3 Pemain Bintang Yang Mungkin Meraih Ballon d’Or 2018

Performa seorang pemain di klubnya sering menjadi penilaian penting untuk memainkan peran dalam memperoleh nominasi Ballon d’Or, sebuah penghargaan insan sepak bola terbaik di dunia di tahun itu. Namun penilaian itu lebih mudah terbaca jika ada event besar seperti Piala Dunia saat ini, terutama saat mereka mencapai gelar juara turnamen tersebut walaupun tak selalu. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah menguasai pengharaan ini sejak sepuluh tahun belakangan, namun saat ini mereka telah gugur diperdelapan final sehingga banyak yang mempertanyakan siapakah peraih Ballon d’Or tahun ini. Berikut adalah tiga kandidatnya.

Harry Kane

Harry Kane Saat mencetak Hattrick menghadapi Panama di Piala Dunia 2018

Harry Kane Saat mencetak Hattrick menghadapi Panama di Piala Dunia 2018

Striker Tottenham Hotspur ini sepertinya tidak bisa berhenti mencetak gol hingga saat ini terutama saat ia menampilkan performa yang sangat luar biasa untuk klubnya di Liga Premier dengan menyumbangkan 30 gol dari 37 penampilannya, serta menambahkan 11 gol dari 11 pertandingan yang melibatkannya di kompetisi lainnya.

Disisi lain saat ia menjalani kompetisi Piala Dunia 2018 bersama timnas Inggris, Ia juga melanjutkan performa apiknya dengan membawa mereka ke perdelapan final. Ia telah mencetak lima gol di babak penyisihan grup dimana ia mencetak hattrick saat menghadapi Panama. Mungkin jika ia diturunkan menghadapi Belgia di putaran terakhir babak penyisihan grup, angka tersebut sudah bertambah, namun strategi Gareth Southgate untuk mengistirahatkannya untuk perdelapan final cukup tepat, karena apapun yang terjadi mereka pasti lolos.

Diprediksi angka tersebut akan bertambah lagi setelah ia menaklukkan Kolombia pada pagi dini nanti, pukul 01.00 WIB. Dan seandainya hal itu terwujud bahkan bisa membawa Inggris membawa pulang gelar juara Piala Dunia, ia dipastikan akan memperoleh Ballon d’Or 2018.

Kylian Mbappe

Tentu masih banyak pihak yang menyangkal peluang ini karena usianya masih muda bahkan belum menyentuh angka 20. Meskipun demikian, ia merupakan salah satu pemain yang harus diwaspadai oleh klub manpun. Tengok saja hasil karyanya sejak ia bermain di tim senior dua tahun terakhir, dimana saat bersama AS Monaco, ia menghasikan 26 gol dalam 44 pertandingan yang melibatkannya, sementara saat membela PSG, ia mencetak 21 gol dengan jumlah pertandingan yang sama.

Kylian Mbappe setelah mencetak gol saat Prancis vs Argentina Piala Dunia 2018

Kylian Mbappe setelah mencetak gol saat Prancis vs Argentina Piala Dunia 2018

Saat dilibatkan untuk membela timnasnya di Piala Dunia 2018, performanya tidak mengecewakan. Ia telah mencetak gol kemenangan saat menghadapi Peru bahkan saat menghadapi Argentina, Ia mampu membawa Les Bleus mencapai perempat final, setelah ia mencetak dua gol kemenangan secara beruntun saat itu.

Karena itulah Ia cukup pantas menjadi salah satu favorit pemain yang pantas mendapatkan kuat untuk memenangkan gelar Ballon d’Or tahun ini setelah di tahun sebelumnya ia hanya bertengger di ke peringkat ketujuh.

Neymar

Tak dapat dipungkiri, Striker Brasil Neymar bisa memiliki kesempatan untuk melakukan satu hal yang gagal diselesaikan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam karier mereka masing-masing di tahun ini. Dia terlihat kuat walaupun telah absen waktu tiga bulan untuk memulihkan cederanya, dan performanya sangat bagus baik bersama klubnya Paris Saint Germain maupun dengan Brasil.

Neymar setelah mencetak gol saat Brasil vs Meksiko di Piala Dunia 2018

Neymar setelah mencetak gol saat Brasil vs Meksiko di Piala Dunia 2018

Tengok saja aksi pemain dengan transfer termahal di dunia yang dibeli PSG dari Barcelona di musim panas 2017 dimana ia telah mencetak 30 gol dan mencatat 16 assist di musim 28 penampilannya. Sementara sejak babak penyisihan grup, ia mencetak dua gol, termasuk saat menghadapi Meksiko di perdelapan final.

Jika ia bisa terus mencetak gol saat menghadapi Belgia diperempat final dan melanjutkan performanya di pertandingan berikutnya, bahkan memenangkan Piala Dunia untuk Brasil jika memungkinkan,  maka Ia akan memiliki kesempatan besar untuk memenangkan Ballon d’Or tahun ini. Apalagi ia hanya mampu meraih peringkat ketiga penghargaan ini dua dari tiga tahun terakhirnya.

Demikianlah tiga kandidat peraih Ballon d’Or jika dilihat performa mereka hingga perdelapan final Piala Dunia 2018 saat ini. Mungkinkah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih mampu menambahkan catatan baiknya di penghargaan ini, atau harus memberikannya kepada rekan mereka yang lain?

About The Author