Klopp Tak Andalkan Salah Untuk Mencetak Gol

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp beluim lama ini menegaskan bahwa dirinya tak mengandalkan Mohamed Salah untuk mencetak gol di setiap pertandingan yang melibatkannya. Hal ini ia ungkapkan setelah timnya menghadapi Tottenham Hotspur di putaran ke lima Premier League, dimana top skorer-nya musim lalu baru menyumbangkan dua gol di kompetisi ini.

Tottenham Hotspur vs Liverpool

Memang dalam putaran kelima Premier League 2018-19 kali ini, Liverpool berhasil mengumpulkan oin penuh lagi setelah mengunjungi markas Tottenham Hotspur dan mengalahkannya  dengan skor 1-2. Padahal saat itu sang tuan rumah memiliki penguasaan bola yang lebih baik di kedua babaknya, walaupun harus diakui Liverpool lebih agresif membuat peluang.

Sadio Mane sempat mencetak gol di menit pertama namun dianulir karena offside. Di menit ke 22, Salah menggiring bola sambil dijaga oleh dua orang pemain Tottenham, membuat tembakannya dengan mudah di atasi oleh Michel Vorm. Cristian Eriksen sempat melayangkan tendangan bebas tepat ke gawang Liverpool melewati para penjaganya, namun Alisson mampu menyelamatkannya.

Sundulan Georginio Wijnaldum cetak gol pertama saat Tottenham Hotspur vs Liverpool September 2018 1-2

Sundulan Georginio Wijnaldum cetak gol pertama saat Tottenham Hotspur vs Liverpool September 2018 1-2

Di menit ke 38 James Milner mengeksekusi tendangan pojok dan dihalangi oleh pemain Tottenham, namun Georginio Wijnaldum berhasil memanfaatkan bola liar dan menanduknya ke gawang lawan. Vrom berhasil menangkap bola itu di udara dan membuangnya, namun sayangnya ia melakukannya setelah melewati garis gawang.

Di menit ke 54 Sadio Mane mencoba untuk memberi umpan kepada Roberto Firmino, namun berhasil dihalangi oleh kiper dan pemain Tottenham, namun bola tersebut memantul ke tiang gawang dan dimanfaatkan olh Firmino dengan sekali sentuh.

Banyak perubahan pemain yang terjadi saat itu dan pertandingan semakin menegang hingga babak kedua usai namun sebelumnya, di menit 90+3, Erik Lamela memanfaatkan bola yang tertuju padanya dan menembakkannya ditengah kerumunan. Hal ini tak terduga oleh Alisson dan berhasil lolos darinya.

Strategi Klopp Untuk Penyerang

Walaupun meraih kemenangan, namun banyak yang memperhatikan bahwa pencetak gol terbanyak Liga Primer musim lalu milik Liverpool baru mengumpulkan dua gol dimana sebelumnya ia mencetak 34 gol. Perjalanan musim ini masih panjang, namun setidaknya ia harus mencetak minimal sebuah gol dalam setiap pertandingannya kedepan.

Meskipun demikian, Klopp mengungkapkan bahwa dirinya tidak mengharapkan ‘musim yang sempurna’ untuk Salah dan tetap senang timnya mencetak gol walaupun dari pemain lain. Ia mengatakan dalam konferensi pasca pertandingan,  “Itu selalu jelas. Tentu saja, penting bahwa kita tidak hanya memiliki satu pencetak gol, ”.

Tiga penyerang andalan Jurgen Klopp di Liverpool (Mohamed Salah-Roberto Frimino-Sadio Mane)

Tiga penyerang andalan Jurgen Klopp di Liverpool (Mohamed Salah-Roberto Frimino-Sadio Mane)

“Apakah Anda harus menunggu masalah-masalah itu terjadi untuk mengetahui apakah Anda bisa berurusan dengan kegagalan tim mencetak gol, atau apakah Anda pikir Anda pesaing gelar yang sesungguhnya? “.

“Saya tidak memiliki kepribadian yang menunggu masalah, tetapi saya juga cukup berpengalaman untuk mengetahui bahwa hal tersebut akan datang. “.

“Kami semua memiliki situasi yang sama di tim sepakbola. Saya cukup lama dalam bisnis ini untuk mengetahui bahwa tidak ada yang memainkan musim yang sempurna. Bahkan City musim lalu tidak memainkan musim yang sempurna. “.

Mohamed Salah absen mencetak gol

Ia menambahkan, “Tidak masalah. Ini adalah bintang Mesir yang sedang hilang dari scoresheet saat The Reds mengalahkan Spurs di Wembley. Lima pertandingan awal, fantastis kami telah memenangkan semua dari mereka, kami telah membaik selama itu“.

Mohamed Salah ditempel ketat oleh pemain Tottenham Hotspur September 2018

Mohamed Salah ditempel ketat oleh pemain Tottenham Hotspur September 2018

“Sejauh ini, penampilan terbaik adalah pertandingan perdana tetapi itu tergantung sedikit pada lawan mungkin, dan sekarang sejauh ini pertandingan ini adalah penampilan terbaik di musim ini. “.

“Saya suka perkembangan itu, jujur, dan sekarang kami harus membuktikan itu dan melakukannya lagi dan lagi dan lagi. Kami akan melihat apakah kami dapat melakukannya. ”.

Mungkinkah ungkapan Jurgen Klopp belum lama ini menegaskan bahwa dirinya tak mengandalkan Mohamed Salah untuk mencetak gol di setiap pertandingan yang melibatkannya, akan memicu sang pemain untuk lebih baik kedepannya? Ataukah malah justru sebaliknya? Namun apapun itu masih banyak kesempatan di pertandingan musim ini yang bisa dilakukan Salah untuk membuktikan bahwa dirinya tetap yang terbaik seperti musim lalu.

About The Author