Emery Butuh Waktu Lama di Arsenal

Mantan bintang Arsenal yaitu Lee Dixon sempat membela Unay Emery dimana efek keberadaannya di Emirates Stadium akan membutuhkan waktu yang cukup lama di Arsenal dibandingkan seharusnya . Setidaknya dua jendela transfer dengan perekrutan positif, akan mampu memulihkan keperkasaan Arsenal di kompetisi domestik, maupun Internasional.

Unai Emery dan Arsenal

Memang tak mudah bagi Emery untuk memulihkan kredibilitas Arsenal sebagai salah satu dari tim empat besar yang merajai di Liga Inggris. Apalagi dengan kentalnya keberadaan Arsene Wenger yang telah menguasai kursi kepelatihan selama 22 tahun tanpa jeda, yang hanya menghasilkan tiga piala Premier League dan 14 piala dari dua kompetisi lainnya.

Penunjukkan Emery pun mendapat sambutan hangat dari para pendukung Arsenal, mengingat performa sang pelatih sebelumnya di Prancis. Ia mampu membawa timnya di PSG dengan menyabet semua piala di kompetisi domestik, sayangnya kegagalan di Liga Champions membuat dirinya digantikan dengan Thomas Tuchel di musim panas kemarin.

Unai Emery saat menghadapi kekalahan bersama tim barunya di Arsenal

Unai Emery saat menghadapi kekalahan bersama tim barunya di Arsenal

Namun sayangnya ia belum maksimal membawa Arsenal meraih kejayaan di empat pertandingan perdana mereka di Premier League. Ia membawa timnya berada diluar lima besar klasemen setelah menelan dua kali kekalahan yang ditebus dengan dua kali kemenangan. Tak begitu bagus namun tak begitu buruk.

Lee Dixon dan Unai Emery

Dixon meyakini bahwa kemajuan yang lambat Arsenal bisa membawa timnya ke luar empat besar di Premier League. Namun para penggemar harus bersabar untuk menunggu pelatih baru tim kesayangannya emberikan tanda.

Bek Arsenal pun mengungkapkannya kepada Daily Star dan mengatakan,  “Well, saya melihat empat tim teratas dan cara tim [Arsenal] memulai dan saya akan mengatakan, ‘Ini akan menjadi sangat sulit’. “.

“Jelas Arsenal sudah mulai [menunjukkan performanya], meskipun kami telah meraih beberapa kemenangan, kami memberikan sejumlah besar peluang melawan West Ham, dan juga ada peluang di pertandingan lain. “.

“Saya sendiri tidak percaya diri, [karena] itu akan memakan waktu cukup lama dan saya melihat empat teratas sekarang, dan saya akan bertanya ‘Dimana kita akan masuk?’“. Kami harus meningkatkan banyak hal dan tim lain harus tergelincir. “.

Lee Dixon mendukung Unai Emery untuk melanjutkan performanya di Arsenal

Lee Dixon mendukung Unai Emery untuk melanjutkan performanya di Arsenal

“Tapi itu kembali ke waktu lagi, dan saya masih berharap. Saya punya beberapa orang yang masih di klub yang saya tahu dan apa yang terjadi di lapangan dan pelatihan sangat menggembirakan. Itu adalah hal yang saya pegang untuk mengatakan ‘Tidak, tim ini akan menjadi lebih baik’. Ini termasuk keterlibatan para pemain dan perekrutan dari sekarang hingga akhir musim, melalui jendela lain dan jendela lainnya di musim panas mendatang. Dia [Emery] akan membutuhkan beberapa jendela untuk menempatkan tandanya di tim. “.

“Ini terlihat sangat sulit saat ini dengan perolehan empat besar, jadi saya pikir harus ada banyak peningkatan, tidak hanya dengan personel yang berbeda selama beberapa tahun ke depan tetapi perubahan mentalitas yang berbeda yang membuat mereka sedikit lebih konsisten tanpa bola. ”

Penambahan pemain baru berguna untuk mempermudah Emery untuk memuluskan kelancaran strateginya, yang cukup baru bagi pemain Arsenal dimana ia mengharuskan timnya bermain dari belakang, tak seperti Arsene Wenger yang lebih fokus ke penyerangan. Memang hasilnya beragam dan masih tergolong minim jika dinilai saat ini. Dan setidaknya Ia bukanlah pelatih di Premier League yang beresiko dipecat dalam waktu dekat, terutama jika dewan direksi setuju dengan pendapat Lee Dixon dimana Emery membutuhkan waktu yang cukup lama di Arsenal dibandingkan seharusnya.

About The Author