Kalahkan Inggris, Belgia Raih Peringkat Ketiga Piala Dunia 2018

Belgia memang tak mampu melaju menuju final Piala Dunia 2018, namun akhirnya mereka berhasil menempatkan diri di posisi ketiga di turnamen ini setelah mengalahkan Inggris tadi malam. Ini kali kedua Setan merah Eropa itu menaklukkan tiga singa dalam waktu kurang dari tiga minggu, Dan menariknya mereka tersebut membuat beberapa catatan baik yang bisa mereka lanjutkan di kompetisi berikutnya.

Pertandingan Belgia vs Inggris

Pertandingan yang diselenggarakan di Saint-Petersburg Stadium tanggal 14 Juli pukul 21.00 WIB itu, Belgia berhasil menyarangkan dua buah gol tanpa balas. Gol pertama berkat umpan silang Nacer Chadli yang dieksekusi baik oleh Thomas Meunier di menit ke-4 sementara gol kedua dihasilkan oleh Eden Hazard  yang menyarangkan bola setelah menerima umpan dari Kevin de Bruyne.

Eden Hazard setelah mencetak gol menghadapi Inggris di Piala Dunia 2018

Eden Hazard setelah mencetak gol menghadapi Inggris di Piala Dunia 2018

Kedua kubu cenderung sama kuat, walaupun pada dasarnya Inggris lebih unggul sedikit dalam penguasaan bola dan menciptakan peluang khususnya pada babak kedua. Namun sayangnya Inggris kesulitan menembus pertahanan Belgia

Catatan Belgia di Piala Dunia 2018

Dengan kemenangan tersebut, Belgia telah mencatatkan peningkatan presetasi di kompetisi sepak bola Internasional. Pasalnya mereka hanya mencapai peringkat keempat di Piala Dunia 1986, setelah dikalahkan oleh Argentina di semi final dan dikalahkan Prancis saat perebutan juara ketiga saat itu. Ini merupakan penyelesaian terbaik mereka hingga kini.

Catatan Thomas Meunier di Piala Dunia 2018

Thomas Meunier setelah mencetak gol menghadapi Inggris di Piala Dunia 2018

Thomas Meunier setelah mencetak gol menghadapi Inggris di Piala Dunia 2018

Bek PSG itu menjadi pemain Belgia ke sepuluh yang menyarangkan bola ke gawang lawan di luar babak kualifikasi Piala Dunia 2018 ini. Sebelumnya Dries Mertens dan Romelu Lukaku mencatatkan lebih dulu saat menghadapi Panama, disusul Eden Hazard dan Michy Batshuayi di saat menghadapi Tunisia. Sementara Adnan Januzaj menjadi pemain kelima Belgia saat menghadapi Inggris di babak penyisihan.

Saat menghadapi Jepang di perenambelas final, tiga pemain Belgia lainnya Jan Vertonghen, Marouane Fellaini dan Nacer Chadli menyumbangkan sebuah gol. Sedangkan Kevin De Bruyne menjadi pemain kesembilan yang meramaikan gol Belgia saat menghadapi Brasil dan terakhir, Meunier saat mencetak gol menghadapi Inggris untuk mencapai tempat ketiga di turnamen ini.

Catatan Romelu Lukaku di Piala Dunia 2018

Romelu Lukaku gagal mencetak gol lagi saat menghadapi Inggris di Piala Dunia 2018

Romelu Lukaku gagal mencetak gol lagi saat menghadapi Inggris di Piala Dunia 2018

Sayang dalam laga ini striker Manchester United itu tak mencetak gol lagi, bahkan dalam empat pertandingan terakhirnya. Hal ini membuatnya kehilangan kesempatan meraih golden shoe di turnamen ini, selisih dua gol dengan Harry Kane. Cukup wajar karena ia selalu dijaga ketat dengan lawannya, dan demikian juga dengan Kane, yang tak menambah angka lagi dalam laga tersebut.

Demikian beberapa catatan yang bisa diperoleh dari pertandingan Belgia saat menaklukkan Inggris saat bertarung memperebutkan posisi ketiga di Piala Dunia 2018 ini. Mungkinkah Belgia mampu melanjutkan catatan baik mereka di kompetisi berikutnya atau mungkin melebihinya? Yang jelas mereka akan menikmati hasil terbaik mereka di turnamen ini, untuk beberapa hari kedepan.

About The Author