Panduan Piala Dunia 2018 Grup A Untuk Timnas Rusia

Setelah membuat panduan tentang timnas yang bermain di Piala Dunia 2018 Rusia untuk Grup A, kini kami akan membahas  lebih jauh tentang sang tuan rumah dalam artikel panduan Piala Dunia 2018 Grup A untuk timnas Rusia.

Kualifikasi

Para pemain Timnas Rusia Piala Dunia 2018

Para pemain Timnas Rusia Piala Dunia 2018

Seperti yang kita ketahui bahwa Rusia selaku tuan rumah penyelenggara tuan rumah kali ini, mereka secara otomatis lolos ke babak kualifikasi grup. Tentu langkah mereka lebih mudah untuk bertarung mendapatkan piala turnamen bergengsi sepak bola dunia tersebut. Namun hal tersebut juga berpengaruh buruk bagi mereka karena dengan tidak adanya kualifikasi untuk dimainkan, timnas mereka tak memliki lawan main untuk menjajal kemampuan mereka.

Mereka pun akhirnya melakukan pertandingan persahabatan pada bulan Oktober lalu dengan beberapa timnas lain seperti Korea Selatan, dan Iran pada bulan Oktober serta Argentina dan Spanyol pada bulan berikutnya. Walaupun mereka tak terkalahkan kecuali saat menghadapi Argentina, namun sepertinya hal tersebut tak maksimal jika dihadapkan dipertarungan yang sebenarnya, meskipun bereka masih mencoba menjajal kemampuan timnas Brasil dan Prancis pada bulan Maret ini.

Pelatih

Pelatih Rusia Stanislav Cherchesov 2018

Pelatih Rusia Stanislav Cherchesov 2018Pelatih Rusia Stanislav Cherchesov 2018

Rusia sendiri akan dibawah komando Stanislav Cherchesov, yang diangkat pada Agustus 2016 dengan kontrak dua tahun, menggantikan pendahulunya Leonid Slutsky gagal berjaya di Euro 2016. Ia merupakan mantan penjaga gawang timnas Uni Soviet dan Rusia,  dan sempat menjadi penjaga gawang tebaik di Uni Soviet tahun 1989-90 dan di Rusia tahun 1992.

Ia sempat bermain di beberapa klub seperti Spartak Moscow bahkan sampai empat kali kedatangannya di klub tersebut setelah sempat pindah kebeberapa klub rivalnya, namun ia berhasil membantu timnya meraih dua gelar di Soviet Top League  dan dua gelar di Russian Premier League. Ia juga sempat menuju Austria membela Tirol Innsbruck dan membantu tim tersebut meraih tiga gelar juara Bundesliga Austria.sebelum mengakhiri karirnya bermain kembali di Spartak.

Setelah gantung sepatu, ia mulai melatih klub di Austria dan di Rusia hingga belakangan mulai 2014 ia mengasuh Dynamo Mocow dan Legia Warsaw sebelum akhirnya menlatih timnas Rusia.

Pemain

Rusia mereka tak memiliki pemain berkualitas tinggi dan telah ditinggalkan oleh beberapa pemain veteran mereka. Hal ini memaksa Cherchesov mencari pemain muda berbakat dari tanah airnya. Hasilnya terlihat jelas bahwa pemain seperti itu sangat jarang dan kurang berpengalaman, apalagi yang menjadi pemain bintang di Liga Eropa.

igor akinfeev kiper russia 2018

Igor Akinfeev kiper russia saat ini

Kiper andalan CSKA Moscow yaitu Igor Akinfeev, tetap menjadi kiper pilihan pertama dan telah membuktikan kemampuan terbaiknya dalam banyak kesempatan. Selain itu rekan satu klubnya, yaitu Alan Dzagoyev, juga bisa menjadi andalan sebagai gelandang box-to-box serbaguna walaupun rawan cedera.

Pendatang Baru

Pemain bertahan serba guna Konstantin Rausch sempat bermain di Jerman membela Hannver, Stuttgart, Darmstadt dan FC Koln, namun pada Januari 2018 kemarin, ia kembali ke Rusia untuk bergabung membela Dynamo Moscow. Ia pun baru dimainkan ditimnas mulai tahun lalu. Selain itu ada juga pendatang baru lainnya yang bermain sebagai bek tengah yaitu Georgiy Dzhikiya.

Pemain yang hilang

Pemain veteran Sergei Ignashevich, bersama dengan Vasili dan Alexei Berezutskiy, telah memasuki usia pensiun. Padahal pemain berpengalaman tersebut bisa sangat membantu timnasnya, seandainya usia tak mengganggunya. Ini merupakan kehilangan besar dilini belakang Rusia.

Kehilangan tiga pemain veteran tersebut digantikan oleh Victor Vasin, Fedor Kudryashov dan Georgiy Dzhikiya, dimana  semuanya telah dikritik karena kesalahan teknis dan posisi buruk dalam pertandingan terakhir. Meskipun demikan hal tersebut tak akan dipermasalahkan Cherchesov karena ia menganggap mereka sebagai satu-satunya pilihan defensif untuk Piala Dunia.

Selain itu, walau Igor Akinfeev tak diragukan sebagai kiper terbaik Rusia, namun ia telah membuat beberapa kesalahan mahal di turnamen besar seperti Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2017 lalu.

Pemain sayap veterang Andrei Arshavin mungkin bisa saja dipanggil kembali dimana ia merupakan satu-satunya pemain Rusia yang meraih pengakuan internasional dalam 15 tahun terakhir. Walaupun ia tak dilibatkan dalam timnas sejak 2012 lalu, pemain berusia 36 tahun itu masih aktif mencetak gol di FC Kairat, sebuah klub yang bermain di Kazakhstan Premier League, yang mungkin masih bisa membantu Cherchesov, terlepas dari kondisi fisiknya yang rentan cedera.

Pencetak gol terbanyak di Liga Primer Rusia pada kampanye 2016 dan 2017 yaitu Fedor Smolov dari Krasnodar dan Zenit Alexander Kokorin belum bersinar di tingkat internasional. Jika dalam kondisi bagus, mereka juga akan bersaing memperebutkan posisi striker tunggal atau membentuk duet menyerang.

(baca juga : Panduan Piala Dunia 2018 Rusia Untuk Grup A)

Demikianlah info terlengkap  panduan timnas Rusia yang bermain di Piala Dunia 2018 untuk Grup A. Menurut anda, bagaimanakah peluang mereka?

About The Author