Klub Bundesliga Yang Kehilangan Pemain Andalannya Di Bursa Transfer Januari 2018

Tak sedikit klub yang bermain di Bundesliga, yang terlibat aktif dalam bursa transfer musim dingin kemarin di kampanye 2017/18 ini. Namun ada beberapa diantaranya yang sayangnya malah kehilangan pemain andalannya, yang masih bisa membantu mereka mendongkrak peringkat di papan klasemen hingga musim ini usai. Dan inilah beberapa klub yang kehilangan pemain andalannya di bursa transfer Januari kemarin dan sempat menjadi berita utama di berbagai media.

Borussia Dortmund

Klub berseragam hitam kuning itu memang memiliki striker andalan mereka dari Gabon yaitu Pierre Emerick Aubameyang, namun mereka tidak punya banyak pilihan lain selain melepaskannya dengan harga sebesar 63 juta euro menuju Arsenal. Pasalnya keinginan pindah klub sang pemain sangat besar bahkan sampai ber’akting’ untuk tidak berprilaku profesional.  Walaupun jumlah yang ditinggalkan sang pemain cukup besar namun, Dortmund telah kehilangan pemain yang mencetak 141 gol selama empat setengah tahun.

Marc Bartra dan Pierre-Emerick Aubameyang

Marc Bartra dan Pierre-Emerick Aubameyang

Mereka pun telah menjual pemain bek tengah mereka yaitu Marc Bartra ke Real Betis sebesar 10, 5 juta euro, setelah mendatangkan Manuel Akanji dari FC Basel. Selain itu mereka juga melepaskan bek tengah lagi yang telah mengabdi satu dekade dengan mereka yaitu Neven Subotic ke Saint-Etienne, secara gratis. Sangat disayangkan.

TSG Hoffenheim

Serupa dengan Dortmund, Hoffenheim mereka tidak bisa mempertahankan salah satu pemain terbaiknya yaitu Sandro Wagner, walaupun pemain tersebut sudah berusia 30 tahun, namun ia mampu membantu mereka untuk menambahkan gol hingga saat ini. Namun keinginannya untuk kembali menuju klub masa kecilnya membat Hoffenheim melepaskannya, bahkan dengan harga murah sebesar 13 juta euro. Belum lagi mereka akan kehilangan dua pemain lini depannya setelah musim ini berakhir yaitu Mark Uth dan Serge Gnabry.

Serge Gnabry dan Mark Uth

Serge Gnabry dan Mark Uth

Uth yang telah mencetak 10 gol musim ini, telah dikonfirmasi akan pergi ke Schalke secara gratis di bulan Juni mendatang dan Hoffenheim juga harus melepaskan Gnabry, karena pemain yang dipinjamkan oleh Bayern selama setahun itu akan berakhir masa kontraknya di musim depan. Merakit tim baru tentu akan sangat sulit lagi terutama jika Julian Nagelsmann, pelaith muda berbakat mereka yang menjadi kunci kecemerlangan Hoffenheim musim ini, memutuskan untuk melanjutkan karirnya dimusim lain.

VfB Stuttgart

Stuttgart memang telah berhasil menandatangani mantan pemain mudanya yaitu Mario Gomez dari VfL Wolfsburg, namun spertinya berusia 32 tahun itu Jerman tersebut belum mampu membuat dampak yang signifikan di papan klasemen, walaupun telah mencetak satu di bawah manajer baru Tayfun Korkut. Hal ini diperparah dengan penjualan Simon Terodde ke saingan mereka yang sama-sama berada di zona degradasi yaitu FC Koln dengan harga murah yaitu 3 juta Euro. Dan hal ini kemungkinan akan bisa menyulitkan mereka hingga akhir musim.

Simon Terodde FC Koln

Simon Terodde FC Koln

Demikianlah beberapa klub yang bermain di Bundesliga yang telah kehilangan pemain kehilangan pemain andalannya di bursa transfer Januari 2018 lalu yang mungkin akan merugikan mereka. Bagaimana menurut Anda?

About The Author