Panduan Piala Dunia 2018 Grup A Untuk Timnas Saudi Arabia

Setelah membuat panduan tentang timnas yang bermain di Piala Dunia 2018 Rusia untuk Grup A, kini kami akan membahas  lebih jauh tentang salah satu timnas yang bermain didalamnya, dalam artikel panduan Piala Dunia 2018 Grup A untuk timnas Saudi Arabia.

Kualifikasi

Timnas Saudi Arabia Piala Dunia 2018 Terbaru

Timnas Saudi Arabia Piala Dunia 2018 Terbaru

Arab Saudi tak masuk dalam kancah pertarungan hingga Piala Dunia 1978 , namun hingga Piala Dunia 1990, mereka gagal untuk masuk ke babak kualifikasi. Mereka pun baru bisa melangkah lebih jauh pada Piala Dunia 1994 dan meraih pencapaian tertinggi dibabak 16 besar namun ditaklukkan oleh Swedia dengan skor 3-1. Di turnamen berikutnya, mereka hanya mencapai babak kualifikasi grup saja namun di Piala Dunia 2010 -2014, mereka gagal lagi masuk ke babak kualifikasi.

Para pendukung sempat putus asa untuk kemampuan timnasnya mencapai Rusia. Namun dipimpin oleh Bert Van Marwijk, mereka mampu melakukannya dengan sedikit keberuntungan di sepanjang jalan. Kemenangan terhadap Jepang mampu mebuat perbedaan pada akhirnya, walaupun mereka memiliki poin yang sama dengan Australia, namun dengan selisih gol mereka mampu berhasil lolos, langsung mendapatkan tempat di Piala dunia.

Keberuntungan mereka juga dilanjutkan karena Van Marwijk meninggalkan timnas setelah mereka lolos kebabak kualifikasi grup dimana hal ini dikarenakan ia tak menyetujui kontrak baru dengan Saudi Arabian Football Federation.

Pelatih

Kepergian Van Marwijk membuat beberapa pihak merasa kecewa apalagi mantan pelatih Feynoord, Borussia Dortmund, dan timnas Belanda itu akhirnya berlabuh menuju rivalnya, timnas Australia. Sempat digantikan oleh Edgardo Bauza, namun hanya berselang dua bulan, kini posisinya digantikan oleh Juan Antonio Pizzi.

Juan Antonio Pizzi Pelatih Timnas Saudi Arabia

Juan Antonio Pizzi Pelatih Timnas Saudi Arabia

Pizzi merupakan mantan striker dari beberapa klub terkenal salah satunya Valencia, Barcelona, River Plate dan FC Porto. Ia pun sempat membela timnas Soanyol selama empat tahun. Namun setelah ia gantung sepatu, ia mulai mangambil karir kepelatihan  terutama Valencia, Club Leon (Mexico) dan timnas Chile. Ia pun pernah yang memimpin Chile ke Copa America Centenario pada tahun 2016.

Pemain Bintang

Nawaf Al-Abed gelandang saudi arabia

Nawaf Al-Abed gelandang saudi arabia

Saudi Arabia tak memiliki banyak pemain internasional, bahkan diantaranya tak ada yang menjadi bintang di Eropa. Sebagian besar pemain merupakan pemain rumahan di negaranya sendiri. Salah satunya adalah Nawaf Al-Abed yang telah mencetak banyak gol dan memberikan asisst untuk timnya. Pemain gelandang yang bermain di Levante yaitu Fahad Al Muwallad, juga bisa diandalkan.

Osama Hawsawi yang telah lama membela timnas selama lebih dari satu dekade mungkin juga bisa diturunkan untuk menjadi bek tengah mereka. Walaupun usianya telah mencapai 33 tahun, pengalamannya masih bisa digunakan.

Pemain baru

Van Marwijk sempat memberikan memanggil bek kanan dari Al Hilal yaitu Mohammed Al-Breik dan berusia 25 tahun itu mampu tampil baik di bawah tekanan dimana tereakhir kali diturunkan saat menghadapi Moldiva tanggal 26 Februari 2018 kemarin.

Pemain yang Hilang

Nasser Al Shamrani merupakan pemain yang sempat menjadi Asian Player of the Year 2014 namun ia hanya menjadi sterter dalam satu pertandingan di babak kualifikasi. Namun striker berusia 34 tahun itu mungkin tak bisa diturunkan lebih sering di pertandingan berikutnya, bahkan tidak sama sekali.

Kesimpulan

Kehilangan pelatih berpengalaman, Bert Van Marwijk, dikhawatirkan sangat besar dimana ia pada dasarnya telah mengenal para pemain dan kehaliannya, dan mereka pun juga telah memahami strateginya. Pelatih penggantinya yaitu Edgardo Bauza mungkin tak bisa mengenal skuadnya lebih lama, yang membuatnya digeser dari kursi kepelatihan. Namun banyak pihak yang bertanya mungkinkah Pizzi bisa seefektif saat dia bersama Chile dalam waktu singkat. Belum lagi masalah minimnya pemain mereka untuk bertarung dilintas Internasional.

Kapten kesebelasan mereka yaitu Osama Hawsawi, juga sudah berusia 33 tahun, walaupun berpengalaman, namun ia menunjukkan penurunan performa dan ini akan menambah panjang  daftar pemain muda yang diperlukan oleh Saudi Arabia.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup A)

Demikianlah info terlengkap  panduan timnas Saudi Arabia yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup A. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author