Cari Tahu Tentang Piala Dunia 2018 Agar Lebih Kekinian

Tak terasa Piala Dunia 2018 tinggal satu bulan lagi namun kami yakin masih ada diantara kita yang lupa bahkan belum tahu sama sekali tentang timnas negara mana saja yang lolos babak kualifikasi Piala Dunia 2018 mendatang. Jangan khawatir, kami akan mencoba merefreshnya kembali dan meringkasnya khusus untuk anda, terutama untuk pemula agar tak ketinggalan cerita dan bisa menjadi bahan obrolan dengan rekan anda atau mungkin calon pasangan anda.

Piala Dunia 2018 Rusia Presentasi

Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 FIFA atau yang dikenal dengan Piala Dunia 2018, merupakan turnamen sepak bola internasional empat tahunan yang diikuti oleh anggota asosiasi FIFA yang berlangsung di Rusia mulai tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang.

Piala Dunia tersebut diperuntukkan khusus untuk pria, karena untuk wanita berbeda lagi, yang dikenal dengan Piala Dunia Wanita FIFA. Memang jarang diketahui oleh banyak penggemar sepak bola, namun turnamen itu ada, bahkan untuk level Junior, U17 dan U U20.

Walaupun Rusia merupakan negara terluas didunia, yang mencakup dari Asia hingga Eropa, namun semua stadion berada di Rusia di bagian Eropa. Hal ini dikarenakan  untuk menjaga waktu perjalanan para kontestan disemua penjuru, baik dari benua Afrika, ataupun dari benua Amerika.  Ini merupakan Piala Dunia pertama yang diadakan di Eropa sejak turnamen ini diselenggarakan pada tahun 2006 di Jerman, dimana setelahnya adalah Afrika Selatan (2010) dan Brasil (2014).

Sebelum bisa mengikuti turnamen Piala Dunia semua peserta kecuali Rusia selaku tuan rumah, harus mengikuti proses kualifikasi dimana serangkaian turnamen akan diselenggarakan oleh enam konfederasi FIFA untuk memutuskan mereka masuk 31 dari 32 tim yang akan bermain di Piala Dunia FIFA 2018.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, ke 209 anggota asosiasi FIFA diluar Rusia, memenuhi syarat untuk memasuki proses kualifikasi, kecuali Zimbabwe dan Indonesia yang didiskualifikasi sebelum memainkan pertandingan pertama mereka. Indonesia resmi didiskualifikasi karena imbas sanksi FIFA kepada PSSI akibat pelanggaran serius dari Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA, yakni intervensi pemerintah terhadap urusan asosiasi, atau dalam hal ini keputusan Kemenpora membekukan PSSI.

Bhutan, Sudan Selatan, Gibraltar dan Kosovo berhasil menjalani kualifikasi Piala Dunia FIFA pertama mereka. Sementara Myanmar berhasil mengajukan banding atas larangan dari kompetisi untuk masalah kericuhan selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Oman, namun diwajibkan untuk memainkan semua pertandingan kandang mereka di luar negeri.

Setelah menjalani proses kualifikasi, akhirnya diketahui 31 tim nasional yang lolos dan akan bertarung memperebutkan terlibat dalam turnamen Piala Dunia 2018 ditambah Rusia yang secara otomatis karena sebagai tuan rumah. Berikut adalah daftar lengkap 32 negara peserta Piala Dunia 2018 :

1. Rusia.
2. Brasil.
3. Iran.
4. Jepang.
5. Meksiko
6. Belgia.
7. Korea Selatan.
8. Arab Saudi.
9. Jerman.
10. Inggris.
11. Spanyol.
12. Nigeria.
13. Kosta Rika.
14. Polandia.
15. Mesir.
16. Serbia
17. Islandia.
18. Perancis.
19. Portugal.
20. Uruguay.
21. Argentina.
22. Kolombia.
23. Panama.
24. Senegal.
25. Maroko.
26. Tunisia.
27. Swiss.
28. Kroasia.
29. Swedia.
30. Denmark.
31. Australia.
32. Peru.

Dari daftar 32 timnas yang lolos menuju Piala Dunia 2018 di Rusia Nanti, terlihat 20 timnas telah memasuki turnamen ini lagi setelah lolos juga di babak kualifikasi Piala Dunia 2014. termasuk juara bertahan Jerman. Dementara Islandia dan Panama membuat penampilan perdana mereka di turnamen ini sejak Piala Dunia diadakan.

Pengundian penentuan posisi tim di grup kualifikasi terakhir Piala Dunia 2018

Pengundian penentuan posisi tim di grup kualifikasi terakhir Piala Dunia 2018 Rusia

Direncanakan ada 64 pertandingan yang akan dimainkan di 12 tempat yang terletak di 11 kota. Sementara Final Piala Dunia akan berlangsung pada tanggal 15 Juli di Stadion Luzhniki, Moskow.

Demikianlah ringkasan tentang Piala Dunia 2018 hingga kini. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan obrolan anda agar tidak ketinggalan perbincangan dengan rekan anda dikemudian hari. Dan untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Piala Dunia, kunjungi terus website ini.

 

 

About The Author