Lika Liku Perjalanan Florian Thauvin Bersama Marseille

Pemain sayap andalan Marseille yaitu Florian Thauvin, musim ini cukup tajam di lini depan gawang lawannya, namun perjalanan sang pemain tersebut penuh dengan lika liku yang berakhir dengan kebahagiaan dirinya, setidaknya hingga saat ini.

Florian Thauvin Marseille Scoring

Florian Thauvin Marseille saat cetak gol

Memang pemain asal Prancis tersebut menginjakkan langkahnya di sepak bola profesional sejak tahun 2011 lalu, saat itu ia dipromosikan oleh klubnya Grenoble dari akademi mereka , untuk bertarung di Ligue 2. Namun baru dimainkan tiga kali, klubnya mengalami terdegradasi, dan di liquidasi. Rivalnya SC Bastia memanfaatkan hal tersebut dan memboyongnya dan walaupun belum mencetak angka, ia ikut andil dalam membawa klub tersebut ke Ligue 1.

Pada Januari 2013, ia bergabung bersama Lille dengan tebusan 3.5 juta euro namun dengan syarat tetap meminjamkannya ke Bastia selama sisa musim tersebut. Ia pun mejadi Ligue 1 Young Player of the Year, dimana membantu timnya mencetak 10 gol dari 32 pertandingan yang melibatkannya.

Namun belum sempat ia bermain bersama Lille, ia diboyong oleh Marseille dengan harga empat kali lipatnya setelah berminggu-minggu menyeretnya dalam negosiasi pada bulan September 2013 lalu.

Setelah 69 penampilan Ligue 1 untuk Marseille dan 13 gol liga, Florian Thauvin memutuskan bahwa inilah saat yang tepat untuk meninggalkan klubnya dan pindah ke padang rumput lebih hijau – ke Inggris pada tahun 2015.Dan Ia pun bergabung dengan Newcastle United dalam kesepakatan 15 juta poundsterling.

Memang penampilannya cukup nyeleneh, dimanadari saat pertama dia keluar dari jet pribadi yang berpakaian seperti bintang pop – dengan jaket kulit dan celana jins hitam ketat – Florian Thauvin terus menyebabkan kegemparan di Inggris. Ditambah saat ia menggunakan tuksedo sebelum ia melakukan pertandingan kandang di Saint James Park, yang berujung dengan kritikan kepadanya – bahkan oleh legenda klub Alan Shearer.

Florian Thauvin Tuxedo Newcastle

Florian Thauvin memakai Tuxedo di pertandingan kandang Newcastle

Thauvin kemudian mengakui kepada media L’Équipe bahwa itu adalah semua kritik yang dia hadapi di Inggris membuat penampilannya menurun yang pada akhirnya memaksa pemain sayap tersebut untuk kembali ke Marseille dengan status pinjaman selama sisa musim pertamanya  di Inggris.

Ia pun kembali dipinjamkan dimusim ke Marseille di musim keduanya  dan mampu bangkit dari keterpurukannya dengan mencetak 15 gol dari 38 pertandingan yang melibatkannya di Ligue 1 dah hal tersebut membuatnya dipermanenkan dengan tebusan sebesar 11 juta euro.

Dengan bertekad untuk membuktikan semua keraguan yang salah padanya. Thauvin pun  melangkah ke papan atas musim ini untuk mewujudkan kehadirannya di seluruh benua Eropa dan bukan di Perancis saja, dimana ia telah mencetak 14 gol dan 10 assist dari 25 pertandingan yang melibatkannya. Ia pun mendapatkan dua penghargaan Player of the Month pada bulan November dan Januari.

Jumlah assist tersebut menempatkan dirinya setara dengan Philipp Max, Leroy Sane dan Leonel  Messi, hanya kalah dengan Neymar (11) dan Kevin De Bruyne (14) yang mencetak assist lebih banyak di musim ini.

Namun sepertimua setelah membuktikan nilainya lagi, Florian Thauvin sekarang lebih bijak dan cerdas.

Pasalnya pemain asal Prancis itu tidak akan terburu-buru mengambil keputusan meskipun dia sedang memikirkan masa depannya dengan beberapa klub terbesar Eropa yang sedang berada di jalurnya. Thauvin dikatakan telah menarik banyak perhatian ke luar negeri dengan Bayern Munich dan Atletico Madrid diyakini mengikutinya dengan ketat.

Ia pun sempat mengatakan, “Saya mengalami kesulitan untuk kembali ke klub dan saya merasa baik. Yang penting adalah bermain dan bersenang-senang. Saya melakukan itu. “.

Marseille duduk di tempat ketiga di klasemen sementara Ligue 1, satu poin di bawah posisi kedua AS Monaco. Sebelum kembali ke eksploitasi domestik akhir pekan depan, Marseille dijadwalkan menjamu Braga di leg pertama babak penyisihan Liga Europa melawan Braga.

Dan pemain sayap andalan Marseille yaitu Florian Thauvin, akan melanjutkan musim ini dengan lebih tajam di lini depan gawang lawannya, dan berharap perjalanannya yang penuh dengan lika liku mampu membuatnya lebih bijak lagi..\

About The Author