Liverpool Membayar Terlalu Mahal Untuk Seorang Kiper

Mantan gelandang Liverpool yaitu Jason McAteer, mengungkapkan bahwa Liverpool membayar terlalu mahal untuk seorang kiper, namun diyakini mereka tak ada pilihan lain. Hal ini merujuk kepada Alisson Becker dimana ia diboyong dari AS Roma musim panas lalu yang sempat menjadi kiper yang ditebus dengan harga termahal di dunia sebelum kedatangan Kepa Arrizabalaga menuju Chelsea.

Liverpool dan bursa transfer musim panas 2018

Memang demi meningkatkan performa timnya di musim baru dan menjadi pesaing tangguh di berbagai kompetisi, , Liverpool merekrut empat pemain berkualitas yang cocok untuk kebutuhan mereka saat ini. Mereka adalah Naby Keita, Fabinho, Xherdan Shaqiri dan terakhir Alisson. Mereka dibutuhkan untuk menutupi pertahanan The Reds yang cenderung lemah, kecuali Shaqiri, dimana Klopp berniat tak andalkan Salah untuk mencetak gol dan mencari pemain cadangannya jika para penyerang mereka mengalami hal-hal yang tak diinginkan.

Liverpool berhasil merekrut Alisson Becker mengalahkan Gianluigi Buffon dan Ederson

Liverpool berhasil merekrut Alisson Becker mengalahkan Gianluigi Buffon dan Ederson

Yang menarik dari bursa transfer musim panas 2018  Liverpool adalah, perekrutan Alisson. Pasalnya mereka memboyongnya dengan harga tinggi dari AS Roma, yaitu sebesar 62 juta poundsterling atau 72,5 juta euro, mengalahkan tebusan transfer kiper tertinggi saat itu, yaitu Ederson Moraes (lebih mahal jika dibandingkan dalam poundsterling) dan Gianlugi Buffon (lebih mahal jika dibandingkan dalam euro). Namun empat minggu kemudian, Chelsea membawa Kepa Arrizabalaga dengan tebusan 71 juta poundsterling atau 78,8 juta euro dari Athletic Bilbao, dan mengalahkan semuanya.

Liverpool dan Alisson Becker

Mantan pemain Liverpool yaitu Jason McAteer meyakini bahwa harga yang diminta oleh Athletic adalah hasil negosiasi yang tangguh dari pihak Spanyol, yang sangat mengetahui kebutuhan Liverpool. Mereka memaksa The Reds untuk merogoh kantong lebih dalam untuk mengatasi kelemahan yang jelas di skuad mereka di musim sebelumnya.

Ia pun mengungkapkan kepada media Express Sport tentang upaya Klopp untuk menggantikan Loris Karius dan Simon Mignolet den gan mengatakan, “Ada area perbaikan yang harus dibuat. Tentu saja setelah final Liga Champions [karius melakukan dua kali kecerobohan], jelas bahwa area penjaga gawang adalah posisi nomor satu yang perlu ditangani.”.

Loris Karius melakukan blunder sehingga Karim Benzema mudah mencetak angka di final Liga Champions 2017-18

Loris Karius melakukan blunder sehingga Karim Benzema mudah mencetak angka di final Liga Champions 2017-18

Dia menambahkan: “Saya pikir penjaga gawang – seperti pemain didepannya – muncul dengan harga premium sekarang. Jadi, mengetahui Liverpool berada di pasar karena seorang kiper, memberi harga premium pada biaya transfer, tapi begitulah. “

“Namun Saya pikir [Alisson] adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu – dengan Jurgen dan filosofinya, dia menyukai seorang penjaga yang bermain dari lini belakang dan merasa nyaman dengan kakinya.”.

Alisson sempat membuat kesalahan seperti sebelum jeda internasional melawan Leicester, namun kembali ke performa terbaiknya saat menghadapi Tottenham pada pekan lalu Sabtu dan membawa Liverpool meraih kemenangan 100% dalam lima pertandingan peradana di Premier League musim ini.

Alisson menyelamatkan gawang Liverpool saat menghadapi Leicester City Premier LEague 2018-19

Alisson menyelamatkan gawang Liverpool saat menghadapi Leicester City Premier LEague 2018-19

Jika Jason McAteer benar tentang Liverpool rela membayar terlalu mahal untuk seorang kiper, maka dikahwatrikan ada kesulitan untuk perekrutan pemain bagus untuk seluruh sektor mulai dari lini depan hingga penjaga gawang. Artinya beban tersebut akan dilimpahkan kepada para penggemar sepak bola pada akhirnya, entah karena peningkatan harga tiket, atau produk sponsor yang semakin mahal. Bagaimana menurut Anda?

About The Author