Panduan Piala Dunia 2018 Grup H Untuk Timnas Jepang

Di artikel sebelumnya, kami telah membahas panduan tentang negara yang lolos dibabak kualifikasi Piala Dunia 2018 dimana saat ini diselenggarakan di Rusia, namun kini kami ingin membahas lebih detil tentang negara yang berada di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup H, tepatnya untuk timnas Jepang.

Kualifikasi

Timnas Jepang Piala Dunia 2018

Timnas Jepang Piala Dunia 2018

Jepang berhasil lolos kualifikasi Piala Dunia zona Asia, setelah berhasil memuncaki papan klasemen grup B, yang berisikan Saudi Arabia, Australia, Uni Emirat Arab, Iraq dan Thailand. Mereka mampu memenangkan enam dari sepuluh pertandingan, yang ditebus dengan dua kekalahan. Mereka memiliki lini serang yang baik dengan mencetak 17 gol, sementara dilini belakang mereka juga cukup mapan dengan kebobolan tujuh gol.

Ini merupakan penampilan keenam mereka hingga samapai tahap ini. Terakhir kali mereka bermain di turnamen 2014 Brasil, namun gagal di babak kualifikasi Piala Dunia. Mereka pun kini berusaha untuk melebihi pencapaian terbaik mereka seperti tahun 2002 dan 2010, dimana mereka bisa mencapai perdelapan final.

Pelatih

Vahid Halilhodzic pelatih timnas Jepang 2018

Vahid Halilhodzic pelatih timnas Jepang 2018

Saat ini Jepang memiliki pelatih yang bukan dari negaranya yaitu Vahid Halilhodzic. Pelatih asal Yugoslavia itu sempat menjadi striker FK Velez Mostar, sebuah klub dari Bosnia Herzegovina, yang kemudian, direkrut Nantes dan PSG pada era 80-an. Ia juga sempat bermain ditimnas Yugoslavia walaupun tak sering.

Ia mulai menjalani karir sebagai pelatih tahun 1990, mulai dari Velez, Beauvais, Raja Casablanca, Lille, Rennes, PSG, Trabzonspor, Ittihad Jeddah, Côte d’Ivoire, Dinamo Zagreb bahkan sempat menjadi peltih timnas Aljazair, sebelum mengasuh timnas Jepang dari Maret 2015 lalu.

Ia memiliki beberapa penghargaan baik sebagai pemain maupun sebagai manajer, seperti membantu Lille memenangkan gelar juara Ligue 2 tahun 1999-2000, runner Up Ligue 1 2003-04 dengan PSG, dan memuncaki papan klasemen di Prva HNL bersama Dinamo Zagreb 2010-11. Dan masih ada lagi penghargaan di lemari trofinya.

Pemain Bintang

Shinji Kagawa,Shinji Okazaki Keisuke Honda

Shinji Kagawa, Shinji Okazaki dan Keisuke Honda (Ki-Ka)

Tim yang dijuluki The Samurai Blue, memiliki beberapa pemain yang berkarir di lintas Internasional diantaranya adalah bek Gōtoku Sakai (Hamburg), Yūto Nagatomo (Galatasaray). Hiroki Sakai (Marseille) dan Maya Yoshida (Southampton. Sementara dilini tengah ada Ryota Morioka (Anderlecht), kapten kesebelasan Makoto Hasebe (Eintracht Frankfurt) dan juga salah satu pemain bintang Borussia Dortmund, Shinji Kagawa.

Dilini depan mereka memiliki mantan pemain AC Milan Keisuke Honda, Yūya Ōsako (FC Koln), Yoshinori Mutō (Mainz 05) dan juga Shinji Okazaki yang kini membela Leicester City.

Pemain Baru

Halilhodzic memilik pemain baru yang belum dimainkan seperti bek Tomoya Ugajin, Shoya Nakajima, Ryō Hatsuse, dan Kohei Kato, dimana pada dasarnya mereka siap dimainkan.

Kesimpulan

Timnas jepang masih memiliki penjaga gawang andalan mereka yaitu Eiji Kawashima yang kini masih membela Metz namun, sayangnya usianya kini telah mencapai 35 tahun, yang mungkin akan bisa mempengaruhi performanya sedikit banyak terutama di kontes Internasional dimana banyak pemain bintang yang siap membobolkan gawangnya.

Walaupun mereka tidak memiliki banyak kekuatan pemain bintang seperti timnas rivalnya, mereka masih biusa mengandalkan Shinji Kagawa dan Shinji Okazaki sebagai pemain kunci terutama dengan pengalaman mereka saat ini.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup H)

Demikianlah info terlengkap panduan timnas Jepang yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup H. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author