Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Grup F Untuk Timnas Korea Selatan

Sebelumnya kami telah membahas panduan tentang timnas yang lolos dibabak kualifikasi di Piala Dunia 2018 Rusia, namun kini kami ingin membahas timnas yang berada di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup F, tepatnya untuk timnas Korea Selatan.

Kualifikasi

Timnas Korea Selatan Piala Dunia 2018 qualified

Korea selatan resmi lolos kebabak kualifikasi Piala Dunia 2018 saat mereka mernjadi runner up di babak ketiga grup A kualifikasi di zona Asia dimana lawannya saat itu adalah Iran, Syria, Uzbekistan Cina dan Qatar.

Menariknya, dalam pertarungan tersebut, mereka bukanlah tim dengan pertahanan yang solid karena mereka kebobolan sebanyak 10 kali dalam 10 laga, mereka pun hnya memenangkan empat pertandingan yang ditebus dengan tiga kekalahan. Kekuatan mereka di lini depan juga tak begitu tajam, walaupun diantara grup A mereka paling banyak mencetak gol, dengan 11 kali menyarangkan bola ke gawang lawan.

Cukup mengkhawatirkan jika mereka melakukan performa yang sama dimana jika dibandingkan oleh tiga rivalnya di Asia, Iran memiliki pertahanan yang kuat, sementara Jepang dan Saudi Arabia yang memiliki ketajaman didepan gawang yang lebih baik.

Pelatih

Shin Tae-yong Pelatih Timnas Korea Selatan

Shin Tae-yong Pelatih Timnas Korea Selatan 2018

Korea Selatan diasuh oleh Shin Tae-yong yang merupakan mantan gelandang serang dari klub Seongnam Ilhwa Chunma (yang sebelumnya bernama Ilhwa Chunma dan Cheonan Ilhwa Chunma ) dan menjadi pemain timnas Korsel selama lima tahun.

Ia pun meniti karirnya sebagai asisten pelatih di Queensland Roar FC, dan menjadi pelatih dari mantan klubnya, Seongnam Ilhwa Chunma. Pada tahun 2014 ia dilibatkan di timnas Korea dimana Ia mengawalinya sebagai caretaker, asisten pelatih, lalu sempat menjadi pelatih pelatih timnas junior U-23 dan U-21. Pada bulan Juni 2017, ia pun ditunjuk untuk menggantikan Uli Stielike hingga saat ini.

Pencapaiannya sebagai pelatih, ia pernah membawa Seongnam Ilhwa Chunma menjuarai AFC Champions League dan FA Cup sementara saat mengasuh timnas Korea Selatan, ia memenangkan EAFF Wast Asian Cup pada tahun 2017 kemarin.

Pemain Bintang

Pemain bintang timnas Korea selatan

Dari kiri ke kanan Ki Sung-yueng, Lee Chung-yong dan Son Heung-min

Korea Selatan memiliki beberapa pemain yang berkarir di klub papan atas Eropa. Sebut saja kapten kesebelasan mereka yaitu Ki Sung-yueng (Swansea Citu), Koo Ja Cheol (Augsburg), Kwon Chang-hoon (Dijon), Lee Chung-yong (Crystal Palace), Ji Dong-won (Darmstadt 98) dan pastinya Son Heung-min (Tottenham Hotspur), top skorer sepanjang sejarah untuk pemain Asia yang bermain di Premier League.

Kesimpulan

Memang sejak bermain di Piala Dunia 1986, Korea Selatan selalu hadir disetiap turnamen namun sepertinya kali ini, mereka akan mengulang kembali nasib mereka seperti Piala Dunia 2014 yang lemah dan gagal masuk ke 16 besar, tak seperti Piala Dunia tahun 2002 yang bisa sampai ke babak semifinal.

Namun dengan tiga pemain dari Premier League yaitu Son Heung-min (Tottenham), Ki Sung-yeung (Swansea) dan Lee Chung-yong (Crystal Palace), bisa membawa perubahan yang berarti dengan pengalaman mereka yang berlaga di pentas kompetisi level tinggi di Eropa.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup F)

Demikianlah info terlengkap  panduan timnas Korea Selatan yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup F. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author