Efek Domino Kehadiran Fred Di Manchester United

Manchester United telah resmi memboyong pemain gelandang asal Brasil yaitu Fred, pada tanggal 5 Juni lalu. Namun diketahui penandatanganan United kali ini bisa membuat masalah bagi beberapa pemain di Old Trafford. Bagaimana efek domino yang akan terjadi? Mari kita bahas sama-sama.

Profil Fred Manchester United

SC Internacional

Pemilik nama lengkap Frederico Rodrigues de Paula Santos ini, merupakan jebolan dari akademi SC Internacional di Brasil dan dipromosikan ke tim utama klubnya pada tahun 2012 lalu. Ia pun sempat menyarangkan delapan gol dari 55 pertandingan yang melibatkannya dan membantu timnya meraih gelar juara Campeonato Gaúcho (liga sepak bola papan atas Brasil) pada tahun 2012 dan 2013.

Shakhtar Donetsk

Performanya ternyata dilirik oleh beberapa klub di luar Brasil dan klub raksasa asal Ukraina yaitu Shakhtar Donetsk, berhasil memboyongnya dengan tebusan sebesar 15 juta euro pada musim panas 2013 lalu. Ia pun rutin dimainkan bersama klub barunya, dan setidaknya ia menyumbangkan sebuah gol di tiap musimnya untuk Donetsk diluar performanya di tengah lapangan. Ia pun meraih berbagai piala lagi seperti tiga Ukraina Premier League, tiga Ukraina Cup dan empat Ukraina Super Cup.  Sayang ia belum memiliki piala atas namanya sendiri.

Fred beralih dari Shakhtar Donetsk menuju Manchester United

Fred beralih dari Shakhtar Donetsk menuju Manchester United

Manchester United

Dia telah dikaitkan dengan Manchester City pada Januari lalu, dimana saat itu Pep Guardiola ingin memilikinya namun kesepakatan itu gagal. Ia tetap menjadi bidikan beberapa klub papan atas Eropa terutama setelah mencetak gol pertamanya di babak perdelapan final Liga Champions, menghadapi AS Roma, leg pertama. Belum lagi saat Ia dilibatkan di tim utama timnas Brasil di Piala Dunia 2018 kemarin, sayangnya mereka gagal mencapai final dan memenangkannya. Namun pada akhirnya pada tanggal 5 Juni kemarin, Manchester United berhasil mendapatkan tanda tangannya dengan tebusan sebesar 52 juta poundsterling.

Strategi Jose Mourinho Untuk Fred

Fred dikenal karena kemampuannya yang serba bisa di lini tengah, dimana ia tampil mengesankan dalam serangan namun baik juga dalam hal pertahanan. Jelas terlihat bahwa Jose Mourinho bermaksud untuk memanfaatkannya dalam dua gelandang andalan lainnya yaitu Nemanja Matic dan Paul Pogba.

Jose Mourinho memikirikan strategi untuk Paul Pogba dan Fred

Jose Mourinho memikirikan strategi untuk Paul Pogba dan Fred

Matic sendiri merupakan gelandang bertahan tipikal dan jarang pemain di Premier League yang lebih mengesankan darinya. Dia memperkuat lini tengah United yang sebelumnya terkesan rapuh dan tampil cemerlang bersama timnya musim lalu.

Disisi lain, Pogba juga tampil memukau di Piala Dunia 2018 kemarin, dan sekali lagi membuktikan bahwa dirinya paling efektif jika diberi kebebasan untuk menjelajah lini tengah. Dan untungnya bagi Didier Deschamps, dia memiliki N’Golo Kante yang beroperasi di belakangnya sehingga lebih leluasa menyerang.

Tentu kehadiran Fred di Old Trafford bisa Dia memberikan fleksibilitas yang tinggi dan memberikan lapisan tambahan untuk pertahanan mereka, sementara ia juga mampu membantu timnya mencetak angka.

Efek Domino yang akan dihadapi gelandang Manchester United lainnya

Ander Herrera dan Scott McTominay pemain Manchester united

Ander Herrera dan Scott McTominay pemain Manchester United

Ini berarti akan membuat pemain lainnya extra hati-hati akan kehilangan menit bermain yang mungkin lebih banyak dibandingkan musim lalu. Sebut saja  Ander Herrera, Scott McTominay, Andreas Pereira, Jesse Lingard dan Juan Mata, dan Marouane Fellaini, dimana kedatangan Matic di musim lalu saja telah membuat mereka sesak di lini tengah. Mereka harus berjuang keras untuk menampilkan performa yang terbaik untuk dapat terus dimainkan, atau harus menjadi fleksibel menjadi penyerang atau pemain bertahan.

Pada tahun 2014, Herrera mampu membuktikan dirinya sebagai pemain favorit penggemar United karena tampilan energik dan penuh gairah di lini tengah, terutama saat disandingkan dengan Pogba dan Michael Carrick. Namun sejak kedatangan Matic, ia mulai tersingkir. Ia harus pindah ke klub lain sesegera mungkin yang membutuhkannya, karena dengan usia 29 tahun akan sulit mendapatkannya di tahun mendatang.

Scott McTominay juga tampil apik saat menggantikan Pogba saat cedera namun dengan usianya masih muda, tentu belum begitu banyak pengalaman, dimana Mourinho perlu memiliki yang sudah terbukti ampuh dilapangan demi meraih gelar juara domestik maupun Internasional. Sepertinya ia berpeluang untuk tetap bertahan di Old Trafford untuk beberapa tahun kedepan, namun untuk saat ini ia harus mencari jalannya sendiri, dengan dipinjamkan ke klub lain.

Cek juga : 3 Hal yang Membuat Manchester United Lebih Cemerlang

Mungkinkah dengan kedatangan Fred ke Manchester United mampu membuat Jose Mourinho selaku bersikap adil dengan merotasi para gelandangnya tersebut? Perlukah Ia melepaskan pemainnya yang kurang memukau untuk memperkuat posisi lainnya? Akan menarik untuk melihat akhir dari bursa transfer ini dan juga performa kubu setan merah itu, menggoyang kekuatan Manchester City dimusim depan.

About The Author