5 Transaksi Terbaik Di Premier League 2018-19

Efek Neymar masih terasa hingga kini dimana setelah Paris Saint Germain memboyongnya dengan harga 222 juta euro dari Barcelona, berdampak langsung kepada harga pemain lainnya. Banyak klub yang memasang harga tinggi terutama pemain andalannya, dan mau tak mau klub yang membutuhkan harus menebusnya dengan harga tinggi. Namun diketahui setidaknya ada lima transfer / transaksi terbaik di Premier League di musim panas 2018-19, yang berhasil memboyong pemain bagus dengan harga yang relatif murah. Inilah dia.

5. Bernd Leno (Bayer Leverkusen ke Arsenal, £ 19.2m)

Sepertinya Unai Emery telah memulai musim perdananya dengan baik. Pasalnya dengan dana yang terbatas, ia mampu mendatangkan pemain baru yang berkualitas untuk mengisi kelemahan Arsenal saat diasuh oleh Arsene Wenger. Ia pun membawa gelandang Sampdoria Lucas Torreira dengan harga 26,5 juta poundsterling dan bek tengah veteran Yunani Sokratis Papastathopoulos dengan 17,7 juta poundsterling telah bergabung dengan klub London Utara, bahkan Ia merekrut Stephan Lichtsteiner secara gratis.

Bernd Leno Leverkusen transfer menuju Arsenal

Bernd Leno Leverkusen transfer menuju Arsenal

Namun, menurut kami penandatanganan klub yang paling cerdik adalah Bernd Leno. Kiper Bayer Leverkusen tersebut bisa menggantikan kiper lama mereka yaitu Petr Cech yang berusia 36 tahun. Dengan usianya yang sepuluh tahun lebih muda, Ia memiliki banyak hal untuk ditawarkan termasuk waktu dan performanya. Mungkin terlihat mahal untuk klub seperti Arsenal namun, dengan kontrak hampir 20 juta poundsterling selama lima tahun, mereka akan merasa lebih aman dimana ia telah terbukti saat bermain di Bundesliga.

Selain itu harga seorang kiper semakin meningkat, sebut saja transfer Ederson Moraes ke Manchester City, Alisson Becker ke Liverpool, serta Kepa Arrizabalaga baru-baru ini ke Chelsea yang saling memecahkan rekor sebagai kiper termahal di dunia. Dan rasanya untuk mendapatkan kiper bagus seperti Leno dengan harga kurang 20 juta poundsterling, Arsenal cukup beruntung.

4. Jonny Evans (West Brom ke Leicester City, £ 3.5m)

Walaupun mereka mampu meraih keuntungan besar yang didapat dari penjualan Riyad Mahrez, mereka mampu menggunakannya dengan baik terutama saat mereka memboyong Jonny Evans dari West Bromwich Albion. Pemain asal Inggris tersebut ikut terbawa ke zona dergradasi di akhir musim lalu. Dan kini ia bersiap kembali ke Premier League bersam klub barunya.

Jonny Evans West Bromwich beralih menuju Leicester City

Jonny Evans West Bromwich beralih menuju Leicester City

Meskipun usianya telah mencapai 30 tahun, namun tidak ada yang meragukan pengalaman luasnya dan kualitas bermainnya, dan hal ini akan disambut baik oleh pemain Leicester yang lainnya terutama membentuk pemain muda mereka di lini belakang musim depan. Dan yang lebih menariknya lagi, Evans sempat dilirik oleh Manchester City, namun pada akhirnya Leicester berhasil memboyongnya. Ini berarti The Foxes berhasil melakukan transaksi terbaiknya musim ini.

3. Xherdan Shaqiri (Stoke City ke Liverpool, £ 13.5m)

Pemain asal Swiss ini pernah masuk ke tim papan atas Eropa, termasuk Bayern Munich dan Inter Milan, namun banyak penggemar dengan perfromanya dimana selama karirnya pemain sayap ini tak pernah mencetak lebih dari dua digit disetiap musimnya. Namun pada dasarnya ia memiliki potensi yang sangat besar, di mana keberadaannya tidak cukup untuk menyelamatkan klub dari zona degradasi.

Namun, setelah sejumlah penampilan luar biasa untuk negaranya baik di Eropa Championship 2016 dan Piala Dunia 2018 kemarin,  dia telah diberi kesempatan bagus untuk menghidupkan kembali karirnya saat Liverpool memboyongnya dengan tebusan 13,5 juta poundsterling . Tentu dengan pemain yang memiliki keterampilan teknis sepertinya biasa dijual lebih tinggi.

