.

Mungkinkah Giroud mampu mengikuti harapan Sarri yang ingin memenangkan segalanya bersama Chelsea? Mungkinkah ia akan selalu menghangatkan bangku cadangan terlebih dan tak dilibatkan menjadi starter tim lagi? Apapun itu, masih banyak pihak yang berharap bahwa Giroud tak akan meninggalkan Chelsea dalam waktu dekat, dan mampu membawa the Blues ke posisi puncak di semua kompetisi.

About The Author