Jose Mourinho Tetap Optimis Dengan Masa Depan Inggris

Kemarin pukul 01.00 WIB, Kroasia berhasil menaklukkan Inggris di semi final Piala Dunia 2018.  Tentu banyak yang kecewa dengan hasil ini setelah mereka melampaui harapan para pendukungnya hingga tahap ini. Hal tersebut juga dirasakan oleh pelatih Manchester United, Jose Mourinho, yang merasa bahwa mereka seharusnya bisa mencapai final di hari Minggu mendatang namun Ia meyakini ada “optimisme” untuk masa depan.

Kroasia vs Inggris

Gareth Southgate dan Harry Kane berpelukan saat kalah menghadapi Kroasia di Piala Dunia 2018

Gareth Southgate dan Harry Kane berpelukan saat kalah menghadapi Kroasia di Piala Dunia 2018

Memang pada laga yang diselenggarakan di Luzhniki Arena, Moskow, Inggris mencapai fase tertinggi di turnamen ini semenjak mereka meninggalkan Piala Dunia 1990 di posisi keempat. Mereka telah mengalahkan Tunisia dan Panama di babak penyisihan grup, serta menaklukkan Kolombia dan Swedia hingga mencapai Semi final Piala Dunia 2018 ini. Sayang saat menghadapi Kroasia, mereka menelan dua gol setelah unggul di menit ke -5.

Memang saat itu, Kieran Trippier mampu mencetak gol dari tendangan bebas di menit ke -5 babak pertama dimulai. Namun di menit ke 68, Ivan Perisic menyamakan kedudukan, memaksa mereka memainkan babak perpanjangan waktu sebanyak dua kali. Sayangnya, di menit ke 109, Mario Mandzukic telah memanfaatkan momen ini dan mengakhiri pertandingan dengan skor 2-1.

Jose Mourinho dan Timnas Inggris

Pelatih Portugal yang bermain di Liga Inggris itu,  juga sempat angkat bicara tentang kekalahan Inggris dan mengatakan kepada Russia Today, “Inggris punya alasan untuk menangis karena mereka begitu dekat [dengan gelar juara Piala Dunia]. “.

“Namun mereka juga punya alasan untuk bersikap optimis. Pasalnya tim meningkat banyak jika dibandingkan dengan penampilan sebelumnya. Ini tim muda, mayoritas pemain akan bermain di Piala Dunia berikutnya dengan lebih banyak pengalaman di level klub. “.

Jose Morinho Optimis timnas Inggris berjaya di masa depan walau saat ini kalah di Semi final Piala Dunia 2018

Jose Morinho Optimis timnas Inggris berjaya di masa depan walau saat ini kalah di Semi final Piala Dunia 2018

Ia menambahkan, “Jika saya bertanggung jawab atas FA, tidak akan ada keraguan bahwa saya akan menyarankan Gareth Southgate dan Steve Holland melanjutkan pekerjaan mereka dan memberi mereka kesempatan untuk membawa tim ke Euro berikutnya dan Piala Dunia berikutnya. “.

“Para pemain dan skuad, semua orang yang terlibat di Piala Dunia, memiliki alasan untuk pulang dengan bangga setelah memberikan segalanya dan membuat negara bangga.”.

Jose Mourinho dan Timnas Kroasia

Sementara disisi lain pelatih Manchester United itu juga memuji performa Kroasia, yang akan menghadapi Prancis di final turnamen ini pada hari Minggu mendatang.

“Ini pencapaian besar untuk negara yang memiliki liga kecil dan membuat mayoritas pemainnya tidak bermain di Kroasia tetapi di luar negeri,”.

“Seperti yang saya tahu, ketika Anda bekerja di luar negeri, Anda merasakan negara Anda dengan cara yang berbeda. Jadi bagi mereka untuk kembali ke negara mereka dan mengambil perhatian mereka, seperti Kroasia ke final Piala Dunia adalah sesuatu yang luar biasa.”.

Pengamatan pelatih sekelas Jose Mourinho tentu tak salah, dimana Ia meyakini adanya “optimisme” untuk masa depan timnas Inggris. Namun saat ini akan menarik untuk melihat mereka mampu bangkit dari kekalahan menghadapi timnas Kroasia dan memenangkan posisi ketiga di Piala Dunia dengan menaklukkan Belgia, besok Sabtu pukul 22.00 WIB.

About The Author