Ademola Lookman, Pemain Inggris Pertama Yang Mencetak Gol Dengan Sepatu Bermasalah

Pemain lini depan RB Leipzig yang dipinjamkan oleh Everton yaitu Ademola Lookman, telah berhasil menjadi pemain Inggris pertama yang mencetak gol di Bundesliga dalam waktu lebih dari 12 tahun belakangan. Namun catatan tersebut hampir saja gagal diraih saat Ralph Hasenhuttl sempat ingin merotasinya sebelum ia menghasilkan angka menjelang menit terakhir pertandingan menghadapi Borussia Monchengladbach, karena sepatunya bermasalah

Memang pada hari Minggu kemarin, pukul 00.30 WIB, Leipzig menyambangi Borussia-Park untuk menghadapi Gladbach dalam kompetisi Bundesliga yang telah memasuki putaran ke 21. Saat itu Leipzig cenderung lebih mendominasi pertandingan, walaipun pada akhirnya usaha mereka tak juga membuahkan hasil .

Beruntung dua menit menjelang babak kedua berakhir, Ademola Lookman yang baru didatangkan dari Everton pada bursa transfer Januari kemarin, berhasil menyarangkan sebuah gol setelah mendapatkan umpan dari Naby Keita. Namun menariknya, hal itu hampir saja tak terwujud saat pelatih Leipzig mengungkapkan bahwa dirinya ingin menggantikan pemain depan tersebut sebelum pertandingan usai.

Hal tersebut dikarenakan saat ia menjadi pemain pengganti dari Bruma di menit ke 78, ia menjalani pertandingan dengan satu pasang sepatunya yang kerap membuatnya tergelincir.

Ralph hasenhuettl dan sepatu Ademola Lookman

Ralph hasenhuettl dan sepatu Ademola Lookman

“Kami benar-benar ingin menggantikannya setelah lima menit ia diturunkan karena dia tergelincir sepanjang waktu,” kata pelatih Leipzig Ralph Hasenhuttl kepada wartawan setelah pertandingan.

Tapi Lookman tidak menunjukkan tanda-tanda tergelincir saat melakukan solo run dan kemudian menyelesaikannya dari dalam kotak penalti, setelah pertandingan dibabak kedua akan berakhir dua menit kemudian.

“Dia beruntung – dan saya juga – bahwa saya menahannya di lapangan,” kata Hasenhuttl kepada Sky Sports. “Saya berharap dia akan melakukan persis apa yang dia lakukan di depan gawang. Dia memiliki kualitas dalam situasi satu lawan satu dan menunjukkannya pada saat ini.”

Dengan ini, Ademola Lookman resmi berhasil menjadi pemain Inggris pertama yang mencetak gol di Bundesliga dalam waktu lebih dari 12 tahun belakangan dimana pemain Inggris terakhir yang mencetak sebuah gol kemenangan di Bundesliga adalah Owen Hargreaves, yang berada di posisi terdepan dalam kemenangan Bayern Munich 3-1 saat menghadapi klub yang sama yaitu Gladbach pada 5 Agustus 2005 lalu. Namun ia pasti menjadi pemain Inggris yang pertama mencetak gol dengan sepatu bermasalah.

gol pertama Ademola Lookman di Leipzig

Gol pertama Ademola Lookman di Leipzig

About The Author