Panduan Piala Dunia 2018 Grup H Untuk Timnas Kolombia

Di artikel sebelumnya, kami telah membahas panduan tentang negara yang lolos dibabak kualifikasi Piala Dunia 2018 dimana saat ini diselenggarakan di Rusia, namun kini kami ingin membahas lebih detil tentang negara yang berada di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup H, tepatnya untuk timnas Kolombia.

Kualifikasi

Timnas kolombia Piala Dunia 2018

Timnas kolombia Piala Dunia 2018

Kolombia kembali lagi menangtang para jawara Piala Dunia sebelumnya, setelah pada turnamen sebelumnya mereka ditaklukkan oleh Brasil diperempat final dengan skor 2-1. Itu adalah performa terbaik mereka selama keterlibatan mereka diajang kompetisi sepak bola bergengsi kelas dunia.

Kini mereka hadir setelah berhasil menduduki peringkat keempat klasemen babak kualifikasi zona Amerika Selatan, dimana terdapat Brasil, Uruguay dan Argentina, mampu mengungguli mereka, memaksa Peru kebabak penyisihan selanjutnya dan meninggalkan timnas Chile, Paraguay , Ekuador, Bolivia dan Venezuela dibelakang.

Semua timnas yang bermain dikualifikasi zona Afrika Selatan sangat tajam dilini depan sehingga membuat kompetisi penyisihan ini sangat ketat dalam perolehan kemenangan. Dan ini juga berimbas dengan jumlah kebobolan dimasing-masing tim. Walaupun bukan yang terbaik didepan gawang, namun Kolombia mampu mengamankan sebuat tempat dengan tujuh kemenangan walau ditebus dengan lima kali kekalahan.

Pelatih

Jose Pekerman Pelatih timnas kolombia 2018

Jose Pekerman Pelatih timnas kolombia 2018

Kolombia saat in diasuh oleh Jose Pekerman. Pelatih asal Argentina itu sempat menjadi oemain gelandang tahun 70-an, membela Argentinos Juniors (Argntina) dan Independiente Medellín (Kolombia). Ia pun mengawali karir menjadi pelatih dimana Ia membela tim muda Chacarita Juniors, Argentinos Juniors, Colo-Colo dan timnas Argentina U20. Pada tahun 2004 Ia sempat melatih timnas Argentina selama dua tahun yang kemudian ia melatih klub asal Mexico, Toluca FC dan Tigres UANL sebelum akhirnya pada tahun 2012 lalu ia mengambil alih kursi kepelatihan timnas Kolombia.

Ia mendapatkan banyak pujian membawa Kolombia kembali ke Piala Dunia lagi dimana sebelumnya saat mengasuh timnas Argentina, ia juga berhasil membawanya ke perempat final di Piala Dunia 2006 di Jerman.

Pemain Bintang

Radamel Falcao James Rodríguez colombia 2018

Radamel Falcao James Rodríguez colombia 2018

La Tricolor memiliki banyak pemain yang tersebar diseluruh penjuru Dunia. Beberapa diataranya mampu mengambil perhatian di sepak bola Eropa seperti kiper mereka yaitu David Ospina dari Liverpool). Sementara lini pertahanan mereka ada Cristián Zapata (AC Milan), Santiago Arias (PSG), Yerry Mina (Barcelona) dan Davinson Sánchez (Tottenham Hotspur).

Di lini tengah mereka memiliki Carlos Sánchez (Espanyol), James Rodríguez (Bayern Munich) dan Juan Cuadrado (Juventus)  sementara sebagai penyerang ada Carlos Bacca (Villarreal) dan kapten kesebelasan emreka yaitu Radamel Falcao.

Pemain Baru

Pekerman masih memliki pemain baru yang ia panggil namun belum pernah ia mainkan seperti Bernardo Espinosa, Víctor Cantillo dan Francisco Meza.

Kesimpulan

Walaupun mereka tak memiliki banyak pemain bintang di Eropa namun mereka mampu tampil hingga perempat final empat tahun lalu dan kini mereka berharap akan melakukkannya lagi, dimana kapten kesebelasan sekaligus striker anadalan mereka yaitu Radamel Falcao tak mengalami  cedera seperti saat itu.

James Rodriguez juga kembali memukau setelah diasuh oleh Jupp Heynckes di Bayern dimana ia sering melakukan tendangan voli yang menakjubkan. Dan berharap dengan performanya saat ini ia mampu membawa timnasnya keposisi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Namun mereka cenderung lemah dilini belakang dan hal ini perlu diwaspadai oleh Pekerman jika mereka ingin memburu gelar juara Piala Dunia bulan Juni mendatang.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup H)

Demikianlah info terlengkap panduan timnas Kolombia yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup H. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author