Panduan Piala Dunia 2018 Grup B Untuk Timnas Portugal

Kami telah membuat panduan tentang timnas yang bermain di Piala Dunia 2018 Rusia untuk Grup B, namun kami akan membahas lebih jauh tentang salah satu timnas yang bermain didalamnya, dalam artikel panduan Piala Dunia 2018 Grup B untuk timnas Portugal.

Kualifikasi

Timnas Portugal piala dunia 2018 terbaru

Timnas Portugal piala dunia 2018 terbaru

Portugal masuk ke babak kualifikasi Piala Dunia 2018 ini dengan cukup baik walau tak sempurna. Pasalnya dari sepuluh pertandingan di babak grup B kualifikasi UEFA, mereka memenangkan semua pertandingan kecuali satu,saat menghadapi Swiss pada akhir Maret tahun lalu, dengan skor tipis 2-3. Rival satu grupnya yaitu Swiss,juga memenangkan semua pertandingan kecuali satu saat menghadapi Portugal di putaran terakhir babak kualifikasi. Dengan poin yang sama, Portugal memiliki selisih gol masuk dan kemasukkan lebih besar dari mereka.

Pelatih

Fernando Santos pelatih timnas Portugal saat ini

Fernando Santos pelatih timnas Portugal saat ini

Setelah menggantikan Paulo Bento pada September 2014 lalu, Fernando Santos mampu tampil cemerlang membawa Portugal kepermukaaan. Walau baru tiga tahun ia memimpin tim tersebut, dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Portugal, yang membuat kontraknya diperpanjang hingga 2020 mendatang

Pasalnya mantan pelatih Sporting CP, Benfica dan timnas Yunani tersebut telah memenangkan semua laga kecuali satu dari 17 pertandingan kualifikasi yang telah dimainkan Portugal sejak ia merebut kendali pada bulan September 2014.

Pemain Bintang

Cristiano Ronaldo dan Andre Silva timnas Portugal

Cristiano Ronaldo dan Andre Silva timnas Portugal

Portugal memiliki banyak pemain bintang yang bermain di klub papan atas Eropa seperti Cristiano Ronaldo, Pepe, João Cancelo, Bernardo Silva,  Anthony Lopes, Nélson Semedo, André Gomes, Nani, Gelson Martins dan masih banyak lagi. Tentu tak heran keperkasaannya di babak kualifikasi grup UEFA mampu membuat mereka berada diperingkat pertama klasemen grup.

Kapten kesebelasan mereka yang merupakan bintang Real Madrid Ronaldo, mampu berjaya digawang lawan dengan menyarangkan 15 gol dalam sembilan pertandingan di babak kualifikasi Piala Dunia tersebut, dan tak tertahankan. Mungkin ini adalah usaha terakhirnya, untuk bermain di kompetisi termegah sepak bola dengan usianya yang menyentuh 33 tahun, dan berharap dapat membawa piala tersebut untuk pertama kalinya bagi negara tersebut.

Striker AC Milan, Andre Silva berada dibelakangnya mencetak sembilan gol dan membentuk kemitraan mematikan dengan Ronaldo.

Pepe tetap menjadi basis pertahanan Portugal, sementara Ricardo Quaresma dan Joao Moutinho terus memberikan kontribusi penting. Untuk ketiganya, Rusia akan menjadi peluang terakhir mereka meraih kemuliaan Piala Dunia.

Pemain baru

Pemain sayap Paris Saint Germain yang dipinjamkan menuju Valencia yaitu Goncalo Guedes, sempat  membuat dua penampilan pada tahun 2015 lalu sebagai pemain berusia 18 tahun namun ia bisa kembali memperkuat timnas saat ini.

Pemain yang hilang

Bruno Alves sudah memasuki masa pensiun walaupun masih aktif di Rangers FC, sementara Jose Fonte sudah berusia 34 tahun namun masih aktif membela Dalian Yifang, klub asal negeri tirai bambu keduanya diragukan keterlibatannya lebih jauh dan digantikan oleh Raphael Guerreiro. Walaupun sempat absen dalam banyak kampanye kualifikasi namun telah membuktikan dirinya sebagai tiruan pendahulunya. Fabio Coentrao juga bisa menggantikan kedua seniornya, namun sangat rawan cedera.

Kesimpulan

Kekhawatiran penggemar mereka akan pertahanan Selecao, dimana diisi oleh pemain berpengalaman yang berusia, mungkin bisa ditepis dengan banyak pemain Portugal lainnya yang pengalaman di lini serang, baik di klub maupun timnas, sementara pemain muda mereka juga sangat berpotensi, walaupun hanya sedikit dari mereka yang dianggap sebagai starter reguler bagi klub mereka. Namun dengan keberadaan mereka di klub papan atas, seperi Andre Silva (Milan), Joao Mario (Internazionale) dan Bernardo Silva (Manchester City), akan membuat mereka siap dimainkan kapanpun walau hingga saat ini mereka harus menjadi pemain cadangan.

Selama bertahun-tahun Portugal berjuang untuk menemukan pencetak gol yang handal selain Ronaldio, namun pencarian itu sepertinya serpertinya telah berakhir saat Andre Silva telah memulai karir internasionalnya dengan cara yang spektakuler dan memiliki chemistry yang bagus degnan dengan Ronaldo, berbagi 24 gol di babak kualifikasi.

Bernardo Silva juga tampil apik bersama Manchester City, walaupun ia bermain sebagai pemain gelandang, namun banyak yang ingin melihat aksinya lebih banyak lagi dalam hal penyerangan, yang mungkin bisa dimanfaatkan sang pelatih kedepannya.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup B)

Demikianlah info terlengkap  panduan timnas Portugal yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup B. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author