Diogo Dalot Resmi Menjadi Full Back Manchester United

Manchester United dikabarkan telah merekrut pemain full back muda berbakat dari FC Porto yaitu Diogo Dalot. Hal ini diungkapkan di situs resmi mereka dimana kerja sama yang akan mereka jalani akan berlangsung selama lima tahun dengan opsi penambahan satu tahun lagi.

Pemain dengan nama lengkap Jose Diogo Dalot Teixeira ini mengasah kemampuan sepak bolanya di FC Porto, Portugal, dari 2008 lalu. Saat itu usianya baru delapan tahun. Ia pun sempat dipinjamkan menuju Padroense FC, rival mereka yang bermain di divisi dua, namun hanya selama satu  musim.

Diogo Dalot saat menghadapi Sadio Mane di Liga Champions

Diogo Dalot saat menghadapi Sadio Mane di Liga Champions

Ia kemudian dilibatkan di tim cadangan Porto pada akhir Januari 2017 dan ia pun mulai sering dilibatkan. Bahkan dengan performanya saat itu, ia dipromosikan di tim utama pada pertengahan Oktober 2017 sementara untuk bermain di Premeira Liga, ia diturunkan empat bulan kemudian. Hal ini dikarenakan banyak pemain bintang mereka yang cedera. Namun akhirnya ia berhasil membantu raksasa Portigal meraih gelar juara Premira Liga untuk kesembilan kalinya.

Dalot juga sempat membantu timnas Portugal U17 meraih gelar juara Eropa Championship U-17 dengan Liga NOS. Walaupun masih berusia 19 tahun, namun Dalot cukup memiliki bakatnya potensial yang mengagumkan di lini belakang dan telah diprediksi memiliki masa depan yang cerah, baik di level klub dan Portugal. Karena itulah membuat Manchester United tertarik untuk memboyongnya ke Old Trafford.

Diogo Dalot tanda tangan kontrak dengan Manchester United

Diogo Dalot tanda tangan kontrak dengan Manchester United

Mereka pun akhirnya berhasil melakukan kata sepakat dan kemarin tanggal 6 Juni, mereka berhasil mendapatkan tanda tangan sang pemain. Belum diketahui berapa nominal yang dikeluarkan United di situs resminya, namun beberapa sumber mengatakan bahwa mereka merogoh kantong sebesar 20 juta euro.

Memang United memiliki pertahanan terkuat kedua di Premier League musim 2017-18 kemarin dibelakang rivalnya Manchester City. Di sisi kanan sudah ada  Antonio Valencia yang bisa diandalkan selama hampir satu dekade namun usianya telah kepala tiga, sementara penggantinya yaitu Matteo Darmian dianggap gagal mengamankan sisi tersebut, setidaknya di mata Jose Mourinho.

Di sebelah kiri, Ashley Young juga bisa diandalkan oleh United namun seperti Valencia, usianya juga mendekati masa pensiun. Sementara Luke Shaw juga dianggap tak meyakinkan seperti Valencia. Karena itulah kedatangan Dalot membuat mereka aman di kedua sisi.

Dalot sebenarnya adalah bek kanan tetapi dikerahkan oleh FC Porto di sebelah kiri, menampilkan fleksibilitasnya, yang akan berguna. Kedatangan Dalot akan membantu misi Mourinho untuk mengubah pertahanan dan sementara dia tidak akan menjadi starter sejak awal, pemain berusia 19 tahun ini memiliki kemampuan untuk membangun dirinya sebagai pemain reguler dengan tampilan dan etos kerjanya.

Diogo Dalot resmi menjadi pemain Manchester United

Diogo Dalot resmi menjadi pemain Manchester United

Hanya saja dengan usia mudanya itu, pemain full back muda berbakat dari FC Porto yaitu Diogo Dalot, perlu jam terbang lebih untuk mendapatkan pengalaman langsung bersama Manchester United. Namun diyakini dengan bantuan Jose Moruinho, sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia yang juga merupakan rekan senegaranya, akan mempercepat langkahnya menjadi pemain papan atas.

 

About The Author