Panduan Piala Dunia 2018 Grup E Entuk Timnas Kosta Rika

Sebelumnya kami telah membahas panduan tentang timnas yang lolos dibabak kualifikasi di Piala Dunia 2018 Rusia, namun kini kami ingin membahas timnas yang berada di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup E, tepatnya untuk timnas Kosta Rika.

Kualifikasi

Timnas Costa rica Piala Dunia 2018 qualified.jpg

Timnas Kosta Rika Piala Dunia 2018

Perjalanan timnas ini untuk dapat lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia 2018 terbilang cukup panjang namun mereka mampu melewatinya dengan baik hingga saat ini. Mereka dinyatakan lolos saat bermain imbang menghadapi Honduras pada tanggal 7 Oktober lalu di babak kelima kualifikasi CONCACAF, walaupun masih memiliki satu pertandingan tersisa dan mengakhirinya dengan berada diperingkat kedua

Ini merupakan penampilan kelima mereka di Piala Dunia. Mereka terakhir kali berpartisipasi di turnamen ini pada saat Piala Dunia 2014, pencapaian terbaik dibandingkan dengan kehadiran mereka sebelumnya. Pasalnya, saat itu mereka berhasil mencapai tahap perempat final, namun kalah adu penalti saat menghadapi timnas Belanda. Itu merupakan prestasi yang mengagumkan untuk negara yang populasinya dibawah 5 juta penduduk.

Kosta Rika memiliki lini serang yang baik dan pertahanan yang baik juga. Hal ini terbutki saat mereka berada ditahap keempat, dimana mereka memuncaki papan klasemen, saat satu grup dengan Panama, Haiti dan Jamaika, sementara di tahap kelima, dimana peringkat 1 dan 2 dari Grup A, B dan C, diadu lagi untuk menentukan empat besar, mereka meraih posisi kedua baik dalam hal peringkat, daya serang maupun kemampuan bertahan.

Pelatih

Óscar Ramírez pelatih timnas Kosta Rika 2018

Óscar Ramírez pelatih timnas Kosta Rika 2018

Kosta Rika saat ini diasuh oleh Óscar Ramírez, seorang mantan pemain gelandang yang bermain di beberapa klub papan atas di Kosta Rika dan juga membela sempat negaranya. Ia pun beralih karir setelah gantung sepatu, menuju jenjang kepelatihan walaupun awalnya menjadi asisten pelatih. Ia sempat mengasuh Alajuelense, klub papan atas di Kosta rica dan sempat memenangkan lima gelar liga, sebelum akhirnya a diajukan untuk menjadi pelatih timnas pada bulan Agustus 2015 lalu.

Pemain Bintang

 

Kosta Rika memiliki banyak pemain yang berkarir diluar negeri, namun hanya sedikit yang menonjol. Sebut saja kapten kesebelasan mereka yaitu Bryan Ruiz, yang bermain sebagai penyerang di Sporting CP Portugal, ditambah Celso Borges sebagai pemain gelandang yang saat ini membela Deportivo La Coruna. Dan yang paling penting adalah penjaga gawang andalan mereka yaitu Keylor Navas, yang kini menjadi bintang di Real Madrid.

Pemain baru

Kosta Rika memiliki banyak pemain yang berusia pas untuk dimainkan dan berpengalaman. Namun ada beberapa pemain yang belim mereka turunkan di lintas Internasional, seperti pemain gelandang Jimmy Marín dan Randall Leal serta kiper Aaron Cruz.

Kesimpulan

Banyak pihak yang memandangnya dengan sebelah mata, dan menjadi timnas yang tak diunggulkan, namun dengan daya serang yang baik dan pertahanan yang solid, bisa akan mengejutkan banyak pihak dalam kompetisi ini.

Namun Kosta Rika juga perlu waspada mengingat pemain andalan mereka yang berpengalaman juga terbatas,sehingga pendistribusian peta kekuatan harus diatur dengan baik oleh Oscar Ramirez.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup E)

Demikianlah info terlengkap  panduan timnas kosta Rika yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup E. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author