Pelatih Chelsea Juga Ikut Keluhkan Format Baru Liga Champions

Setelah ESL, kini giliran UEFA yang dibombardir kritik dari berbagai pihak, kali ini tentang keputusan mereka menerapkan format baru pada ajang Liga Champions Eropa mulai tahun 2024 mendatang. DAFTAR SBOBET

Bagi yang belum tahu, baru-baru ini UEFA selaku penyelenggara kompetisi Liga Champions Eropa memang sempat mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan format baru pada kompetisi tahunan tersebut.

Ada beberapa perubahan yang terlihat dari format baru ini, dibandingkan format yang berlaku sekarang. Tapi dari sejumlah perubahan tersebut, yang paling mencolok adalah penambahan jumlah kontestan, dari 32 menjadi 36 tim.

Dengan bertambahanya kontestan tersebut, babak fase group juga akan dihilangkan dan diganti dengan fase penyisihan sistem klasemen.

Ada banyak pihak yang kemudian mengecam format baru ini, pasalnya dengan format baru tersebut secara otomatis pertandingan yang dimainkan bakal lebih banyak dari yang sekarang.

“Saya tidak yakin saya menyukai format baru ini, karena saya hanya melihat akan ada lebih banyak pertandingan yang harus kami mainkan,” keluh Tuchel seperti yagn dikutip Sportsmole.

Bahkan, menurut Tuchel yang kini menangani Chelsea, orang-orang terlalu sibuk mengkritisi Liga Super Eropa, padahal Format baru Liga Champions Eropa ini juga mengancam stamina para pemain karena jadwal pertandingan yang semakin padat.

“Format baru ini membuat kami harus memainkan lebih banyak pertandingan di masa depan. Saya pribadi tidak antusias melihat situasi ini,”

“Belakangan kita semua terlalu ramai membawah Super League sampai-sampai kita lupa bahwa format baru Liga Champions akan segera diluncurkan,” tandasnya.

Lebih jauh lagi, pria asal Jerman yakini bertambahnya pertandingan di Liga Champions akan mengurangi kualitas kompetisi karena para pemain bakal tampil dalam kondisi yang kurang prima.

“Apakah mereka [UEFA] meminta pertimbangan pelatih untuk format baru itu? Saya rasa tidak, karena saya tidak dimintai pendapat mengenai ini. Saya juga yakin mereka tidak meminta pertimbangan para pemain,”

“Saat ini ada banyak format baru di turnamen-turnamen yang ada dan itu membuat akan ada semakin banyak pertandingan yang harus kami mainkan. Tidak ada peningkatan kualitas, tetapi hanya ada peningkatan kuantitas pertandingan,” keluhnya.

About The Author