3 Hal Ini Akan Membuat Manchester United Lebih Cemerlang

Manchester United sempat perkasa di kompetisi Premier League pada kampanye 2017-18 kemarin, dimana mereka mengalahkan sisa 6 tim teratas dengan meyakinkan. Namun sayang, mereka terbatuk-batuk melawan tim yang relatif lebih kecil dan pada akhirnya mereka tak mampu membawa satu piala pun untuk penggemarnya. Setidaknya ada tiga hal yang harus diperbaiki oleh Jose Mourinho jika ingin pasukannya lebih cemerlang di musim ini.

1. Gunakan sayap kanan untuk lebarnya

Masalah klasik ini telah terbaca sejak Antonio Valencia bergeser ke posisi bek kanan. Mereka tak pernah memiliki pemain sayap kanan yang mumpuni yang juga bisa menguasai pertahanan mereka. Lebih tepatnya tak memiliki pemain sayap yang berenergi tinggi yang berkeliaran ke lini belakang dan kembali kedepan.

Juan Mata merupakan pemain yang biasanya ditempatkan di sayap kanan, namun kurangnya kecepatan dan kecenderungan untuk memotong umpan lawan menambah kelancaran transisi di lini tengah mereka. Ia tak seperti Ivan Perisic dan Hirving Lozano dimana keduanya sangat mengesankan saat Piala Dunia 2018 berlangsung untuk Kroasia dan Meksiko. Dan mungkin keduanya bagus jika bisa mereka miliki

Ivan Perisic bisa membuat Manchester United lebih perkasa

Ivan Perisic bisa memperkuat sayap kanan Manchester United

Kembalinya Andreas Pereira mungkin dapat mengatasi situasi ini, karena ia jauh lebih baik saat ia ditempatkan di sayap kiri atau saat ia dimainkan sebagai gelandang serang dan ini adalah solusi termurah bagi Jose Mourinho, namun mungkinkah Ia akan dilempar lagi ke La Liga?

2. Penandatanganan bek kiri berkualitas

Seperti yang diungkap diatas, mereka kehilangan bek berkualitas dan memaksa Antonio Valencia di lini belakang. Mereka memiliki Luke Shaw namun ia kurang konsisten dalam menjalankan aksinya. Sementara Ashley Young yang cukup mumpuni telah berusia 33 tahun. Lambat laun United juga membutuhkan pemain yang bisa bergabung untuk posisi ini, apalagi ia juga mahir dalam serangan.

Young sendiri merupakan aset besar mereka saat menyerang namun kemampuan defensifnya sering diwaspadai. Mourinho harus memastikan bahwa dia mencakup semua yang dibutuhkan sebelum musim baru dimulai sehingga untuk menghindari semua kesalahan dari yang sebelumnya.

alex sandro transfer dari Juventus menuju manchester united

Alex Sandro bisa menggantikan Ashley Young dalam jangka panjang

Perekrutan Alex Sandro merupakan hal yang sangat menguntungkan, dimana kecepatannya dan umpan silangnya bisa ia lakukan dengan baik. Dia telah direkrut oleh Juventus dan takkan kaget jika ia pindah menuju klub bertuntutan tinggi seperti di Manchester United.

3. Dapatkan yang terbaik dari Paul Pogba dan Anthony Martial

Ini adalah sesuatu yang Jose Mourinho coba kuasai selama dua musim terakhir. Dia tahu bahwa Pogba merupakan pemain terbaik di United tetapi seringnya, taktik yang digunakan Mourinho membuatnya tak mampu mengeluarkan performanya secara maksimal.

Paul Pogba dan Anthony Martial saat berduet di Manchester United

Paul Pogba dan Anthony Martial saat berduet di Manchester United

Hal itu bisa dibuktikan sebelumnya saat di Juventus, bahkan belum lama ini, penampilan Pogba di Piala Dunia juga menunjukkan bahwa ia masih belum kehilangan kemampuannya. Sebenarnya Prancis bermain dalam pengaturan yang sangat mirip dengan Mourinho, namun lagi-lagi Mourinho harus mampu mengeluarkan rasa percaya diri. Setidaknya United telah melakukan langkah yang beda dengan penandatanganan Fred, yang bisa membebaskan Pogba dalam hal pertahanan dan membantu mereka menyarangkan bola ke gawang lawan.

United juga masih memiliki Anthony Martial, namun keberadaannya mulai terkikis dari tim dengan kedatangan Alexis Sanchez. Sebenarnya Martial memiliki potensi yang sangat besar dan akan sangat disayangkan jika dia meninggalkan Old Trafford tanpa memanfaatkan kemampuan darinya. Ia bisa dikerahkan sebagai striker atau pengecoh atau pemberi umpan semata, namun hal ini akan kembali lagi dengan strategi Mourinho untuk memanfaatkannya bersama dengan Sanchez dan juga Marcus Rashford untuk bersaing untuk tempat yang sama.

Mungkinkah Manchester United memiliki terlalu banyak pemain bintang? Ataukah strategi Jose Mourinho kurang tepat untuk mereka seperti yang dihasilkan timnya musim lalu? Setidaknya tiga hal tersebut bisa membuat Mourinho dan pasukannya lebih cemerlang dimusim ini.

 

 

About The Author