Panduan Piala Dunia 2018 Grup H Untuk Timnas Polandia

Di artikel sebelumnya, kami telah membahas panduan tentang negara yang lolos dibabak kualifikasi Piala Dunia 2018 dimana saat ini diselenggarakan di Rusia, namun kini kami ingin membahas lebih detil tentang negara yang berada di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup H, tepatnya untuk timnas Polandia.

Kualifikasi

Timnas Polandia Piala Dunia 2018

Timnas Polandia Piala Dunia 2018

Timnas Polandia berhasil masuk ke kancah pertarungan babak kualifikasi Piala Dunia dimana sebelumnya mereka gagal lolos di tiga kompetisi ini. Saat itu dua kekalahan mereka mampu membuat tersingkir oleh Jerman dan Ekuador. Namun kini penampilan kedelapan mereka di turnamen ini, membuat harapan paru untuk para pendukungnya.

Mereka lolos saat kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dan memuncaki papan klasemen di grup E dimana rivalnya adalah Denmark (yang juga lolos), Montenegro, Romania, Armenia dan Kazakhstan, dimana dalam sepuluh laga terakhir mereka hanya menelan satu kali kekalahan dan satu kali imbang.

Polandia cukup baik dalam hal mencetak gol walaupun bukan yang terbaik diantara timnas yang bermain di kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Memang 28 gol bukanlah jumlah yang sedikit namun timnas lain ada yang lebih tajam dibanding mereka, walaupun ada juga yang tidak terlalu ofensif didepan gawang. Selain itu mereka memiliki pertahanan terburuk jika dibandingkan dengan peringkat pertama dan kedua klasemen di grup lainnya. Dan ini sebaiknya harus dihindari jika mereka ingin lolos 32 besar Piala Dunia yang akan dimulai pada bulan Juni mendatang.

Pelatih

Adam Nawałka Pelatih timnas Polandia 2018

Adam Nawałka Pelatih timnas Polandia 2018

Saat ini timnas Polandia diasuh oleh pelatih Adam Nawałka dimana sebelumnya ia sempat menjadi pemain gelandang di Wisła Kraków dan Polish-American Eagles. Ia pun sempat menjadi andalan timnas Polandia, sebelum ia menjajaki peran sebagai pelatih.

Ia memulai karir kepelatihannya di klub sepak bola negaranya seperti Swit Krzeszowice, Wisła Krakow, Zagłebie Lubin, Sandecja Nowy Sacz, Jagiellonia Białystok, GKS Katowice, Gornik Zabrze sebelum akhirnya ia melatih timnas negaranya dari Oktober 2013 lalu. Sayangnya ia belum menghasilkan piala di setiap klub yang ditanganinya.

Pemain Bintang

Robert Lewandowski timnas Polandia 2018

Robert Lewandowski timnas Polandia 2018

Polandia memiliki banyak pemainnya yang berkarir di klub papan atas Eropa, bahkan diantaranya menjadi pemain bintang mulai dari penjaga gawang mereka seperti Łukasz Fabiański (Swansea City) dan Wojciech Szczęsny (Juventus). Sementara di lini belakang mereka ada Łukasz Piszczek (Borussia Dortmund) dan Kamil Glik (Monaco).

Di lini tengah mereka memiliki Piotr Zieliński (Napoli) dan Jakub Błaszczykowski (Wolfsburg) sementara dilini depan mereka memiliki Arkadiusz Milik (Napoli) dan juga Robert Lewandowski (Bayern Munich).

Pemain baru

Nawałka memiliki pemain yang telah dipanggil untuk bermain di squadnya, namun belum pernah dimainkan, beberapa diantaranya adalah kiper Bartosz Białkowski, bek Paweł Jaroszyński, gelandang Przemysław Frankowski, Damian Kądzior dan Taras Romanczuk serta Dawid Kownacki, dimana sebagian diantaranya cukup berkualitas untuk menggantikan rekannya jika dibutuhkan.

Kesimpulan

Bagi Polandia, ini adalah Piala Dunia pertama sejak 2006 lalu, yang mungkin akan mereka masksimalkan kemampuan mereka hingga berhasil meraih tempat tertinggi. Pasalnya. Ini merupakan kesempatan terakhir untuk bermain di panggung terbesar sepak bola bagi striker Robert Lewandowski dan Jakub Blaszczykowski, karena usianya telah hampir menggrogotinya terutama  Blaszczykowski.

Meskipun demikian sang pelatih telah mencoba melakukan strategi yang berbeda kali ini dimana sebelumnya ia terkenal dengan counter attack-nya namun kini ia berusaha untuk lebih menominasi penguasaan bola.

Yang perlu dikhawatirkan oleh banyak pihak adalah bukan masalah lini serang dimana Robert Lewandowski, yang menjadi top skorer timnas Polandia hingga saat ini, telah menyumbang 16 gol di babak kualifikasi grup Piala Dunia zona Eropa. Namun pertahanan mereka cenderung rapuh, dan sebaiknya Nawałka memperbaiki lini belakangnya jika ingin berada ditahap tertinggi turnamen ini.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup H)

Demikianlah info terlengkap panduan timnas Polandia yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup H. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author