Samuel Umtiti Resmi Memperpanjang Kontrak Dengan Barcelona Selama Lima Tahun

Barcelona secara resmi telah mengumumkan bahwa mereka mencapai kata sepakat dengan Samuel Umtiti untuk memperpanjang masa baktinya di Camp Nou. Hal ini dikarenakan pemain Prancis kelahiran Kamerun itu sempat menolak untuk menandatanganinya karena digoda oleh Manchester United dengan penghasilan yang lebih baik.

Samuel Umtiti saat mencetak gol di Lyon

Samuel Umtiti saat mencetak gol di Lyon

Memang pemain jebolan akademi Lyon itu dipromosikan ketim cadangan klub tersebut pada tahun 2010, namun akhirnya ia dilibatkan untuk tim utama mereka pada awal Januari 2012, saat menjalani pertandingan Coupe de France. Dan sejak saat itu ia mampu memantapkan tempat di tim utama Lyon dan menjadi salah satu pemain kunci. Dengan 170 penampilannya yang memukau di Prancis, Ia pun menjadi salah satu bahan incaran klub lain, salah satunya Barcelona.

Ia pun bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2016 dengan tebusan 25 juta euro. Dengan perlahan namun pasti ia mampu membangun dirinya sebagai pemain penting di Camp Nou yang bisa dibuktikan selama dua musim terakhirnya. Tercatat persentase kemenangan Barcelona bisa menurun drastis saat dia tidak menjadi pemain starter.

Saat memainkan Umtiti Barcelona hanya kalah sekali dalam 48 pertandingan, dan memenangkan 83% pertandingan itu. Namun angka tersebut turun menjadi 57% setiap kali dia tidak dilibatkan ditim utama. Mungkin hal ini membuat beberapa klub siap untuk merekrutnya walaupun diketahui harus merogoh kantong sebesar 60 juta .

Samuel Umtiti menuju Manchester United

Samuel Umtiti sempat digoda Manchester United

Manchester United dipastikan berada diantaranya. Mereka memang memiliki pertahanan yang sangat kuat di musim lalu dimana mereka menjadi klub dengan kebobolan gol paling sedikit kedua di Liga Premier setelah Manchester City. Meskipun demikian pada paruh kedua musim itu, mereka tampil agak rentan di lini belakang.

Pelatih mereka yaitu Jose Mourinho sempat menayangkan hal ini apalagi diketahui beberapa pemain andalannya ajab meninggalkan Old Trafford di musim panas ini. Sebut saja seperti Chris Smalling dan Phil Jones yang jelas berada di dekat pintu keluar sementara bek lainnya yaitu Eric Bailly, juga memiliki peluang yang besar juga. Karena itulah Mourinho mengincar Umtiti, yang dianggap sebagai target yang layak untuk diperjuangkan.

Namun Mourinho dan klubnya bukalnlah satu satunya tim yang menginginkannya. Rival abadi Barcelona yaitu Real Madrid, juga dikaitkan erat untuk memilikinya. Hanya saja diketahui bahwa United  berada dalam urutan paling depan pengejarannya dimana mereka menjanjikan penawaran yang menggiurkan untuk sang pemain yang berusia 24 tahun itu.

Samuel Umtiti resmi perpanjang masa kontrak dengan Barcelona

Samuel Umtiti resmi perpanjang masa kontrak dengan Barcelona

Sayang harapan kedua kubu harus pupus karena Barcelona telah berhasil mempertahankannya dan membuat Umtiti menandatangani perpanjangan kontrak hingga Juni 2023 mendatang. Tentu tambahan masa bakti selama lima tahun menjamin sang pemain akan bertahan di Camp Nou, ditambah mereka juga menambahkan klausul pelepasannya sebesar 500 juta poundsterling. Tentu takkan ada yang mau menebus pemain terutama di posisi bek semahal itu.

Dengan resminya Barcelona mengumumkan perpanjangan kontrak dengan Samuel Umtiti dan besarnya klausul pelepasan mantan bek Lyon, memaksa Manchester United mencari alternatif baru. Sementara disisi lain, sang pemain kini dapat fokus untuk tampil cemerlang di Piala Dunia 2018 di Rusia, bersama skuad timnas Prancis.

About The Author