4 Rekor Ronaldo Yang Sulit Dipecahkan Siapapun

Kita telah mengetahui bahwa Cristiano Ronaldo telah memiliki performanya yang memukau dalam setiap pertandingan,  terutama setelah membela Manchester United dan Real Madrid. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak rekor Ronaldo yang sulit dipecahkan dalam waktu lama, oleh pemain manapun. Setidaknya ada empat hal yang perlu anda ketahui diantaranya dan inilah dia.

1. Memenangkan setiap penghargaan individu dan tim hanya dengan dua klub

Cristiano Ronaldo sepertinya tak pernah lelah membuat dan memecahkan rekor di bidang sepakbola setiap minggunya, apakah di level klub maupun level internasional. Walaupun telah memasuki usia 33 tahun, Ia terus menunjukkan diri untuk tetap tampil di tingkat paling elit, padahal sebagian besar pemain diusianya telah memasuki kemunduran dan mulai merenungkan masa pensiun mereka.

Pencapaian Cistiano Ronaldo bersama Manchester United dan Real Madrid

Pencapaian Cistiano Ronaldo bersama Manchester United dan Real Madrid

Sebut saja penghargaan Ballon D’or, World Player of the Year, Sepatu Emas, Liga Champions, liga domestik, piala domestik, Kejuaraan Klub Dunia, dan Piala Super domestik dimana semuanya ia raih untuk masing-masing klub yang pernah ia jalani.

Lionel Messi yang selama ini yang menjadi saingannya, telah mencapai tahap ini di satu klub saja yaitu Barcelona. Pemain yang paling dekat untuk menyamai rekor ini adalah legenda Prancis Zinedine Zidane, yang memenangkan hampir setiap kehormatan individu dan tim saat membela Juventus dan Real Madrid. Namun lagi-lagi hampir mendekati.

Jika menelusuri dari semua legenda sepak bola, maka terlihat tidak ada yang dapat mencapai prestasi ini selain Ronaldo, Dan ini akan menimbulkan pertanyaan apakah akan ada seseorang di masa depan akan dapat melakukannya juga. Ini cukup sulit memecahkannya dalam satu klub, apalagi dua. Cukup sulit untuk membayangkan siapakah yang akan mampu memecahkan rekor yang menakjubkan ini, di masa yang akan datang walaupun Kylian Mbappe berpeluang untuk melakukannya.

2. Mencetak 300 gol La Liga hanya dalam 286 pertandingan

Ronaldo bergabung dengan Real Madrid sejak musim panas 2009 lalu. Ia pun sangat rajin menyumbangkan angka dan bisa dikatakan, ia tidak kekurangan keajaiban dalam hal mencetak gol. Tercatat ia telah hanya dalam pertandingan 286 di La Liga, ia mencetak golnya yang ke 300 yang merupakan pemain tercepat yang pernah mencapainya hingga saat ini.

Pencapaian Cistiano Ronaldo meraih empat European Golden Shoe

Pencapaian Cistiano Ronaldo meraih empat European Golden Shoe

Ronaldo juga memegang rekor tercepat untuk mencapai 100 gol pertamanya dan 200 gol pertamanya daripada pemain lain dalam sejarah La Liga.  Rekor ini menjadi lebih mengesankan karena menunjukkan bahwa sejak ia bergabung dengan Real Madrid pada tahun 2009, ia telah secara konsisten mencetak gol. Memang saat ini Messi telah mencetak 383 gol dan menjadi top skorer di La Liga, namun ia telah membela klubnya sejak 2004 lalu.

Prosentase gol per laga yang dihasilkannya juga paling tinggi yaitu 1,05 (dari 307 gol La Liga dalam 288 pertandingan), dimana hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Dan ini akan membutuhkan pemain lain yang sangat berbakat untuk tampil pada tingkat yang lebih tinggi dari Ronaldo, yang ia lakukan selama hampir satu dekade. Walaupun belakangan ia menunjukkan sedikit tanda-tanda melambat namun tetap saja catatan ini sulit dipecahkan oleh siapapun.

3. Mencetak 50 gol untuk 6 musim berturut-turut di liga Top-5

Ya benar. Menjadi pemain tercepat untuk mencetak 300 gol La Liga bukanlah satu-satunya hal yang sulit untuk menandingi keahlian Ronaldo. Pasalnya ia juga mencetak 50 gol dalam satu musim selama 6 musim berturut-turut di semua kompetisi kompetitif. Memang ia gagal melakukannya dua tahun belakangan namun itu menghasilkan lebih dari 40 gol pada saat itu.

Cistiano Ronaldo saat mencetak gol ke gawang Atletico Madrid

Cistiano Ronaldo saat mencetak gol ke gawang Atletico Madrid

Rival terberatnya Messi, hanya sempat melakukannya sebanyak lima kali dan itu tidak beruntun seperti Ronaldo. Messi hanya berhasil melakukan ini secara berturut-turut selama 3 musim. Dan ini merupakan pencapaian yang benar-benar menakjubkan.

Mencetak 50 gol dalam satu musim adalah luar biasa, namun melakukannya dalam 6 musim berturut-turut pada tingkat tertinggi sepakbola adalah di luar dugaan dan untuk alasan itu akan menjadi catatan yang hampir mustahil untuk dipecahkan di masa depan.

Kampanye 2010-11 : 54 penampilan 53 gol

Kampanye 2011-12: 55 penampilan 60 gol

Kampanye 2012-13: 55 penampilan 55 gol

Kampanye 2013-14: 47 penampilan 51 gol

Kampanye 2014-15: 54 penampilan 61 gol

Kampanye 2015-16: 48 penampilan 51 gol

4. Mencetak lebih dari 10 gol Liga Champions dalam 7 musim secara beruntun

Liga Champions merupakan kompetisi tertinggi di dunia untuk sebuah klub sepak bola dimana mereka akan di adu dengan melalui seleksi tahap tertentu.  Ronaldo pun juga memberikan performa terbaiknya di turnamen itu dan membuktikan diri saat dia menorehkan sejumlah catatan yang sulit dipecahkan oleh pemain lainnya. Tengok saja saat ia berhasil mencetak lebih dari 10 gol di tujuh musim secara beruntun di Liga Champions

Cistiano Ronaldo saat mencetak gol ke gawang Juventus di Liga Champions menggunakan bicycle kick

Cistiano Ronaldo saat mencetak gol ke gawang Juventus di Liga Champions menggunakan bicycle kick

Jika ditelusuri lebih lanjut, tidak ada pemain lain yang berhasil mencapai prestasi ini selama lebih dari 2 musim meskipun turnamen ini telah berusia lebih dari 60 tahun. Dan untuk alasan inilah tampaknya sangat tidak mungkin bahwa rekornya akan rusak dengan mudah di masa depan. Selain itu, ia juga menjadi top skorer di Liga Champions dengan 120 golnya dari 153 penampilannya, bersama Manchester United dan Real Madrid. Sementara rivalnya Messi terpaut 20 gol.

Masih ada lagi kategori yang lain yang sulit ditandingi namun setidaknya 4 Rekor Cristiano Ronaldo yang sulit dipecahkan ini saja seharusnya sudah cukup membuktikan kemampuannya yang menakjubkan dalam olah raga ini. Mungkin seharusnya Real Madrid bisa menjadi klub yang memanfatkannya  Cristiano Ronaldo lebih lama lagi, namun semuanya telah terjadi, dimana ia beralih menuju Juventus.

About The Author