Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Grup F Untuk Timnas Swedia

Sebelumnya kami telah membahas panduan tentang timnas yang lolos dibabak kualifikasi di Piala Dunia 2018 Rusia, namun kini kami ingin membahas timnas yang berada di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup F, tepatnya untuk timnas Swedia.

Kualifikasi

Timnas Swedia Piala Dunia 2018 qualified

Timnas Swedia Piala Dunia 2018 qualified

Lolosnya timnas Swedia cukup mengejutkan, pasalnya saat menjalani babak kualifikasi di UEFA, mereka satu grup dengan Prancis dan Belanda dimana keduanya menjadi favorit untuk lolos, berdasarkan sejarahnya. Memang Prancis berhasil unggul di puncak klasemen grup A, namun Swedia yang memiliki poin yang sama dengan Belanda berada diperingkat kedua. Hal ini karena mereka lebih tajam dilini depan dan solid dilini belakang, dan membuat gol masuk dan kemasukkan mereka lebih baik dibandingkan Belanda.

Ya, mereka sangat baik saat menjebol gawang lawan, bahkan mengalahkan Prancis yang bertabur pemain bintang lini depan. Mereka juga cukup baik dilini belakang bahkan lebih baik dibandingkan Belanda saat itu.

Namun saat dibabak selanjutnya semua peringkat kedua dalam sembilan grup dipertarungkan untuk mendapatkan delapan tiket menuju kualifikasi Piala Dunia 2018, mereka tak begitu bagus dilini belakang dimana mereka sembilan kali kebobolan dari delapan laga  yang dipertandingkan, walaupun mereka tetap terbaik dalam hal penyerangan.

Pelatih

Swedia diasuh oleh Janne Andersson, sejak musim panas 2016 lalu. Sebelumnya ia pernah bermain di klub Swedia seperti  Alets IK, IS Halmia dan Laholms FK.  Ia pun  sempat melatih klub Swedia yaitu Alets IK, Laholms FK dan Halmstads BK, Örgryte IS dan IFK Norrköping sebelum akhirnya ia mengasuh timnas negaranya.

Andersson tak memiliki banyak Piala ditangannya, dan satu-satunya pencapaian terbaiknya adalah saat membawa Norrköping menjuarai Allsvenskan pada tahun 2015.

Pemain Bintang

Emil Forsberg Timnas Swedia 2018

Emil Forsberg Timnas Swedia 2018

Saat ini Swedia telah ditinggalkan pemain bintangnya yaitu Zlatan Ibrahimovic yang telah mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah. Namun mereka masih memiliki beberapa pemain bintang yang bermain di Eropa. Sebut saja bek Mikael Lustig (Celtic), Martin Olsson (Swansea City), Victor Lindelöf (Manchester United), Ludwig Augustinsson (Werder Bremen), Emil Forsberg (RB Leipzig), Albin Ekdal (Hamburger SV) dan John Guidetti (Alaves).

Ada beberapa pemain muda yang dilibatkan dalam tim yang diasuh oleh Andersson namun belum mendapatkan kesempatan untuk merumput, antara lan, Erdal Rakip (Crystal Palace), Simon Tibbling (Brøndby IF) dan Carlos Strandberg (Malmö FF), dimana semuanya masih berusia muda.

Kesimpulan

Swedia memang telah mengejutkan Italia di babak playoff untuk lolos ke putaran final Piala Dunia pertama sejak 2006 lalu. Namun kini mereka tanpa kehadiran Zlatan Ibrahimovic dimana striker Manchester United tersebut telah pensiun dari sepak bola internasional setelah Kejuaraan Eropa tahun lalu.

Ibrahimovic dia bisa melakukan hal-hal yang tidak dimiliki pemain Swedia lainnya, namun saat ini tanpanya, timnas Swedia bisa lebih bersatu dan terstruktur dengan baik.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup F)

Demikianlah info terlengkap  panduan timnas Swedia yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup F. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author

Reply