PSG Jadi Tim Pertama dengan Rekor Baru di Musim Ini

Paris Saint-Germain akan menjadi tim pertama yang mencatatkan 12 laga secara berturut-turut di awal musim dalam lima kompetisi besar Eropa. Kemenangan dengan skor 2-1 atas Lille di Parc des Princes, pada Sabtu (3/11) dinihari WIB, menjadikan tim Thomas Tuchel tersebut sukses emncapai 11 kemenangan di musim ini seperti yang pernah dicatatkan Tottenham Hotspur pada 1960/61.

Paris Saint-Germain pada musim 2018/2019 ini memang tampil dengan begitu mengesankan. Tim ini membukukan 41 gol dan hanya kemasukan tujuh gol dari 12 kemenangan berturut-turut. Pada minggu yang ke-12, Les Parisiens sukses mengungguli Lille dengan selisih 11 poin yang saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Ligue 1 2018-2019.

Satu-satunya kegagalan yang mereka catatkan adalah dalam laga melawan Liverpool dengan skor 2-3 di Anfield pada kompetisi Liga Champions dua bulan yang lalu. Namun, dari semuanya, performa klub kaya dari Prancis ini memang sangat mengejutkan.

Sementara itu, rekor 11 kemenangan dari Tottenham Hotspur dicatatkan Spurs melalui hasil mengesankan dengan skor 4-1 atas Manchester United, melawan Arsenal dengan skor 3-2, sukses atas Aston Villa dengan skor 6-2 serta Wolves dengan skor 4-0. Akan tetapi, catatan tersebut tidak berlanjut melalui hasil seri dengan skor 1-1 kala mereka melawan The City.

pelatih PSG, Thomas Tuchel

Dalam 11 keberhasilan mereka secara berturut-turut pada musim 1960/1961 tersebut, Spurs sukses menciptakan 36 gol dan kemasukan 11 gol. Mereka tak pernah gagal dalam 11 laga sampai pada laga yang dilaksanakan pada tanggal 11 November saat Sheffield Wednesday berhasil dengan skor 2-1 di Hillsborough.

Nah, PSG sendiri memang menguasai liga domestik bersama pelatihnya, Thomas Tuchel, termasuk di Ligue 1 2018-2019. Akan tetapi, prestasi di Liga Champions memang belum begitu mengesankan. Saat ini, PSG bertahan di peringkat ketiga di Grup C dalam kompetisi Eropa ini.

Laga selajutnya PSG ke Napoli akan menjadi penentu apakah mereka dapat melanjut ke babak selanjutnya. Sementara itu, Liverpool juga belum mendapatkan hasil positif untuk dapat melaju ke babak selanjutnya walau musim ini tidak begitu baik.

“Saya rasa ini tantangan yang sulit untuk tim manapun. Ini grup yang tidak mudah, kami menyaksikan The Reds kala saat melawan Napoli. Grup ini mungkin bisa dibilang grup neraka, karena kami memiliki tiga tim lawan yang tangguh. Saya rasa kami harus segera mengatasinya di Paris,” ungkap pemain andalan Paris Saint-Germain, yakni Marco Verratti.

Lebih lanjut, Verratti mengatakan bahwa sangat dibutuhkan untuk tampil dengan maksimal di laga yang hebat ini, di mana mereka harus terorganisir dan bekerjasama dengan baik. Apalagi saat mereka harus berhadapan dengan tim Italia.

About The Author