Perjalanan Romelu Lukaku Terupdate Hingga Kini

Romelu Lukaku memang belum mendapatkan sebuah piala untuk tim yang dibelanya di Inggris, namun sumbangan secara langsung dalam bentuk gol untuk timnya membuatnya diperhitungkan oleh para lawannya. Namun perjalananan Romelu Lukaku hingga saat ini memerlukan waktu  panjang walaupun sang pemain baru berusia 24 tahun.

Karir Junior

Lukaku mengasah dirinya di klub sepak bola di kota kelahirannya Antwerp , Belgia yaitu K Rupel Boom FC, saat usianya baru lima tahun di tahun 1999. Namun empat tahun kemudian ia bergabung dengan KFC Wintam. Dengan performanya saat itu, ia pun diincar oleh pencari bakat dari Lierse SK , sebuah klub sepak bola professional Belgia di kotanya.

Di Lierse, Ia mencetak 121 gol dari 68 pertandingan yang melibatkannya dalam waktu dua tahun, namun belum sampai ia bermain ditim utama, klubnya terdegredasi dari Belgian Pro League. Klub rivalnya yaitu Anderlecht melihat kesempatan ini dan memboyongnya di musim panas 2006, dan masih terus membuat pemilik barunya terkesima. Pasalnya dalam waktu tiga tahun ia mencetak 131 gol dari 93 pertandingan yang melibatkannya.

Romelu Lukaku saat membela tim Junior Anderlact 2006

Romelu Lukaku saat membela tim Junior Anderlact 2006

Karir Senior

Pada tanggal 13 Mei 2009, saat usianya 16 tahun, ia menandatangani kontrak professional perdananya dengan Anderlact. Saat itu masa baktinya hanya tiga tahun. Ia pun akhirnya  sempat dilibatkan ditim utama di pertandingan Champhionship Play off, menghadapi Standard Liege sebagai pemain pengganti, dan timnya mengalami kekalahan. Meskipun demikian, performanya telah menunjukkan bakatnya dan menjadi pemain regular Anderlact dimusim berikutnya.

Ia pun menjalani musim perdananya dengan baik dimana ia membantu timnya meraih gelar Belgian Pro League2009–10, bahkan dalam dua musim penuh perdananya, ia menghasilkan 39 gol dalam 95 pertandingan yang melibatkannya disemua kompetisi.

Romelu Lukaku saat membela Chelsea menghadapi Aston Villa

Romelu Lukaku saat membela Chelsea menghadapi Aston Villa

Hal ini membuat Chelsea tertarik untuk memboyongnya dimana klub tersebut saat itu diasuh oleh André Villas-Boas. Dan dengan tebusan 12 juta euro ditambah potensi bonus hingga 8 juta euro lagi, akhirnya ia bergabung dengan tim yang selalu menjadi impiannya sejak kecil.

Sayang keberadaannya di klub tak terlalu diinginkan oleh pelatihnya bahkan sampai Villas-Boas dipecat. Ia pun akhirnya memilih untuk dipinjamkan menuju klub lain dimana West Bromwich Albion berhasil mendapatkannya pada musim 2012-13. Ia pun  berhasil membantu klubnya keperingkat kedelapan dengan mencetak 17 gol dalam 25 pertandingan yang melibatkannya musim itu.

Romelu Lukaku saat di Everton melakukan selebrasi gol

Romelu Lukaku saat di Everton melakukan selebrasi gol

Di kampanye berikutnya Ia di boyong oleh Everton dengan status pinjaman, namun tetap menampilkan performa yang maksimal dimana dalam 33 pertandingan yang melibatkannya  disemua kompetisi, Ia mencetak 16 gol dan delapan assist. Tentu hal ini membuat klubya senang, dan akhirnya rela menebus sang pemain dengan biaya 28  juta poundsterling , jumlah termahal yang dikeluarkan Everton saat itu.

Lukaku menebusnya dengan baik dimana dalam tiga musim perdananya ia telah mencetak 71 gol ditambah 21 assist disemua kompetisi dimana ia bersaing ketat dengan Harry Kane untuk menjadi top skorer di Premier League. Dan hal ini membuat beberapa klub berebut untuk merekrutnya dimusim panas kemarin.

Antonio Conte dari Chelsea diperkirakan menjadi pemburu tanda tangannya sebelum bursa transfer di mulai, namun Jose Mourinho dan tim perekrutan Manchester United lebih mampu menggodanya lebih bauk sehingga kesepakatan tersebut berhasil dimenangkan oleh Manchester United pada tanggal 10 Juli 2018 lalu dengan masa bakti selama lima tahun ditambah opsi perpanjangan. Diketahui pemain asal Belgia itu diboyong dengan nilai 75 poundsterling ditambah bonus potensial 15 juta poundsterling.

Romelu Lukaku Manchester United selebrasi gol

Romelu Lukaku Manchester United selebrasi gol

Di Manchester, performanya tak kalah menarik, dimana hingga saat tulisan ini dibuat, ia mencetak 20 gol dan tujuh assist. Sayang jumlah gol di Premier League baru sedikit yaitu 10 gol, tak seperti sebelum-sebelumnya, namunn di Liga Eropa ia mencetak delapan gol. Meskipun demikian pada tanggal 31 Maret 2018 kemarin, ia mencetak gol keseratusnya di Premier League, setelah memainkan 216 laga di kompetisi  tersebut, dan merupakan pemain termuda kelima yang mencapai tahap ini.

Karir Intenasional

Romelu Lukaku saat mencetak dua gol menghadapi Estonia

Romelu Lukaku saat mencetak dua gol menghadapi Estonia

Ia mengawali karir Internasionalnya dengan timnas Belgia U-15 pada tahun 2008 namun Ia dilibatkan ditimnas senior pada bulan Februari 2010 lalu, saat menghadapi timnas Kroasia dalam pertandingan persahabatan. Ia pun mencetak gol perdananya sekaligus dua gol saat menghadapi Rusia dalam pertandingan persahabatan juga.

Hingga saat ini pemain berusia 24 tahun itu telah mencetak 33 gol bersama timnas Belgia, yang membuatnya menjadi top skorer di sepanjang sejarah Negara tersebut. Meskipun demukian, FIFA hanya mengakui 28 gol, dimana gol sisanya tidak diakui karena pertandingan persahabatan.

Dengan pertandingan Premier League yang masih tersisa dan pertandingan Internasional Piala Dunia 2018 yang diadakan di Rusia, maka tak kan heran jika Romelu Lukaku akan menambah catatan pundi-pundi golnya dalam waktu dekat, apalagi dengan usianya yang baru 24 tahun, ia berpotensi mencapai apa yang belum diperoleh dalam profilnya hingga saat ini dengan jumlah yang mencengangkan.

About The Author

Reply