Panduan Piala Dunia 2018 Grup G Untuk Timnas Tunisia

Di artikel sebelumnya, kami telah membahas panduan tentang negara yang lolos dibabak kualifikasi Piala Dunia 2018 dimana saat ini diselenggarakan di Rusia, namun kini kami ingin membahas lebih detil tentang negara yang berada di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup G, tepatnya untuk timnas Tunisia.

Kualifikasi

Timnas Tunisia Piala Dunia 2018 qualified

Timnas Tunisia Piala Dunia 2018 lolos Kualifikasi

Timnas Tunisa memang termasuk salah satu kuda hitam dalam Piala Dunia 2018 saat ini, dimana mereka hanya mampu lolos kebabak kualifikasi sebanyak empat kali (pada tahun 1978, 1998, 2002 dan 2006). Meskipun demikian, keterlibatannya dalam turnamen ini sudah sejak lama.  Sayangnya saat mereka lolos kebabak kualifikasi Piala Dunia zona Afrika, mereka selalu tertahan di kualifikasi grup dan tak pernam menuju pertandingan sebenarnya. Namun diharapkan dengan keberadaannya yang kelima mampu membuat mereka diperhitungkan dikemudian hari.

Tunisia hampir saja gagal lolos seandainya mereka kalah dalam pertarungan terakhir, di babak kualifikasi zona Afrika. Walaupun mereka bermain imbang saat menghadapi Lybia, namun satu poin tersebut bisa membuatnya berada dipuncak klasemen kualifikasi Grup A zona Afrika.

Mereka pun tak terkalahkan saat itu karena mereka memiliki daya serang yang cukup baik dengan mencetak 11 gol dari enam pertandingan saat itu. Namun pertahanan mereka lebih baik lagi, dimana mereka hanya kebobolan empat kali saja.

Pelatih

Nabil Maâloul Pelatih timnas Tunisia

Nabil Maâloul Pelatih timnas Tunisia

Saat ini Tunisia diasuh oleh Nabil Maâloul yang telah menggantikan Henryk Kasperczak pada akhir April 2017. Ia sebelumnya pernah menjadi pemain gelandang dibeberapa klub seperti ES Tunis, Hannover 96, Al Ahli, CA Bizertin, dan Club Africain, yang sebagian besar adalah klub sepak bola Tunisia. Ia pun pernah menjadi pemain bintang di timnas Tunisia selama satu dekade.

Setelah gantung sepatu di tahun 1996, ia melatih mantan klubnya, Club Africain, CA Bizertin, ES Tunis, serta sempat melatih El Jaish dan timnas Kuwait sebelum ia mengambil alih timnas Tunisia. Ia sempat meraih beberapa piala bersama ES Tunis (Tunisian Ligue Professionnelle 1: 2011 dan 2012, Tunisian Cup 2011, CAF Champions League 2011)  dan saat di El Jaish, ia sempat memenangkan Qatar Cup 2014.

Pemain Bintang

Youssef Msakni timnas Tunisia 2018

Youssef Msakni timnas Tunisia 2018

Tunisia memiliki beberapa pemain yang bermain di klub Eropa, namun tak ada uang menjadi bintang di klub tersebut. Sebut saja Oussama Haddadi dan Naïm Sliti (Dijon), Yohan Benalouane (Leicester City) dan Aymen Abdennour (Marseille). Meskipun demikian Youssef Msakni bisa dibilang menjadi salah satu pemain bintang mereka dimana striker Al Duhail, mampu berperan penting dalam babak kualifikasi, bahkan sempat mencetak Hattrick dalam kemenangan tandang menghadapi Guinea.

Pemain Baru

Nabil Maâloul  memiliki beberapa pemain yang telah dilibatkan dalam timnya namun belum pernah dimainkan seperti Mouez Hassen, Yohan Benalouane, Ghazi Ayadi, Saîf-Eddine Khaoui, Ellyes Skhiri, Bassem Srarfi yang semuanya berusia masih muda. Ada juga Alaeddine Marzouki, Hamza Jelassi dan Maher Ben Sghaier yang sedang menunggu giliran untuk menunjukkan kebolehannya.

Kesimpulan

Walaupun mereka telah mencatatkan diri sebagai salah satu timnas yang tak terkalahkan selama kampanye kualifikasi zona Afrika, namun performa mereka masih cenderung lemah, dan cukup mengkhawatirkan saat bertarung dengan timnas dengan level lebih tinggi. Namun, ini merupakan penampilan mereka kembali ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dari 12 tahun terakhir dan banyak pendukung mereka berharap Tunisia melangkah ke 32 besar Piala Dunia, melampaui tahap grup.

Nabil Maâloul bisa memantapkan pertahanan mereka yang cenderung solid,sambil meluncurkan serangan. Pasalnya dihadapan mereka masih banyak timnas yang tangguh yang bisa menaklukkan mereka jika mereka tak waspada.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup G)

Demikianlah info terlengkap panduan timnas Tunisa yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup G. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author