Panduan Piala Dunia 2018 Grup G Untuk Timnas Panama

Di artikel sebelumnya, kami telah membahas panduan tentang negara yang lolos dibabak kualifikasi Piala Dunia 2018 dimana saat ini diselenggarakan di Rusia, namun kini kami ingin membahas lebih detil tentang negara yang berada di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup G, tepatnya untuk timnas Panama.

Kualifikasi

Timnas Panama Piala Dunia 2018 qualified

Timnas Panama Piala Dunia 2018 lolos kualifikasi

Panama merupakan salah satu negara yang timnasnya lolos ke panggung raksasa kompetisi sepak bola dunia untuk pertama kalinya. Memang keterlibatannya selalu ada semenjak Piala Dunia 1978, namun mereka tak pernah masuk kualifikasi Piala Dunia, bahkan lolos kualifikasi di Zona Amerika Utara dan Tengah.

Namun saat ini meraka berhasil lolos dengan perjalanan yang cukup panjang dimana mereka bertengger diperingkat ketiga kualifikasi CONCACAF meraih tiga kemenangan dari sepuluh pertandingan yang ditebus dengan tiga kali kekalahan, saat melawan Mexico, Kosta Rika, Honduras, Amerika Serikat dan juga Trinidad & Tobago.

Mereka cenderung lemah dilini depan sementara dilini belakang, masih lebih baik walaupun bukan yang terbaik. Dengan sembilan gol dari sepuluh pertandingan tentu cukup menakjubkan mereka bisa sampai tahap ini, sementara kebobolan sepuluh gol dari sepuluh pertandingan, juga harus diwaspadai.

Pelatih

Hernan Darío Gomez Pelatih timnas Panama 2018

Hernan Darío Gomez Pelatih timnas Panama 2018

Saat ini timnas Panama diasuh oleh Hernan Darío Gomez dari pertengahan Februari 2014 lalu. Ia sempat menjadi pemain segabagi gelandang bertahan di klub asal Kolombia, Medellín dan Atlético Nacional dalam jangka waktu yang cukup singkat, kurang dari sepuluh tahun.

Ia pun mulai meniti karir sebagai pelatih sejak tahun 1991, di Atlético Nacional, timnas Kolombia (sebanyak dua kali), timnas Equador, timnas Guatemala, Independiente Santa Fe dan Medellín sebelum akhirnya mengambil alih kepelatihan di timnas Panama.

Memang ia belum menghasilkan penghargaan di klub yang dipimpinnya namun ia sempat membawa timnas Kolombia dan Ekuador lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia, seperti saat ini bersama Panama.

Pemain Bintang

Luis Tejada timnas panama 2018

Luis Tejada timnas panama 2018 (tengah)

Panama memiliki banyak pemain yang berkarir di Eropa namun tak ada yang bermain di klub papan atas Eropa, apalagi menjadi pemain bintang. Meskipun demikian, mereka memiliki Luis Tejada yang saat ini membela klub asal Peru, Sport Boys sejak Januari kemarin. Striker tersebut telah menyumbangkan 43 gol hingga saat ini untuk panama.

Pemain Baru

Hernan Darío Gomez memiliki pemain yang belum pernah diturunkan, seperti dua kipernya yaitu Orlando Mosquera dan Eric Hughes dan juga gelandang Francisco Castañeda. Disisi lain, ia juga memiliki beberapa pemain yang baru dijajal untuk merumput seperti José Fajardo, Ronaldo Dinolis, Jorman Aguilar, dan Carlos Small dilini depan, sementara gelandang Josimar Gómez, Eduardo Guerrero dan Óscar Villarreal, serta Sergio Ortega juga hanya baru satu dua kali diturunkan oleh sang pelatih.

Kesimpulan

Tak banyak yang bisa diharapkan oleh Panama untuk bisa menjuarai laga ini. Luis Tejada yang menjadi top skorer klub saat ini bersama Blas Pérez sayangnya telah memasuki usia 35 dan 37, yang tentunya walau pun mereka berpengalaman namun kecepatan mereka pasti jauh berkurang. Selain itu, banyak pemain yang diturunkan saat ini memiliki usia 30 keatas yang bisa merugikan Panama dalam waktu dekat, yang membuat banyak pihak khawatir mereka tak mampu mengimbanginya.

Menariknya kualifikasi pertama untuk Piala Dunia membuat negara tersebut meresmikan hari tersebut sebagai hari libur nasional. Sepertinya Panama beranjak untuk merambah  dunia sepak bola setelah mereka terkenal dengan Base ballnya. Namun walaupun mereka sebagai kuda hitam di Piala Dunia 2018 ini, tentu mereka akan bertambah poluler seandainya mereka lolos dalam babak kualifikasi Grup G dan masuk ke 32 besar.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup G)

Demikianlah info terlengkap panduan timnas Panama yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup G. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author