Deschamps Bela Pogba Yang Jadi Kambing Hitam Klubnya

Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps belum lama ini membela pemain bintangnya, Paul Pogba, yang menjadi kambing hitam lemahnya Manchester United di musim ini. Ia pun mengatakan bahwa sang pemain juga tidak bisa memenangkan pertandingan untuk Manchester United sendirian, dimana ia telah membuktikan dengan baik performanya saat bersama tim nasionalnya hingga saat ini.

Performa Paul Pogba

Di musim panas lalu, timnas Prancis mampu menjadi pemenang Piala Dunia 2018, dimana Paul Pogba turut aktif ambil bagian dalam kompetisi tersebut. Bahkan di babak final saat menghadapi Kroasia, ia juga menyumbangkan sebuah gol, disamping performanya di lini tengah mereka.

Sayangnya perjuangan di klubnya Manchester United, tak semulus saat ia membela timnas Prancis.  Ia diketahui memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan pelatihnya Jose Mourinho dan banyak juga yang menuding bahwa dirinya salah satu penyebab keterpurukan timnya hingga saat ini. Sebut saja ia saat tak dimainkan secara penuh saat menghadapi West Ham United di akhir pekan bulan lalu, sementara keduanya juga diketahui terlibat dalam konfrontasi di lapangan pelatihan tiga hari sebelumnya.

Jose Mourinho dan Paul Pogba memiliki hubungan yang tak harmonis di Manchester United

Jose Mourinho dan Paul Pogba memiliki hubungan yang tak harmonis di Manchester United

Mourinho juga menegaskan bahwa “tidak ada pemain yang lebih besar dari klub” sementara dalam menangani masalah dengan Pogba, ia mengungkapkan bahwa analisanya dengan staf pelatih klub selama ‘berminggu-minggu’ menurunkan status sang pemain dari Kapten menjadi pemain biasa. Dari sini mulai banyak yang mencium aroma yang tak menyenangkan dari kedua kubu.

Didier Deschamps dan Paul Pogba

Pelatihnya di timnas Prancis sempat mengkritisi kejadian ini dan membela pemain bintangnya, bahwa sikap Pogba selalu positif dan menunjukkan bagaimana cara bermain. Ada kemungkinan tim disekitarnya menjadi masalahnya di level klub.

Dan saat ditanya tentang penampilan perbandingan performanya antara klub dan timnas, Ia mengatakan,”Bagi Paul itu tidak hanya tergantung pada dirinya tetapi juga timnya, cara bermain kolektif. Ini bukan kasus satu pemain yang membuat tim menang. “.

“Ada beberapa hal yang harus diketahui publik. Pertama-tama ada gambaran tentang Paul yang tidak sesuai dengan siapa dirinya. Mungkin itu karena dia agak eksentrik, sedikit demonstratif. “.

Didier Deschamps dan Paul Pogba saat membela timnas Prancis di Piala Dunia 2018

Didier Deschamps dan Paul Pogba saat membela timnas Prancis di Piala Dunia 2018

“Dia telah bersama saya sejak 2013 – itu adalah lima tahun sekarang – dan cara dia berfungsi bukanlah tentang dirinya untuk dirinya sendiri, itu adalah dia sebagai bagian dari grup. Itu sangat penting.  Bayangannya di media membuat semuanya cukup rumit. Jumlah transfer ke Manchester United konyol … itu tidak mudah untuk dikelola. “.

“Selama Piala Dunia ini dia berhasil mendapatkan citra normal kembali. Kenyataannya dia berbicara, itu membebaskannya sedikit, tetapi yang paling penting adalah bahwa Paul datang ke Piala Dunia ini dengan ide yang sangat tepat: dia ingin mempersiapkan diri untuk menjadi juara dunia. Itulah yang ada dalam pikirannya. “.

Paul Pogba dan kepemimpinannya

Deschamps juga memuji Pogba dan kepemimpinannya di skuad Perancis. Ia  mengatakan: “Dia telah mengambil banyak hal pada dirinya sendiri. Dia telah menjadi pemimpin.”.

“Setiap kali dia harus berbicara dan mengekspresikan dirinya, itu selalu sangat positif. Itu adalah kata-kata yang dia gunakan dan suasana dan perasaan yang muncul.”.

Paul Pogba saat mencetak gol bersama Manchester United saat menghadapi Leicester Citu Premier League 2018-19

Paul Pogba saat mencetak gol bersama Manchester United saat menghadapi Leicester Citu Premier League 2018-19

“Dia bukan satu-satunya tetapi dia adalah salah satu pemimpin yang membuatnya seperti itu, karena kelompok itu membutuhkannya. Di lapangan dia juga melakukan apa yang perlu dilakukan.”.

Cukup adil jika Didier Deschamps membela, Paul Pogba  yang menjadi kambing hitam lemahnya Manchester United di musim ini. Pasalnya jika ia mampu memanfaatkan Pogba dengan baik di timnasnya. Lalu mengapa Jose Mourinho tak mampu melakukannya? Apakah ada yang salah dengan sistem pelatih atau pemain MU kurang petunjuk dari Mourinho sehingga rekannya tak mampu mendukung tim secara keseluruhan? Namun akan menarik untuk melihat masalah ini bermuara.

About The Author