Pellegrini Tidak Bekerja Dengan Kualitas West Ham?

Manuel Pellegrini merupakan salah satu dari pelatih Premier League yang beresiko dipecat dalam waktu dekat, dimana ia membawa klub yang baru diasuhnya di musim ini, mengalami empat kali kekalahan dalam empat pertandingan perdana secara beruntun. Pablo Zabaleta pun mengerti hal ini karena Pellegrini tidak bekerja dengan kualitas yang biasa dia gunakan seperti di West Ham. Ia pun ingin rekannya untuk meningkatkan diri agar bisa menjauhi zona degradasi setidaknya hingga akhir musim.

Profile Manuel Pellegrini

Pellegrini merupakan mantan pemain bek tengah andalan Universidad de Chile, di Chili dimana ia mengarungi 451 pertandingan di liga utama selama 13 tahun. Ia pun dilibatkan ke skuad utama timnasnya diantara tahun tersebut.

Ia pun mengawali karirnya sebagai pelatih di mantan klubnya Universidad de Chile ditahun 1988, dan mulai mengasah diri diberbagai klub. Ia juga sempat mengasuh beberapa klub besar seperti River Plate, Villarreal, Real Madrid, Malaga, Manchester City. Terakhir ia mengasuh Hebei China Fortune di Chinese Super League.

Manuel Pellegrini memenangkan gelar juara Premier League bersama Manchester City

Manuel Pellegrini memenangkan gelar juara Premier League bersama Manchester City

Performanya mengasuh klub sepak bola bisa dibuktikan dengan membantu timnya mengantongi beberapa piala seperti Universidad Catolica (Copa Chile dan Copa Interamericana), LDU Quito(Serie A 1999), San Lorenzo (Primera Division 2000–01 dan Copa Mercosur: 2001), River Plate (Primera División: 2002–03), Villarreal (UEFA Intertoto Cup: 2004) bahkan saat mengasuh Manchester City (Premier League: 2013–14 dan Football League Cup: 2013–14, 2015–16).

Manuel Pellegrini dan West Ham United

Kini pelatih berusia 64 tahun itu ditunjuk West Ham untuk menjadi pelatih utama mereka, menggantikan David Moyes yang membawa mereka bertengger di peringkat ke 13 musim lalu. Mereka berharap pelatih yang membawa City meraih gelar juara Premier League 2014 lalu, bisa memberikan arahannya ke tim mereka, bertarung menyabet gelar tersebut, yang belum pernah mereka dapatkan hingga saat ini.

Manuel Pellegrini saat melatih West Ham United

Manuel Pellegrini tak terbiasa mengasuh klub dengan kualitas West Ham United?

Namun harapan tersebut berangsur mulai pudar dimana ia membawa The Hammers kehilangan semua poin dalam empat pertandingan Premier League mereka sejauh ini. Pertandingan terakhir mereka juga mengalami kegagalan yang mengecewakan saat menghadapi tim yang baru dipromosikan dari liga Championship menghadapi Wolves, dengan skor 1-0 di menit akhir.Hal ini membuat spekulasi publik tentang kemungkinan yang sangat besar bawha Pellegrini akan mengakhiri masa baktinya di klub lebih awal.

Pablo Zabaleta dan Manuel Pellegrini

Meskipun demikian bek kanan West Ham yang pernah dilibatkan dalam kemenangan City yaitu Zabaleta, tetap mendukung pelatih asal Chili itu untuk membalikkan keadaan. Memang ia sendiri pernah merasakan keperkasaanya saat ia menjadi salah satu pemain City yang meraih gelar juara Premier League, namun ia juga menyadari bahwa skuad yang dia miliki berbeda dengan saat mengelola di Stadion Etihad.

“Untuk pertama kalinya mungkin dia tidak memiliki kualitas yang sama di tim seperti yang dia miliki sebelumnya. Jadi mungkin butuh lebih banyak waktu daripada di klub lain baginya untuk mendapatkan segalanya dengan benar.”.

Pablo Zabaleta dan Manuel Pellegrini saat membela Manchester City

Pablo Zabaleta dan Manuel Pellegrini saat membela Manchester City

“Di Manchester City, ada begitu banyak kualitas, kami memenangkan pertandingan dengan mudah. Di sini tidak sama. Tetapi dia adalah orang hebat, manajer yang baik dan akan berusaha menemukan cara terbaik untuk mendapatkan hasil. ”.

Ia juga membandingkan perjuangan timnya di awal musim lalu dimana merak hanya memenangkan satu dari enam pertandingan pembukaan mereka namun akhirnya finish diperingkat ke-13. Ia mengatakan,

“Ini mirip dengan musim lalu ketika kami tidak memulai dengan baik dan itu sulit tetapi kami tidak menginginkan itu. Kami telah melihat tim yang bagus melemah sebelumnya,  jadi kami harus bertarung, “.

“Kami memiliki kualitas dalam tim tetapi para pemain harus tampil bagus … Anda percaya dengan cara dia (Pellegrini) bekerja, karena tim yang pernah dia kerjakan sebelumnya.”

Ada benarnya perkataan Pablo Zabaleta yang mengatakan bahwa Manuel Pellegrini tidak bekerja dengan kualitas yang biasa dia gunakan seperti di West Ham. Namun apapun yang terjadi sang pelatih harus mengubah keadaan ini dengan segera saat melawan Everton setelah jeda internasional, sebelum pertarungan dengan Chelsea, yang tentunya akan lebih sulit lagi dibandingkan dengan Everton.

About The Author