Barcelona Tak Jadikan Liga Champions Sebagai Prioritas

Belum lama ini Ernesto Valverde menyiratkan bahwa Barcelona tidak akan menjadikan Liga Champions sebagai prioritas utama mereka di musim ini, namun lebih fokus memenangkan gelar juara La Liga. Meskipun demikian ia tetap berusaha untuk meraih posisi tertinggi di kompetisi tertinggi di sepak bola Eropa tersebut.

Barcelona dan muism 2017-18

Dalam satu dekade terakhir, Barcelona telah menyabet gelar juara La Liga, namun tidak secara beruntun seperti halnya Juventus dan Bayern Munich.  Sementara di pertandingan internasional Liga Champions, mereka hanya mencapai satu dari tujuh final Liga Champions terakhir mereka. Tentu sebagian besar klub hal itu luar biasa, namun untuk sekelas mereka, hal itu mengisyaratkan usaha mereka belum maksimal.

Barcelona saat menelan kekalahan menghadapi AS Roma di Liga Champions 2017-18 lalu

Barcelona saat menelan kekalahan menghadapi AS Roma di Liga Champions 2017-18 lalu

Dibawah asuhannya, langkah Barcelona terhenti saat mereka menghadapi AS Roma di perempat final Liga Champions di musim lalu dengan agregat 4-4. Barcelona menang 4-1 di leg pertama namun kalah 3-0 di leg kedua, dan ini berarti Roma unggul dengan aturan ‘away goal Rule’ dimana Roma menang dengan gol tandang terbanyak.

Barcelona dan musim 2018-19

Saingan domestik mereka yaitu Real Madrid itu telah mengumpulkan piala Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun, pencapaian tertinggi kompetisi sepak bola Eropa. Namun menariknya Valverde menegaskan bahwa timnya juga memburu piala tersebut namun dengan cara memfokuskan diri di pertandingan La Liga. Ia pun mengungkapkannya sebelum pertandingan mengahadapi Deportivo Alaves dan mengatakan, “Kami memprioritaskan segalanya, kami akan selalu berjuang untuk Liga Champions. Barca akan selalu seperti itu! ”

“Kami sangat gembira namun cara untuk memenangkan Liga Champions adalah untuk memenangkan liga. Anda fokus untuk menjadi lebih baik selama satu tahun, dan jika demikian, Anda lebih dekat untuk memenangkan Liga Champions. “.

Ernesto Valverde Tak Jadikan Liga Champions Sebagai Prioritas Barcelona

Ernesto Valverde Tak Jadikan Liga Champions Sebagai Prioritas Barcelona

Ia pun mengungkapkan strategi untuk memulainya dan mengatakan,  “Saya merasakan tanggung jawab setiap saat, seperti tahun lalu dimana kami memilikinya setelah mengalami masalah pada bulan Agustus dan menjalani musim yang sulit. Tantangan diulang dan hal yang sulit bukanlah meraih kemenangan, tetapi untuk menang lagi.”.

Mungkinkah strategi Ernesto Valverde yang lebih fokus memenangkan gelar juara La Liga dan tidak menjadikan Liga Champions sebagai prioritas utama mereka di musim ini, akan berhasil? Bukankah seharusnya tim sebesar Barcelona mengejar pencapaian tertinggi di kompetisi tertinggi? Bahkan klub Paris Saint Germain saja memecat Unai Emery yang telah meriah piala di semua kompetisi di musim lalu kecuali Liga Champions. Namun cukup menarik untuk melihat taktik Valverde yang lebih memfokuskan diri di satu kompetisi di musim depan.

About The Author