Bagaimana Langkah Italia dan Amerika Setelah Gagal Lolos Menuju Piala Dunia 2018?

Telah diketahui bahwa beberapa timnas favorit Piala Dunia 2018 telah gagal untuk lolos ke babak final kualifikasi turnamen yang mana akan diselenggarakan di Rusia. Sebut saja timnas Italia, Amerika Serikat (Amerika), Chile, dan Belanda yang mengundang kekecewaan bagi pendukungnya, bahkan pemainnya. Namun kali ini akan dibahas bagaimana menghadapi kegagalan mereka saat ini  dan yang menjadi masalah terbesar yang dihadapi tim nasional mereka, khususnya Italia dan Amerika.

Timnas Italia

timnas Italia gagal menghadapi Swedia di Piala Dunia 2018

Timnas Italia gagal menghadapi Swedia di Piala Dunia 2018

 

Jawara sempat kali kompetisi Piala Dunia itu akhirnya mengalami kegagalan dalam babak kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, karena takluk saat menghadapi Swedia dengan agregat tipis 1-0. Ini merupakan pertama kalinya kegagalan mereka sejak 1958.

Pelatih saat itu adalah Giampiero Ventura yang mengasuh timnas dari musim panas 2016, yang berpengalaman menangani klub Italia, sejak 1976. Dan dibawah asuhannya, ia berhasil memenangkan 9 dari 16 pertandingan, yang harus ditebus dengan tiga kekalahan, dimana kekalahan terakhirnya terhadap Swedia, membuatnya dipecat pada pertengahan November kemarin.

Hingga saat ini pilihan mereka adalah menemukan pelatih baru untuk menggantikannya. Karena tak bisa memilih presiden baru, FIGC (Federazione Italiana Giuoco Calcio  atau Federasi Sepak bola Italia) berada di bawah pengawasan darurat CONI, Komite Olimpiade Italia. Alessandro Costacurta akhirnya memiliki tugas untuk mencari pelatih baru dan mengatur agenda reformasi Gli Azzurri.

Diketahui ada beberapa nama yang menjadi kandidat pelatih yaitu dengan Carlo Ancelotti, Roberto Mancini dan Antonio Conte yang berada diposisi teratas daftar nama mereka. Namun untuk sementara Luigi Di Biagio adalah pelatih sementara dan akan digunakan untuk pertandingan persahabatan yang akan datang menghadapi Argentina dan Inggris.

Mantan gelandang AS Roma dan Inter Milan akan bekerja secara eksklusif di FIGC dan, ia ditunjuk, itu akan menghidupkan kembali tradisi mengembangkan pelatih tim nasional dari dalam.

Timnas Amerika Serikat

Timnas Amerika kalah oleh trinidad dan Tobago saat Piala Dunia 2018

Timnas Amerika kalah oleh trinidad dan Tobago saat Piala Dunia 2018

Masalah terbesar yang dihadapi tim nasional Amerika adalah siapa yang akan menjadi manajer berikutnya. Pasalnya Bruce Arena mengundurkan diri setelah membawa klub yang diasuhnya sejak 22 November 2016 lalu, dimana perjalanan panjang mereka hingga babak kelima kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika tengah dan Utara, harus terhenti karena kekalahan tipis menghadapi Trinidad & Tobago, yang berada didasar klasemen. Mungkin akan berbeda cerita jika mereka memenangkan laga ini.

Kini Amerika diasuh oleh mantan asisten Arena, yaitu Dave Sarachan telah menjalankan tim secara interim sebelum peluang untuk menjadi pelatih utama ditutup, karena hingga kini mereka belum mengetahui siapa yang dipilh secara permanen. Namun masih dipertanyakan apakah pelatih yang akan menuntun mereka selanjutnya harus dari Amerika, atau dari negara asing seperti Jürgen Klinsmann yang melatih pada tahun 2011 hingga 2016.

Akan menarik untuk melihat pelatih baru dari timnas favorit Piala Dunia 2018 yang gagal untuk lolos ke babak final kualifikasi turnamen ini, khususnya Italia dan Amerika Serikat. Namun apapun itu mereka akan melakukan hal terbaik walaupun pada akhirnya takdir yang menentukan.

About The Author