Cristiano Ronaldo Ungkap Alasannya Tak Menuju Manchester United

Telah diketahui bahwa Cristiano Ronaldo telah berhasil menandatangani kesepakatan dengan Juventus belum lama ini, Namun tahukah anda bahwa mantan klubnya yang sempat dikaitkan erat dengannya yaitu Manchester United, gagal untuk mendapatkannya?  Hal ini tak lain karena memang kubu setan merah tak memiliki penawaran kongkrit untuknya, seperti yang dilansir oleh media The Sun.

Profil Cristano Ronaldo

Pemain asal Portugal itu diporomosikan menuju tim utama Sporting CP pada tahun 2002 dan mulai mendapatkan tempat di tahun perdana di tim utama walaupun belum banyak mencetak gol. Meskipun demikian, bakatnya dilirik oleh Sir Alex Ferguson dari Manchester United. Akhirnya pada musim panas 2013 ia pun direkrut menuju dengan tebusan sebesar 12,24 juta poundsterling, menjadi pemain muda termahal dalam sejarah sepak bola Inggris.

Cristiano Ronaldo dan Manchester United

Cristiano Ronaldo saat mendapatkan Ballon d'or pertama kali dengan Manchester United

Cristiano Ronaldo saat mendapatkan Ballon d’or pertama kali dengan Manchester United

Perlahan namun pasti, Ia memantapkan diri di klub barunya, dan mengoleksi berbagai piala bersama kubu setan merah. Tercatat ia mengantongi tiga gelar juara Premier League dan sebuah gelar di Liga Champions diluar empat piala dari tiga kompetisi lainnya. Ia juga mengantongi penghargaan Individu seperti Premier League Golden Boot, European Golden Shoe bahkan Balon d’Or diluar penghargaan lainya dan hal ini membuat mereka dilirik oleh Real Madrid.

Cristiano Ronaldo dan Real Madrid

Ia pun akhirnya diboyong oleh raksasa Spanyol dan mencatat sebagai pemain dengan biaya transfer termahal di dunia dengan nilai 94 juta euro. Pemain yang sebelumnya bernomor punggung 9, sebelum Raul meninggalkan Santiago Bernabeu, terus tampil cemerlang, bahkan mencetak lebih dari 40 gol kecuali dimusim perdananya. Tercatat hingga kini ia mencetak 450 gol dari 438 pertandingan yang melibatkannya di semua kompetisi.

Dengan performanya yang memukau, Ia membantu Madrid memenangkan empat piala Liga Champions,  sepasang piala Copa del Rey, Supercopa de Espana dan lima piala dari dua kompetisi lainya. Penghargaan yang diraihnya pun semakin banyak, dimana menjadi top skorer La Liga tiga kali dan Liga Champions enam kali. Belum lagi ia mendapatkan empat Balon d’Or lagi dan penghargaan lainnya.

Cristiano Ronaldo dan Juventus

Namun pada tanggal 10 Juli 2018 kemarin, Madrid melepaskannya dengan nilai 100 juta euro kepada Juventus , jumlah trasfer termahal di dunia untuk pemain diatas 30 tahun. Menariknya Ia sempat dikaitkan erat untuk kembali membela Manchester United untuk membantu kubu setan merah meraih kepuncak kejayaan lagi. Namun langkah tersebut tak pernah terwujud.

Alasan Cristiano Ronaldo bergabung dengan Juventus

Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan Juventus di bursa transfer musim panas 2018

Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan Juventus di bursa transfer musim panas 2018

Cristiano Ronaldo sendiri sempat mengungkapkan alasannya untuk bergabung dengan Juventus di jendela transfer musim panas ini karena tidak ada penawaran dari Manchester United untuk mengambilnya dari Real Madrid.

Ia mengatakan “[Tepuk tangan meriah] adalah momen yang sangat menakjubkan bagi saya. Diterima dengan cara ini tentu sangat bermanfaat, dan itu meningkatkan motivasi Anda untuk membintangi petualangan baru. Ini [Juventus] adalah klub terbaik di Italia, klub yang menarik, dengan manajer dan pelatih terhormat. ”.

“Jadi itu bukan keputusan yang sangat sulit untuk diambil. Saya lebih suka memikirkan saya di masa sekarang – saat ini sangat jelas, saya menikmati sepakbola. Saat saya masih agak muda saya selalu menyukai tantangan dalam hidup saya. Jadi dari Sporting, ke Manchester United ke Real Madrid, itu adalah mimpi, saya tidak benar-benar berpikir saya akan memenangkan banyak gelar secara individu atau di klub. ”.

Cristiano Ronaldo tak mendapatkan penawaran dari Jose Mourinho untuk kembali ke Manchester United

Cristiano Ronaldo tak mendapatkan penawaran dari Jose Mourinho untuk kembali ke Manchester United

Sepertinya, tak ada rencana untuk membuat Manchester United cemerlang dengan merekrut Cristiano Ronaldo di musim panas ini, tak membuat karir terancam. Apalagi ia telah mendapatkan Juventus yang memiliki pendukung yang antusias menantikan performanya di musim depan. Akankah Ia mampu bersinergi dengan rekan barunya? Mungkinkah  performanya takkan usang walaupun di negara baru. lingkungan baru dan tantangan baru? Akan menarik untuk melihatnya kontribusinya di Italia dalam waktu dekat.

About The Author