David Alaba Diincar Barcelona Untuk Kesepakatan Musim Panas Mendatang

David Alaba, Bayern Muncih, Barcelona

David Alaba akan menuju Barcelona?

David Alaba yang merupakan pemain bertahan dari Bayern Munich diketahui telah diinginkan oleh raksasa La Liga yaitu Barcelona belum lama ini, namun dengan bursa transfer Januari ini yang telah ditutup, mereka telah merencanakan perpindahan sang pemain pada musim panas mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh media Spanyol AS, dimana Barcelona sedang mencari cara untuk memperkuat sisi kiri pertahanan mereka. Dan diketahui bahwa mereka telah menjajaki kemungkinan untuk memboyong pemain internasional Austria ke Nou Camp untuk memperkuat sisi kiri pertahanan mereka dimusim depan.

Alaba sendiri memang sering dipuji sebagai salah satu pemain paling fleksibel dan rajin di dunia sepak bola. Pemain yang berusia 25 tahun itu sempat menempa diri di SV Aspern dan Austria Wien sebelum akhirnya beralih untuk bergabung menuju akademi Bayern. Dalam waktu setahun, ia berhasil dipromosikan di tim cadangan Bayern dan melanjutkan karirnya di tim utama hingga kini.

Ini adalah kemampuan Alaba untuk memperkokoh posisi di bek kiri, bek tengah, gelandang bertahan dan gelandang kiri dimana ia selalu dimainkan oleh manajer Bayern yang sering berganti. Terbukti keterlibatannya bersama Bayern sudah sebanyak 286 kali untuk tim utama serta telah berhasil mendapatkan tempat di 58 penampilan internasional untuk Austria. Rekor internasionalnya pun lebih baik, dimana ia telah mencetak 11 gol di pertandingan, dibandingkan dengan Bayern yang baru mencetak 25 gol dan 35 assist.

Ini adalah sifat alaminya yang sering melihatnya terkait dengan kepindahan ke klub papan atas lainnya, dimana Real Madrid, Manchester United, Chelsea, Manchester City pernah meliriknya pada interval yang berbeda. Dan kini giliran Barcelona sedang mengamati langkah Alaba pada akhir kampanye 2017-18 mendatang.

Barcelona sendiri telah memiliki Jordi Alba dan Lucas Digne di skuad mereka saat ini, dengan Marc Cucurella juga menunggu di sayap untuk sampai ke tim senior. Namun Alba dan Digne sama-sama dikaitkan dengan kepindahannya dari klub. apalagi Digne yang telah frustrasi karena menjadi pemain cadangan saja.

Kedatangan Alaba tidak menutupi kepergian Digne, tapi juga mencakup sayap kiri setidaknya untuk setengah dekade berikutnya. Namun, mungkin ada komplikasi dalam kesepakatan untuk Barcelona.

Hal ini dikarenakan Alaba telah menandatangani perpanjangan degnan Bayern pada tahun 2016 lalu, sebuah kesepakatan yang membuatnya berkomitmen ke klub tersebut sampai 2021 mendatang. Dan CEO Bayern yaitu Karl-Heinz Rummenigge, telah mengklasifikasikan pemain tersebut sebagai pemain yang penting bagi klub tersebut, bahkan kemungkinan besar akan mengesampingkan semua penawaran yang ada.

Namun seandainya diiming-imingi biaya yang tinggi, mungkin bisa mengubah pikiran Bayern dan akan membuat Alaba berubah pikiran mencari tantangan baru, setelah menghabiskan lebih dari 6 musim di Alianz Arena.

About The Author