Panduan Piala Dunia 2018 Grup D Untuk Timnas Kroasia

Di artikel sebelumnya, kami telah membahas panduan tentang negara yang lolos dibabak kualifikasi Piala Dunia 2018 grup D yang saat ini diselenggarakan di Rusia. Namun saat ini kami ingin membahas lebih rinci untuk masing-masing negara yang berada didalamnya, tepatnya untuk timnas Kroasia.

Kualifikasi

Timnas Kroasia Piala Dunia 2018 qualified

Timnas Kroasia Piala Dunia 2018 qualified

Memang Timnas Krosia, sebelumnya telah begabung dengan timnas Yugoslavia sejak turnamen pertama kali ini diadakan sampai pada Piala Dunia 1994 kemarin. Namun mereka mulai mandiri pada Piala Dunia 1998, bahkan mereka langsung menjadi juara ketiga saat itu, saat mereka timnas Belanda dengan skor 1-2.

Mereka lolos kebabak kualifikasi Piala Dunia 2018 setelah dipaksa oleh Islandia melakukan babak tambahan, karena di kualifikasi Piala Dunia zona Eropa grup I, mereka berada diperingkat kedua. Merekapun mampu lolos di tambahan itu untuk bersama peringkat kedua gurp lainnya, seperti  Swiss, Italia, Denmark, Kroasia,Swedia, Irlandia Utara,Yunani dan Irlandia. Dan saat mereka diadu menghadapi Yunani, mereka mampu menaklukkannya dengan skor 4-1.

Korasia mampu kuat dilini depan dimana pada babak kualifikasi gurp I, menreka menyarangkan 15 gol dari 10 laga yang dimainkan, sementara di sisi pertahanan, mereka mampu meredam empat gol yang ditujukan kepada mereka. Sayang pada saat pertarungan menghadapi runner up di grup lainnya, mereka tak tajam dimulut gawang walaupun pertahanan mereka tetap solid.

Pelatih

Zlatko Dalic pelatih timnas Kroasia 2018

Zlatko Dalic pelatih timnas Kroasia 2018

Saat ini Kroasia diasuh oleh Zlatko Dalic, pelatih keturunan Kroasia, yang mernah menjadi pemain gelandang di beberapa klub dibebagai negara seperti Kroasia (Hajduk Split, Dinamo Vinkovci, Varazdin), Montenegro (Budućnost Titograd), dan Bosnia Herzegovina (Velez Mostar).

Ia pun kemudian menjadi pelatih Vateks sejak lima tahun gantung sepatu pada tahun 2004, dan sempat melatih asisten timnas Kroasia U21. Ia kemudain melatih klub asal Kroasia lagi yaitu Rijeka, Dinamo Tirana dan laven Belupo, sebelum ia beralih ke klub jajaran Arab seperti Al-Faisaly FC, Al-Hilal dan Al-Ain. Dan akhirnya mengasuh timnas Kroasia, menggantikan Ante Cacic, yang dipecat karena membawa timnya mengalami kekalahan beruntun menghadapi Islandia dan Turki, serta bermain imbang menghadapi timnas berperingkat rendah

Pemain Bintang

Andrej Kramaric Timnas Kroasia heading

Andrej Kramaric saat timnas Kroasia hadapi timnas Ukraina

Kroasia  juga memiliki banyak pemain yang berkarir di negara lain terutama di klub papan atas di Eropa dan beberapa pemainnya menjadi bintang. Mereka memiliki pemain seperti Šime Vrsaljko (Atletico Madrid), Ivan Strinic (Sampdoria) dan Dejan Lovren (Liverpool). Dan sementara dilini tengah ada Ivan Perisic dan Marcelo Brozovic (Inter Milan), Milan Badelj (Fiorentina), Ivan Rakitic (Barcelona), Mateo Kovacic dan kapten kesebelasan mereka Luka Modric  (Real Madrid).

Di lini depan mereka memiliki Nikola Kalinić (AC Milan) Mario Mandžukić (Juventus), pemain Juventus yang dipinjamkan Schalke 04, Marko Pjaca serta striker Hoffenheim yang sedang naik daun, Andrej Kramaric.

Kesimpulan

Kroasia berhasil lagi masuk kebabak kualifikasi Piala Dunia, namun kali ini, mereka ingin lolos dan mencapai setidaknya 32 besar. Hal itu memungkinkan terutama setelah Zlatko Dalic mengambil alih kepelatihan saat mereka berada di babak kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, yang menaklukkan Yunani dengan sukses.

Selain itu Kroasia memiliki pemain yang sangat berkualitas di lini tengah dam mereka diyakini masih bisa meningkatkan daya serang mereka,serta mempertahankan lini belakang mereka yang sudah matang. Sulit menjatuhkan mereka dengan mudah.

Baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup D

Demikianlah info terlengkap panduan timnas Kroasia yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup D. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author