Alisson Memberikan Rasa Percaya Diri Yang Sebenarnya

Bek kanan Liverpool yaitu Andrew Robertson, belum lama ini melempar pujiannya terhadap kiper baru timnya yaitu Alisson. Pasalnya performanya hingga saat ini telah memberikan rasa percaya diri ke seluruh lini pertahanan Liverpool. Meskipun ia telah menyelamatkan beberapa tembakan penting, namun ia berharap hal itu tak terlalu sering, karena ia dan rekannya akan berusaha meredamnya lebih baik lagi.

Profile Alisson Becker

Liverpool telah memboyong Alisson dari AS Roma di musim panas kemarin dengan tebusan sebesar 65 juta poundsterling. Tentu nilai ini sangatlah luar biasa untuk seorang kiper, bahkan memecahkan rekor transfer kiper termahal saat itu. Sayangnya catatan itu dipatahkan oleh Chelsea, saat mereka memboyong Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao dengan tebusan 71,6 juta poundsterling.

Yah, prestasi sebagai kiper termahal sebenarnya tak perlu dipermasalahkan, karena bagi seorang kiper, menjaga gawangnya agar tak kebobolan lebih penting. Dan itulah yang dilakukannya bersama klub barunya dimana dalam tiga pertandingan perdana di Premier League, ia mencatat tiga clean sheet alias tak pernah kebobolan sama sekali, satu satunya di kompetisi tersebut hingga saat ini.

Alisson menyelamatkan gawangnya saat Liverpool vs Brighton 25 Agustus 2018

Alisson menyelamatkan gawangnya saat Liverpool vs Brighton 25 Agustus 2018

Perhitungan itu tentu saat mereka menghadapi Brighton dan Hove Albion, hari Sabtu kemarin. Ia terlihat cemerlang terutama saat menyelamatkan serangan di menit ke 6 dari Anthony Knockaert dimana saat itu ia melepaskan tembakan ke pojok kanan bawah, Selain itu ia juga menyelamatkan gawangnya dari Pascal Gross di menit ke 89, saat ia menanduk umpan lambung yang di arahkan ke kanan gawang, namun berhasil ditepis oleh Alisson. Dengan demikian, ia juga menyumbangkan andil besar di laga ini.

Robertson dan Alisson

Rekannya di posisi bek yaitu Andrew Robertson merasa kagum dengan performa Alisson, bahkan memujinya sebagai pemain Brilian. Seperti yang diungkapkannya di media resmi Liverpool ia mengatakan,

“Dia sudah brilian sejak dia masuk. Bukannya tidak menghormati Loz [Loris Karius] atau Si [Mignolet], tapi dia sangat brilian sejak dia masuk dan saya yakin para pemain mengatakan hal yang sama dengan penjaga lain saat mereka pertama kali masuk, ”.

Alisson menyelamatkan gawangnya lagi saat Liverpool vs Brighton 25 Agustus 2018

Alisson menyelamatkan gawangnya lagi saat Liverpool vs Brighton 25 Agustus 2018

“Dia kehadiran yang nyata di lini belakang, Anda dapat melihat dia keluar untuk tendangan pojok dan tendangan silang. Dan Anda telah melihat performa kecilnya mendapat tepuk tangan dari penonton, tapi saya tidak yakin jika Klopp ingin melihat itu terlalu banyak.”.

“Tapi permainan yang adil untuknya dan kepercayaan dirinya saat bermain, berkembang menuju pertahanan. Ketika kami membutuhkan dia, dia segera bangkit dan menepisnya. Permainan adil untuknya hingga sejauh ini. Dia akan senang dengan tiga clean sheet dan berharap bisa terus berlanjut. “.

Trent Alexander-Arnold dan Alisson

Sementara rekan lainnya yaitu Trent Alexander-Arnold, juga menambahkan suaranya dengan pujian senada untuk Alisson dan mengatakan, “Saya pikir dia adalah penjaga gawang kelas dunia dan dia telah menunjukkannya,”.

Jurgen Klopp dan Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold puji performa Alisson Becker saat hadapi Brighton

“Dengan ketenangannya pada bola dia mungkin salah satu yang terbaik di dunia dan dia pasti menunjukkan itu dengan percikannya. (semoga dia tidak harus melakukan itu lagi karena pemain bek ingin meringankan performanya,).”.

Mungkinkah Alisson meraih sarung tangan emas Premier League menggantikan David de Gea musim lalu dengan 18 clean sheet? Ataukah performanya mendingin di tengah musim kedua perdananya di Inggris? Akan menarik untuk melihat performanya tetap cemerlang, bersamaan dengan lini pertahanan didepannya.

About The Author