Florentina Perez Tunjuk Julen Lopetegui Sebagai Pelatih Real Madrid Berikutnya

Hari ini Real Madrid resmi memperkenalkan pelatih barunya kepada publik yaitu Julen Lopetegui. Pasalnya pelatih mereka sebelumnya yaitu Zinedine Zidane, tak ingin memperpanjang lagi masa baktinya di klub, padahal performanya sangat bagus dimana ia menghasilkan banyak piala di setiap musim keberadaannya di klub.

Sekilas Kepelatihan Zinedine Zidane

Setelah menjadi pemain bintang di berbagai klub seperti Cannes, Bordeaux, Juventus dan mengakhirinya di Real Madrid, Zidane melanjutkan karirnya sebagai pelatih di klub cadangan Real Madrid pada tahun 2014. Namun pada awal Januari 2016, ia dipercaya untuk melatih tim utama, setelah pelatih sebelumnya yaitu Rafael Benitez dilengserkan dari kursi jabatannya oleh klub.

Zinedine Zidane saat meraih piala Liga Champions ketiga dengan Real Madrid

Zinedine Zidane saat meraih piala Liga Champions ketiga dengan Real Madrid

Dibawah asuhannya, Madrid berhasil mengantongi tiga piala Liga Champions, sepasang UEFA Super Cup dan FIFA Club World Cup, serta sebuah piala La Liga dan Supercopa de Espana. Belum lagi serangkaian piala individual saat mengasuh Madrid. Namun di akhir Mei 2018, ia mengundurkan diri dari jabatannya, dan mengakhiri kejayaan selama dua tahun lebih.

Real Madrid Menemukan Pengganti Zinedine Zidane

Madrid pun segera mencari pengganti pelatihnya, dimana ada beberapa kandidat seperti Luiz Enrique, Arsene Wenger, Mauricio Pochettino, Andre Villas-Boas dan Michael Laudrup. Namun ternyata tak ada satu pun yang terwujud. Dan akhirnya Madrid melakukan kesepakatan dengan Julen Lopetegui.

Sekilas Kepelatihan Julen Lopetegui

Lopetegui sempat bermain di tim cadangan Madrid diawal karirnya sebagai kiper, namun ia tak mendapatkan tempat di tim utama bahkan ia malah sempat dipinjamkan menuju Las Palmas. Setelah beralih menuju CD Logrones, Ia sempat bermain untuk Barcelona, namun lagi-lagi ia gagal mendapatkan tempat di tim utama. Barulah ia mengakhiri karirnya dengan baik di Rayo Vallecano.

Ia kemudian melanjutkan karirnya di timnas Spayol U17 sebagai asissten pelatih pada tahun 2003, dan sempat menjadi pelatih di Rayo Vallecano, namun karirnya tak mulus, dan putus selama semusim. Tujuh tahun kemudian ia dipercaya lagi untuk mengasuh timnas muda Spanyol U19 hingga U20, namun pada musim panas 2014 ia ditunjuk menjadi pelatih FC Porto di Portugal. Namun selama satu setengah tahun dengan pembelanjaan pemain terbesar selama sejarah klub Ia tetap tak mampu memenangkan gelar apapun.

Julen Lopetegui timnas Spanyol 2018

Julen Lopetegui saat memimpin timnas Spanyol 2018

Enam bulan kemudian ia dipercaya untuk mengelola timnas Spanyol, menggantikan Vicente del Bosque yang pensiun. Ia pun membawa timnas Spanyol lolos babak kualifikasi Piala Dunia 2018, tak terkalahkan dalam fase tersebut.

Penunjukkan Julen Lopetegui Sebagai Pelatih Real Madrid

Sebelumnya Madrid sempat mengumumkan bahwa Julen Lopetegui akan menjadi pelatih Real Madrid setelah Piala Dunia 2018 di Rusia, bahkan mereka juga menyebutkan bahwa ia akan dikontrak selama tiga musim kedepan. Namun pengumuman tersebut membuatnya diberhentikan oleh timnas Spanyol dan digantikan oleh Fernando Hierro.

Julen Lopetegui dan Florentina Perez bersalaman

Florentina Perez menunjuk Julen Lopetegui sebagai Pelatih Real Madrid Berikutnya

Florentino Pérez menyambut Lopetegui dan mengatakan di situs resmi Madrid, “Para madridista ingin menyambut kembali seseorang yang mengenal klub ini dengan baik dan telah menunjukkan betapa hebatnya dia sebagai seorang profesional,”.

Akan menarik untuk melihat masa depan Real Madrid ditangan pelatih barunya yaitu Julen Lopetegui. Mungkinkah ia mampu memboyong gelar juara La Liga dari tangan Barcelona? Atau bahkan melanjutkan gelar Liga Champions seperti yang telah dilakukan Zinedine Zidane? Bagaimana menurut Anda?

 

About The Author