Analisa Strategi 3 Klub Memanfaatkan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo telah mengembara menuju klub barunya di Italia, membela Juventus sejak diperkenalkan pubilk dua minggu lalu. Namun bagaimanakah sebenarnya strategi pemanfaatan pemain bintang itu di Real Madrid, Juventus dan juga Manchester United yang sempat menginginkannya di musim lalu? Inilah analisanya ketiga klub tersebut.

Strategi Cristiano Ronaldo untuk Real Madrid

Seperti yang kita ketahui bahwa Cristiano Ronaldo telah membela Los Blancos selama hampir satu dekade. Tentunya dalam waktu sembilan tahun, cukup lama untuk mengamati gerak-gerik dan langkahnya sehingga para lawannya sedikit-demi sedikit mengetahui cara untuk mengatasi pemain asal Portugal tersebut. Tengok saja jumlah golnya yang semakin menurun, bahkan sudah tak menjadi top skorer sejak dua tahun terakhir.

Cristiano Ronaldo saat masih membela Real Madrid

Cristiano Ronaldo saat masih membela Real Madrid

Hal ini juga dikarenakan usianya yang tak muda lagi sehingga ketajamannya perlahan mulai terlihat berkurang. Karena itulah cukup bijak seandainya real Madrid mencari striker baru untuk menggantikan Cristiano Ronaldo dengan yang lebih muda. Tentunya masih ada pemain dengan talenta yang tak jauh berbeda, yang mampu menyarangkan banyak bola untuk mereka, dengan durasi lebih panjang.

Dengan usianya  yang dua tahun lagi memasuki masa pensiun, dipastikan mereka masih senang karena ada yang mau memboyongnya, walaupun dengan tebusan sebesar 100 juta euro. Ini menjadi transfer pemain dengan nilai transfer tertinggi di sepanjang sejarah sepak bola untuk pemain diatas usia 30 tahun.

Strategi Cristiano Ronaldo untuk Juventus

Namun bagi Juventus, kedatangan Ronaldo dipastikan akan menambah vitalitas mereka di lini depan mereka yang sudah perkasa. Kemungkinan besar ia akan masuk sebagai striker utama, menggantikan Gonzalo Higuain dimana pemain asal Argentina ini sangat terkait dengan jalan keluarnya dalam waktu dekat. Namun jika tidak, ia pun mampu ditempatkan di sayap kiri, atau membuat Higuain sebagai lapis kedua merotasi Ronaldo agar tetap bugar.

Cristiano Ronaldo akan membela Juventus di musim kampanye 2018-19

Cristiano Ronaldo akan membela Juventus di musim kampanye 2018-19

Higuain sendiri berusia tiga tahun lebih muda dari Ronaldo, namun walaupun ia rutin mencetak gol, namun ia tidak terlalu mematikan di depan gawang jika dibandingkan pemain peraih lima Ballon d’Or. Gerakannya pun mulai melambat sehingga para lawannya lebih mudah menghadapinya, terutama pemain muda. Meskipun demikian, ia masih memiliki banyak peminat dan hal ini tetap menguntungkan bagi Juventus untuk mengembalikan dana saat membeli CR7.

Strategi Cristiano Ronaldo untuk Manchester United

Manchester United sempat dikaitkan untuk memulangkan Cristiano Ronaldo kembali  Old Trafford demi memperkuat mereka di liga domestik maupun Internasional. Apalagi sebelumnya Jose Mourinho pernah bekerja sama dengannya saat ia masih membela Real Madrid selama tiga tahun, tentu ia sudah mengerti memaksimalkan kemampuan rekan senegaranya, Portugal.

Cristiano Ronaldo saat meraih sepatu emas di Manchester United

Cristiano Ronaldo saat masih membela Manchester United

Namun pada akhirnya mereka mengurungkan niatnya. Mungkin bagi Manchester United, tak merekrut mantan pemain bintangnya adalah keputusan yang masuk akal. Pasalnya, dua posisi yang dikuasai Ronaldo saat ini yaitu sayap kiri dan striker, telah di jaga dengan baik oleh para pemainnya saat ini. Bahkan, mereka cukup tajam dalam hal mencetak angka, dengan Anthony Martial, Marcus Rashford dan Romelu Lukaku yang  menjadi striker pilihan pertama.

Tentu dengan memaksimalkan mereka dan memberi kepercayaan lebih, diyakini akan lebih baik dibandingkan dengan perubahan baru, menempatkan pemain sekelas Ronaldo di musim depan. Belu lagi gelandang mereka kurang mampu memberikan umpan sebaik pemain gelandang Real Madrid saat ini, sehingga pembelian Ronaldo dianggap kurang efektif.

Demikianlah analisa strategi Real Madrid, Juventus dan juga Manchester United untuk memanfaatkan Cristiano Ronaldo di musim depan jika sang pemain berada di klub tersebut. Mungkinkah takdirnya saat ini adalah yang terbaik bagi dirinya dan ketiga klub itu? Bisa jadi.

About The Author