Panduan Piala Dunia 2018 Grup H Untuk Timnas Senegal

Di artikel sebelumnya, kami telah membahas panduan tentang negara yang lolos dibabak kualifikasi Piala Dunia 2018 dimana saat ini diselenggarakan di Rusia, namun kini kami ingin membahas lebih detil tentang negara yang berada di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup H, tepatnya untuk timnas Senegal.

Kualifikasi

Timnas Senegal Piala Dunia 2018

Timnas Senegal Piala Dunia 2018

Senegal berhasil kembali ke pertarungan Piala Dunia untuk kedua kalinya selama turnamen ini berlangsung. Di penampilannya terakhirnya yaitu Piala Dunia 2002, mereka berhasil mencapai babak perempat final, namun mereka gagal mencapai babak Kualifikasi Piala Dunia zona Afrika diempat komeptisi berikutnya.

Mereka pun berharap mampu mendekati pencapaian mereka 16 tahun yang lalu, setelah kini mereka lolos kualifikasi zona Afrika babak ketiga dengan memuncaki papan klasemen grup D, yang berisikan Burkina Faso Cape Verde dan Afrika Selatan, bahkan tak terkalahkan dari enam pertandingan, walaupun harus ditahan imbang sebanyak dua kali.

Mereka cukup tajam dilini depan, dimana sepuluh golnya mampu mengatasi rivalnya saat itu. Mereka juga memiliki pertahanan yang baik namun cukup mengkhawatirkan jika bertemu dengan timnas unggulan yang memiliki pemain bintang dilini depan.

Pelatih

Aliou Cissé pelatih timnas Senegal 2018

Aliou Cissé pelatih timnas Senegal 2018

Saat ini Aliou Cissé mengambil alih kursi kepelatihan timnas Senegal setelah pemecatan Amara Traoré pada tahun 2015 lalu. Ia sempat berkarir sebagai pemain gelandang dan bertahan diberbagai klub di Prancis seperti Lille, CS Sedan Ardennes, PSG, Montpellier, kemudian Inggris seperti Birmingham City dan Portsmouth, dan kembali lagi ke Prancis membela Sedan dan Nîmes Olympique, dimana diantaranya ia sempat menjadi pemain bintang timnas Senegal.

Pria yang saat ini berusia 41 tahun itu menjajaki karir kepelatihan pada tahun 2012 dimana saat itu ia menjadi asisten pelatih timnas Senegal U23, yang kemudian dipromosikan untuk menjadi pelatih utama setahun kemudian. Barulah ia dipercaya untuk memegang timnas senior Senegal dua tahun kemudian.

Pemain Bintang

Keita Balde dan sadio mane timnas Senegal

Keita Balde dan Sadio Mane timnas Senegal

Senegal memiliki banyak pemainnya yang berkarir di klub papan atas Eropa. Sebut saja penjaga gawang Rennes yaitu Abdoulaye Diallo, dan permain bertahan seperti Kalidou Koulibaly (Napoli), Pape Ndiaye Souaré (Crystal Palace), Salif Sane (Hannover 96), Papy Djilobodji (Dijon) dan wakil kapten mereka               Kara Mbodji (Anderlecht).

Sementara di lini tengah, mereka memiliki pemain seperti Idrissa Gana Gueye (Everton) dan kapten kesebelasan mereka yaitu Cheikhou Kouyaté (West Ham United). Sedangkan di lini depan mereka memiliki Ismaïla Sarr dan Diafra Sakho (Rennes), Moussa Konaté  (Amiens), M’Baye Niang (Torino), Keita Baldé (AS Monaco), dan Sadio Mane (Liverpool)

Pemain baru

Ada beberapa pemain baru yang telah dipanggil oleh timnas Senegal namun baru dimainkan 1-2 kali saja seperti kiper Alfred Gomis dan Clement Diop, bek Youssouf Sabaly dan Arial Mendy, gelandang Assane Dioussé, serta penyerang Nantes, Santy Ngom.

Kesimpulan

Senegal memang tampil memukau saat mereka berhasil lolos di babak kualifikasi Piala Dunia 2002, dimana mereka mampu mengalahkan jawara Prancis 1998 di babak penyisihan grup A, namun sayangnya mereka kalah tipis saat mengahadapi Turki. Namun kini mereka harus bisa membuktikannya setidaknya memperbaiki catatan terbaiknya, berada didelapan besar turnamen ini. Namun mereka harus mampu memperbaiki semua sektor untuk dapat mewujudkan hal tersebut.

Dengan kehadiran Cisse, dimana pada Piala Dunia 2002 ia menjadi kapten kesebelasan timnas Senegal, mereka memiliki harapan yang lebih, dan diyakini bisa mendongkrak performa squadnya dengan pengalaman yang dimilikinya.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup H)

Demikianlah info terlengkap panduan timnas Senegal yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup H. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author