4 Timnas Pertama Menuju Perdelapan Final Piala Dunia 2018

Hari ini beberapa timnas sepakbola yang berlaga di Piala Dunia 2018 telah berhasil masuk 16 besar turnamen ini. Namun siapa sajakah yang berhasil lolos dalam fase ini, mari kita ungkap satu persatu.

Timnas Uruguay

Luis Suarez dkk telah berhasil mencatatkan timnasnya untuk lolos keperdelapan final Piala Dunia 2018 saat menghadapi timnas Ruisa dengan menyarangkan tiga gol tanpa balas. Pertandingan yang diselenggarakan pada malam tadi pukul 21.00 WIB itu, membuat keperkasaan mereka semakin terlihat dimana mereka juga telah memenangkan dua laga sebelumnya saat menghadapi Mesir dan Saudi Arabia dengan skor 1-0.

Dengan kemenangan ini membuat mereka tercatat sebagai timnas pertama yang lolos di babak penyisihan Piala Dunia 2018. Selain itu mereka juga tercatat sebagai timnas pertama yang mencatatkan clean sheet di tahap ini dimana Kroasia berpeluang menyusul mereka. Namun yang jelas mereka harus mempersiapkan diri menghadapi peringkat kedua grup B.

Uruguay vs Rusia Piala Dunia 2018 skor 3-0

Uruguay vs Rusia Piala Dunia 2018 skor 3-0

Timans Rusia

Ya, Rusia yang dikalahkan Uruguay seperti yang disebutkan diatas juga lolos kebababk selanjutnya. Hal ini dikarenakan mereka telah mampu cemerlang meraih poin penuh saat menghadapi Saudi Arabia dan Mesir bahkan mereka mencetak delapan gol, jumlah terbanyak dalam dua laga di babak penyisihan, sama seperti yang dihasilkan Belgia dan Inggris.

Sayangnya gol bunuh diri dari Denis Cheryshev pada menit ke 23 dan kartu merah yang didapatkan oleh Igor Smolnikov pada menit ke 36 menyumbangkan penderitaan Rusia untuk berjuang dalam laga menghadapi Uruguay. Namun apapun itu, mereka telah lolos keperdelapan final Piala Dunia 2018.

Timnas Spanyol

Timnas Spanyol vs Morroco di Piala Dunia 2018 dengan skor 2-2

Timnas Spanyol vs Morroco di Piala Dunia 2018 dengan skor 2-2

Spanyol merupakan timnas berikutnya yang lolos di tahap berikutnya setelah bermain imbang menghadapi Moroko. Walaupun Moroko dipastikan gagal ke tahap berikutnya, namun mereka mempertaruhkan harga diri mereka dalam laga terakhir di Piala Dunia 2018 dengan menyulitkan timnas Spanyol. Terlihat jumlah pelanggaran ditambah enam kartu kuning yang diterima mereka  dalam laga tersebut yang membuktikan kegigihan mereka. Dan mereka pun berhasil mencetak dua gol dalam laga tersebut.

Walaupun mendominasi kepemilikan dan menciptakan peluang, Spanyol tetap kerepotan dimana mereka menelan kebobolan di menit ke-14. Walaupun Isco membalasnya lima menit kemudian namun di menit ke 81 Moroko mampu menjebol gawang yang dijaga David de Gea. Beruntung Iago Aspas mampu menyamakan kedudukan di injury time babak kedua dan menyelamatkan satu poin yang berarti di fase ini dan membawa timnasnya lolos ke babak berikutnya.

Timnas Portugal

Tak jauh berbeda nasibnya dengan timnas Spanyol, Portugal berhasil lolos keperdelapan final setelah bermain imbang saat menghadapi Iran. Memang mereka telah mencicipi pertandingan imbang saat menghadapi Spanyol dan unggul saaat hadapi Maroko di babak penyisihan menuju 16 besar namun keinginan Iran untuk lolos sangatlah besar.

Portugal vs Iran Piala Dunia 2018 sekor 1-1

Portugal vs Iran Piala Dunia 2018 sekor 1-1

Walaupun mereka mendominasi serangan, penguasaan bola, dan juga menciptakan peluang, namun mereka sanggup bermain imbang. Tentu hal tersebut takkan terjadi jika gol yang dieksekusi Cristiano Ronaldo mulus ke perut gawang lawan dan mereka pun mau berhati-hati hingga babak kedua usai sehingga tak mengakibatkan tendangan penalit di menit terakhir babak ini. Namun, kembali lagi, mereka berhasil lolos kebabak berikutnya, menghadapi juara gup A, Uruguay.

Demikianlah empat timnas pertama yang lolos kebabak perenambelas final Piala Dunia 2018 saat ini, dimana Prancis dan Kroasia bisa dipastikan akan menyusul mereka apapun yang terjadi. Namun saksikan juga pertandingan malam ini apakah Denmark atau Peru di grup C akan menyusul mereka, dan apakah Argentina atau Nigeria yang meneruskan perjalanan mereka keluar dari grup D? Simak selengkapnya disini.

 

About The Author