Demi Stadion Baru, Wenger Sarankan Tottneham Jual Harry Kane

Belum lama ini Arsene Wenger telah menyarankan kepada rival domestiknya yaitu Tottenham Hotspur bahwa mereka mungkin harus melepaskan  striker andalan mereka yaitu Harry Kane dalam waktu dekat. Hal ini diungkapkan oleh London Evening Standard, dimana keputusan tersebut bisa menjadi solusi terbaik dan tercepat untuk meringankan masalah yang mereka hadapi tentang beban pembiayaan stadion baru mereka.

Arsene Wenger sarankan Tottenham Hotspur lepaskan Harry Kane

Arsene Wenger sarankan Tottenham Hotspur lepaskan Harry Kane

Memang pemain jebolan dari akademi Tottenham Hotspur itu mengawali karirnya tak begitu mulus. Pasalnya, ia sempat dipinjamkan menuju beberapa kklub papan papan bawah dari musim panas 2010 menuju Leyton Orient, dan Millwall FC masing-masing semusim, serta menuju Norwich City dan Leicester City masing-masing setengah musim.

Ia pun kembali ke klub pada kampanye 2013-14 lalu, dimana ia dijajal oleh klub asal London dimana ia mencetak empat gol dalam 19 pertandingan yang melibatkannya dimusim itu. Dan pada kampanye berikutnya pada muim 2014-15, ia mulai rutin diturunkan oleh The Lily white dan rajin mencetak gol hingga kini.

Terbukti Ia telah mecetak 140 gol dari 213 pertandingan yang melibatkannya, membuat ia dibanding-bandingkan dengan pemain produktif seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan lainnya. Dan dengan performanya saat ini, tentu banyak klub papan atas Eropa lainnya  yang berminat kepadanya. Salah satunya adalah Real Madrid.

Raksasa Liga Spanyol itu masih memerlukan striker berbakat sepertinya, dimana Karim Benzema tak lagi perkasa seperti dululagi, sementara Borja Mayoral juga dianggap kurang mumpuni untuk menjadi striker pilihan pertama oleh Zinedine Zidane.

Diketahui Madrid memburu beberapa striker papan atas seperti Neymar dan Kylian Mbappe dari Paris Saint Germain, namun kabar terbarunya, mereka juga telah memburu tanda tangan Harry Kane di muisim panas mendatang, yang cenderung lebih murah dibanding pilihan utamanya tadi.

Sama seperti PSG, Tottenham juga enggan melepaskan pemain andalannya yang telah sangat membantu mereka dimusim ini. Padahal diketahui mereka sedang membutuhkan peningkatan keuangan setelah mereka pindah dari White Hart Lane, menuju stadion baru mereka yang sedang terus dikembangkan fiturnya.

Meskipun demikian Arsene Wenger telah memberikan saran kepada rivalnya bahwa beban financial The Lilly White akan lebih ringan jika mereka melepaskan striker pemain yang berpotensi menghasilkan dana dana segar menuju Real Madrid, atau klub lain, serpeti Arsenal.

Ia mengatakan, “Harga untuk stadion telah berlipat ganda namun transfer pemain telah meningkat tiga kali lipat atau empat kali lipat. Seorang pemain yang bernilai 10 juta poundsterling saat kita sedang membangun stadion, sangatlah besar. Namun hari ini untuk pemain seperti Kane, saya tidak tahu berapa besar mereka bisa menjualnya. 100 juta poundsterling mungkin? Jadi mereka mungkin mendapat lebih banyak pasokan. Namun mereka harus menghadapinya. Apakah mereka harus menjual pemain? Walaupun jika harus ke Arsenal! ”.

Wenger sendiri tahu betul bagaimana besarnya biaya untuk membangun stadion yang luar biasa dan dapat membebani biaya untuk sebuah klub. Memang, Arsenal harus menjual beberapa pemain bintang mereka sementara disisi lain mereka membuat investasi yang sangat sedikit setelah mengeluarkan danan sebesar 390 juta poundsterling pada tahun 2006 lalu.

Kemungkinan Tottenham Hotspur juga menghadapi kesulitan yang sama saat mereka pindah ke stadion baru, dan saran Arsene Wenger yang menyarankan kepada rival domestiknya untuk melepaskan striker andalannya Harry Kane dalam waktu dekat masuk akal. Hanya saja mereka harus menerima konsekuensinya dimusim depan.

About The Author