Xherdan Shaqiri resmi menjadi pemain Liverpool di bursa tranasfer musim panas 2018-19

Xherdan Shaqiri resmi menjadi pemain Liverpool di bursa tranasfer musim panas 2018-19

Di bawah asuhan Jurgen Klopp dan kemungkinan dipasangkan dengan mantan satu timnya di Basel yaitu Mohamed Salah, diyakini Shaqiri akan mampu memenuhi potensinya di Anfield apalagi saat di Stoke City ia sempat mengungkapkan bahwa timnya tak memiliki kualitas yang baik, bahkan keberadaan Ronaldinho pun takkan membantu mereka. Dan sekarang ia bisa menunjukkan ketinggian yang diharapkannya selama ini. Dan jika berhasil, maka Liverpool akan mendapatkan transaksi terbaik di Premier League 2018-19 ini.

2. Ramadan Sobhi (Stoke City ke Huddersfield, £ 5.7m)

Satu lagi pemain Stoke City diselamatkan klub lainnya untuk dapat bermain di kompetisi Premier League. Kali ini pemain sayap/ gelandang serang yang berusia 21 tahun direkrut oleh Huddersfield yang selamat dari zona degradasi dengan selisih empat poin.

Ramadan Sobhi Stoke City telah menandatangani kesepakatan dengan Huddersfield Town

Ramadan Sobhi Stoke City telah menandatangani kesepakatan dengan Huddersfield Town

Memang saat bersama Stoke City, ia jarang diterjunkan dan hanya mencetak tiga gol dari 46 pertandingan yang melibatkannya, namun tak ada yang meragukan bakatnya. Namun dengan asuhan David Wagner yang dikenal dengan sepak bola menyerang, ia cenderung akan dilibatkan di tim inti dan menjadi salah satu pemain kunci. Apalagi aksinya bersama timnas Mesir di di Piala Dunia 2018 kemarin yang membuatnya semakin dilirik oleh banyak klub lainnya.

Dengan kecerdasannya dilapangan dan masa depannya yang panjang, Huddersfield seharusnya bisa mengolahnya agar lebih baik dibandingkan saat dirinya di Stoke City. Dan dengan harga kurang dari enam juta poundsterling, maka The Terriers bisa memiliki transaksi terbaik di musim ini.

1. Diogo Jota (Atletico Madrid ke Wolves, £ 12.6m)

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang pemain ini. Ia merupakan jebolan akademi Pacos Ferreira di posisi gelandang serang ia pun mencetak 14 gol di liga dalam 41 pertandingan yang melibatkannya selama dua tahun. Namun saat berusia 19 tahun, ia direkrut oleh Atletico Madird. Sayang  ia langsung dilempar menuju FC Porto dimusim pertamanya.

Ia pun berhasil mencatak 8 gol dari 27 pertandingan yang melibatkannya di Primeira Liga dan dilepaskan lagi menuju Wolverhampton Wanderers. Disini ia mampu memaksimalkan performanya dengan mencetak 17 gol dari 44 pertandingan di Championship. Ia pun membawa timnya dipromosikan ke Premier League musim ini. Karena itulah The Wolves bersedia mempermanenkannya dimusim ini.

Diogo Jota Atletico Madrid akhirnya dipermanenkan oleh Wolverhampton Wanderers

Diogo Jota Atletico Madrid akhirnya dipermanenkan oleh Wolverhampton Wanderers

Dengan asuhan pelatih asal Portugal yang sempat melatih pelatih Porto dan Valencia yaitu Nuno Espirito Santo, ia sepertinya lebih mudah beradaptasi dengan klubnya. Sementara disisi lain, keberadaan Nuno juga membawa sejumlah pemain portugal  kelas atas, seperti Joao Moutinho, Rui Patricio dan bintang baru Ruben Neves. Hal ini juga akan mempermudah Jota bekerja sama dengan rekan setimnya.

Dengan bakatnya yang luar biasa, nilai jualnya kembali diprediksi akan melompat tinggi, dan jika ia bisa meneruskan performanya saat ini, maka ia bisa membuat The Wolves menjauhi dari zona degradasi, dan mungkin masuk 10 besar.

Demikiankah transaksi terbaik di Premier League 2018-19 ini. Jadi tak selamanya pemain terbaik harus dibeli dengan harga tinggi selama bisa memanfaatkan kemampuan pemain muda berbakat lainnya, bahkan bisa menjadi investasi menguntungkan kedepannya. Dan untuk melihat aksi mereka dalam waktu dekat sergera lihat jadwal pertandingan putaran pertama premier league 2018-19 disini.

 

About The Author